Selain terkenal dengan destinasi wisata alam dan belanjanya, Bandung juga dikenal dengan berbagai macam kuliner khas yang melegenda dan telah menyebar di seluruh kota di Indonesia. Selain makanan “berat”, Kota Kembang ini juga menjadi asal dari berbagai jajanan tradisonal yang sering kita nikmati. Saking melegendanya kadang camilan atau jajanan enak ini memiliki nama yang unik dan ternyata juga merupakan singkatan dari nama aslinya. Nah penasaran kan apa saja nama asli jajanan khas Bandung itu.

  1. Colenak / dicocol enak
Sumber Foto: goodindonesianfood.com

Colenak adalah salah satu camilan khas dari Jawa Barat yang merupakan kombinasi dari Peuyeum dan bumbu cocolan saus gula merah. Tapai singkong yang manis kental dengan aroma yang khas dibakar lalu disajukan dengan gula aren dengan tambahan kelapa parut membuat camilan ini adalah makanan wajib yang mesti kalian cicipi saat ke Bandung.

  1. Cilok / aci dicolok
Sumber Foto: berrykitchen.com

Pasti sudah banyak diantara kalian yang sudah mencoba jajanan yang satu ini karena banyak dijajakan diberbagai tempat tidak hanya di Jawa Barat saja. Cilok dibuat dengan bahan dasar tepung sagu atau yang lebih dikenal dengan aci. Dibentuk bulan-bulat menyerupai bakso dan saat dinikmati menggunakan lidi bambu dengan tambahan saus kacang. Cilok asli Bandung terasa lebih gurih karena adonannya dibuat dengan rebusan kaldu dan bawang putih yang dihaluskan.

  1. Batagor / bakso tahu goreng
Sumber Foto: infobandung.co.id

Kudapan khas Jawa Barat ini berupa baso tahu yang digoreng, lalu disiram saus kacang. Cara membuat Batagor pada dasarnya berupa tahu yang dilembutkan kemudian diisi dengan adonan yang biasanya berbahan dasar ikan tenggiri dan tepung tapioka. Lalu, dibentuk menyerupai bola dan kemudian digoreng dalam minyak panas hingga matang.

  1. Cilung / aci digulung
Sumber Foto: sukita.info

Rasanya gurih cocok di lidah masyarakat Indonesia. Buktinya banyak pedagang yang menjajakan camilan khas Bandung ini. Cilung merupakan camilan yang dibuat dari adonan tepung aci atau  kanji atau tepung sagu. Supaya enak, tentu diberi aneka bumbu.

Tags: ,

Posted in Berita, Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *