5 Tempat Wisata Unik di Bandung yang Menarik!

Apa kamu berencana untuk mengisi waktu liburan dengan berkunjung ke Bandung? Artikel ini berisi informasi seputar tempat wisata unik di Bandung yang bisa kamu jadikan pilihan destinasi berlibur. 

1. Kawah Putih Ciwidey

Kawah putih Ciwidey
Kawah putih Ciwidey (Sumber: Wisata IDN)

Bagi pecinta alam, tempat yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Kawah Putih Ciwidey terletak 50 km di selatan Bandung. Kawah vulkanik ini memiliki tanah yang putih karena memiliki kandungan belerang.

Yang membuat tempat wisata ini unik adalah warna air di kawah ini berwarna biru kehijauan yang cerah. Terkadang juga tone warna biru dan hijaunya bisa berganti-ganti.

Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu tempat wisata unik di Bandung yang sudah terkenal. Tidak jarang yang datang ke tempat ini untuk melakukan photoshoot untuk pernikahan atau pembuatan video clip.

2. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha yang wisata unik di Bandung
Observatorium Bosscha (Sumber: Tirto.id)

Siapa nih disini yang anak generasi 90-an? Pasti sudah pernah melihat Observatorium Bosscha melalui film Petualangan Sherina. Tempat ini merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua yang ada di Indonesia.

Berlokasi di Jalan Teropong Bintang, Cikahuripan, Bandung, untuk memasuki Observatorium Bosscha ini ternyata tidak boleh sembarangan masuk, lho. Kamu harus mendaftarkan diri melalui situs resminya terlebih dahulu. Jika tidak, kamu tidak diperbolehkan masuk oleh petugas. 

Meskipun begitu, kamu tetap bisa menikmati suasana observatorium ini dari luar sambil mengabadikan gambar. Wisata edukasi ini terlihat sangat keren dari luar.

3. Saung Angklung Udjo

Saung angklung Udjo
Saung Angklung (Sumber: Wikipedia)

Tempat ini tergolong unik karena bukan hanya menjadi tempat wisata biasa namun juga tempat untuk melihat sajian tradisional Sunda. Selain belajar banyak, kamu juga bisa berinteraksi dengan sesama secara terbuka di tempat ini. Wah, menarik sekali, bukan?

Saung Angklung Udjo terkenal sebagai tempat pelestarian angklung. Di tempat ini rutin diadakan pertunjukan budaya seperti pentas seni orkestra angklung, tari topeng, wayang golek serta helaran. Yang menampilkan pertunjukan seninya pun beragam usia. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Jika kamu sedang berkunjung di Bandung namun bosan dengan objek wisata alam ataupun wahana yang mainstream, datang saja ke tempat wisata unik yang satu ini! Lokasinya di Padasuka Bandung, dekat dari Stasiun Cicaheum. 

4. Dusun Bambu

Tampilan dusun Bambu sebagai wisata unik di Bandung
Dusun Bambu (SUmber: Tempat Wisata Seru)

Ingin mencari pengalaman menginap di sebuah dusun yang asri, dikelilingi pemandangan alam yang ciamik, nyaman, serta bangunan penginapan yang dibangun dengan menggabungkan unsur tradisional dan modern? Datang saja di Dusun Bambu.

Lokasinya terletak di Jalan Kolonel Masturi, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat. Kalau tidak ingin menginap pun tidak apa-apa, kamu bisa menikmati area permainan, aneka kuliner di restonya, atau hanya ingin menikmati keindahan alam yang asri sambil mengabadikan foto. 

Tempat wisata unik di Bandung ini juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai acara, lho. Jadi jika kamu memiliki acara keluarga atau acara lain, Dusun Bambu bisa jadi pilihan tempatnya. 

5. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole yang sejuk
Orchid Forest (Sumber: Pegipegi)

Di posisi terakhir ada Orchid Forest Cikole yang menjadi salah satu tempat hits di Bandung. Selain menjadi destinasi wisata, hutan ini juga dijadikan tempat budidaya anggrek yang disulap menjadi tempat yang keren. Koleksi anggrek di hutan ini termasuk yang terbesar di Indonesia, lho!

Bertempat di daerah Cikole, Kecamatan Lembang, Orchid Forest ditanami dengan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi, sehingga udara disini sangat sejuk dan asri.

Tempat ini juga menjadi pusat geowisata dan ekoturisme, sehingga banyak rombongan yang sering datang ke tempat ini untuk melakukan aktivitas seperti outbound, gathering,bahkan photoshoot.

Tempat unik di Bandung yang satu ini juga sering dijadikan venue berbagai acara musik yang keren-keren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?