“Bumi Pasundan diciptakan saat Tuhan sedang tersenyum”, itulah ungkapan dari indahnya kota yang yang dahulu pernah dijuluki Paris Van Java ini. Bicara tentang Bandung memang tidak akan pernah ada habisnya, segudang lokasi wisata alam menarik mampu menghipnostis banyak wisatawan lokal dan mancanegara. Kota Bandung juga kerap kali menghasilkan ide-ide pembangunan yang kreatif untuk mengakomodir warganya untuk tetap menampilkan kota yang unik dibandingkan kota-kota lain di Indonesia. Hal ini tercermin dari berbagai fasilitas publik yang menjadi urat nadi kota, salah satunya taman kota yang tematik.  Apa saja taman-taman unik yang ada di Bandung? Yuk, kita lihat satu-satu.

Taman Cinta

Sumber Foto: infobdg.com

Taman yang berada diketinggian 600 Mdpl dan memiliki luas sekitar 2 H ini berada di area wisata alam Soreang, Bandung Selatan. Taman ini adalah sebuah lahan pribadi yang disulap menjadi sebuah taman lengkap dengan bunga warna-warni yang ditata sedemikian rupa sehingga membentuk bentuk hati.

Taman Film

Sumber Foto: tribunnews.com

Bandung dikenal sebagai kota yang melahirkan festival film bergensing di Indonesia yakni Festifal Film Bandung yang digelar tiap tahunnya. Sudah jadi keharusan bandung untuk memiliki taman tematik seperti Taman Film. Taman Film berlokasi di bawah jalan layang Pasupati. Sesuai dengan namanya, taman yang berkonsep bioskop terbuka modern ini dibangun khusus untuk warga Bandung sebagai ruang terbuka publik untuk menonton film.

Taman Musik

Sumber Foto: mananingal.blogspot.com

Semua bisa konser di taman ini, itulah tagline dari taman yang berlokasi di Jalan Belitung ini yang memang diperuntukkan bagi para penggemar musik danj tempat digelarnya beragam acara musik. Taman Musik dapat digunakan oleh para musisi yang ingin menggelar acara musik dengan gratis, syaratnya cukup mengkoordinsikan serta megajukan perizinan pada Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) Kota Bandung.

Taman Lansia

Sumber Foto: bersapedahan.wordpress.com

Taman Lansia merupakan taman yang sudah ada sebelum taman-taman tematik muncul satu persatu di Bandung. Pengunjung taman ini, memang banyak yang sudah berusia senja, namun cukup banyak kita jumpai juga anak-anak muda, bahkan banyak juga orang tua dengan anaknya yang menghabiskan waktunya di taman ini. Lokasi taman ini cukup strategis karena berada di dekat Gedung Sate dan juga Lapangan Gasibu.

Taman Jomblo

Sumber Foto: travelbos.id

Istilah Taman Jomblo dibuat oleh Walikota Bandung saat itu, Ridwan Kamil karena keberadaan tempat duduk di taman tersebut yang berbentuk kubus berukuran kecil warna-warni dan hanya muat untuk satu orang. Nama asli dari taman ini adalah Taman Pasupati yang letaknya di bawah Jembantan Pasupati yang diresmikan pada awal tahun Januari 2014.

Sumber: Infobandung.co.id

Tags: , , , , , , ,

Posted in Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *