Tahukah Bolumania, Kota Bandung pernah mewakili Indonesia dalam ajang International Inovasi Smart City dari World Smart City di Barcelona pada tahun 2015 lalu. Bandung terpilih masuk finalis 6 besar dan bersaing dengan lima kota besar di dunia seperti Moskow, Dubai, Buenos Aires, Curitiba dan Peterborough. Penyelenggara World Smart City Organization menganggap Kota Bandung banyak memberikan ruang serta fasilitas bagi warganya untuk bersama-sama mengawasi pembangunan kota dengan cara yang inovatif.

Kota Bandung diapresiasi karena banyak memberikan ruang warga untuk berinterkasi aktif dalam mengawasi pembangunan kota dengan inovasi “connected citizens: encouraging participatory governance. Ridwan Kamil yang saat itu masih menjadi Walikota Bandung menjelaskan jika konsep Smart City yang di tawarkan oleh Bandung antara lain: Citizen Complaint Online, Rapor Camat/Lurah oleh warga (SIP), Monitoring Program Kerja Pemkot (Silakip), Perizinan Online (Hay.U), Komunikasi aktif warga melalui akun Twitter tiap Dinas dan lain-lain.

World Smart City Awards sendiri diselenggarakan dengan tujuan mengenali proyek atau program pelopor terhadap perkembangan kota. Selain itu, menstimulasi kota untuk terus tumbuh menjadi tempat berkelanjutan, efisien, ekonomis, dan layak huni.

Sumber: Portal.bandung.go.id

Posted in Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *