6 Oleh-Oleh Hits Bandung yang Wajib Masuk Daftar Belanjamu!

oleh-oleh hits bandung

“Halo… halo Bandung, ibukota Pariangan. Halo… halo Bandung, kota kenang-kenangan…” Nggak hanya kota kenang-kenangan, Bandung juga kota dengan segudang kuliner lezat yang siap memanjakan lidah. Liburan ke Bandung memang mantap dipakai untuk wisata kuliner! Nah, untuk kamu yang ingin membawa kenang-kenangan kuliner Bandung ke tempat asalmu, kamu bisa membawa oleh-oleh hits Bandung berikut ini. Selain hits, tentunya dijamin enak!

1. Batagor

Batagor (Sumber: Detik Food)

Batagor adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari pangsit dan tahu goreng berisi adonan tepung yang disajikan dengan saus kacang. Agar semakin nikmat, saus kacangnya diberi kecap, perasan jeruk nipis, serta sambal bagi yang ingin menambah cita rasa pedas. Sensasi gurih renyah berpadu dengan bumbu saus kacang membuat batagor diminati dari dulu hingga sekarang. Kini, banyak gerai batagor yang menawarkan paket khusus untuk oleh-oleh hits Bandung. Kamu pun bisa menikmati batagor di rumah, deh! 

2. Cireng

Cireng, oleh-oleh hits Bandung
Cireng Rujak (Sumber: Merdeka)

Nama camilan gurih yang satu ini memang unik. Psst, tahukah kamu kalau cireng itu sebenarnya merupakan singkatan dari ‘aci digoreng’? Yap, camilan ini memang aci atau tepung kanji yang dijadikan adonan lalu digoreng. Teksturnya garing dan empuk!

Terdapat banyak varian cireng. Cireng tradisional sendiri berisikan bumbu oncom pedas. Ada juga varian cireng kekinian yang berisikan berbagai jenis isian, mulai dari ayam, bakso, jamur, bahkan keju. Selain itu, ada juga lho cireng tanpa isian yang disajikan dengan bumbu rujak. Rasanya, pedas-pedas segar! 

3. Baso Aci

Bakso Aci sebagai oleh-oleh hits Bandung
Bakso Aci (Sumber: Foodizz)

Anggota keluarga bakso yang satu ini sedang hits banget nih di Bandung! Baso alias bakso memang cocok dinikmati di Kota Bandung yang hawanya sejuk-sejuk syahdu. Hal yang membedakan baso aci dengan bakso lainnya adalah bahan bakunya. Sesuai dengan namanya, baso aci terbuat dari aci alias tepung kanji, sehingga menghasilkan tekstur yang kenyal dan empuk.

Baso aci biasanya disajikan dengan gorengan kering serta sukro aroma kencur. Kini, beberapa gerai baso aci menjual paket baso aci kemasan siap bawa, cocok banget dijadikan oleh-oleh, bukan?

5. Tahu Susu

Tahu Susu (Sumber: Pergikuliner)

Kalau Sumedang punya tahu Sumedang, Bandung punya tahu susu. Tahu susu ini istimewa, karena memang benar-benar terbuat dari susu. Hal tersebut menjadikan tahu susu terasa lebih lembut dari jenis tahu biasa, namun tetap gurih. Tahu susu ini cocok sekali dijadikan oleh-oleh.

Kamu bisa membungkus tahu susu yang telah digoreng, juga bisa tahu yang masih mentah. Jika membeli tahu susu mentah, segera masukkan ke dalam lemari pendingin, ya! 

6. Bolu Susu

oleh-oleh hits Bandung
Bolu Susu Lembang, oleh-oleh hits Bandung

Ada lagi nih, varian oleh-oleh yang juga memanfaatkan susu sebagai bahan dasarnya. Oleh-oleh hits Bandung yang satu ini adalah bolu susu. Teksturnya yang empuk dan lembut menciptakan sensasi yang memanjakan mulut. Selain itu, bolu susu sering disajikan dengan berbagai topping seperti coklat dan keju. Oleh-oleh ini cocok sekali untuk kamu penggemar makanan manis.

Kalau kamu ingin mencari bolu susu yang berkualitas, kamu bisa menjadikan Bolu Susu Lembang sebagai bolu susu pertama di Bandung. Bolu Susu Lembang dibuat dari bahan-bahan premium lokal yang berkualitas. Kamu bisa memilih berbagai varian rasa yang lezat, lho! Harganya mulai dari Rp18.000 saja!

Nah, kamu akhirnya tidak perlu bingung lagi memilih oleh-oleh mana yang perlu dibeli ketika berkunjung ke Bandung. Selain enak luar biasa, oleh-oleh tersebut juga cukup terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?