11 Oleh-oleh Khas Jawa Barat Yang Tidak Boleh Terlewat!

oleh-oleh khas jawa barat

Jawa Barat terkenal sebagai pusat kuliner Indonesia. Kamu bisa menemukan beragam kuliner khas hingga olahan lain seperti pakaian yang tidak bisa kamu temukan di daerah lain. Pun jika ada, tidak jarang kualitas atau rasanya berbeda dari yang asli. Maka jangan heran bila wisatawan berbondong-bondong memenuhi toko oleh-oleh khas Jawa Barat untuk membawa pulang buah tangan.

Jika kamu berada di Jawa Barat, ada baiknya kamu mengunjungi daftar oleh-oleh khas Jawa Barat yang ada di bawah ini:

1. Bolu Susu Lembang

bolu susu lembang sebagai oleh-oleh khas Jawa Barat nikmat
Bolu Susu Lembang

Oleh-oleh khas Jawa Barat yang satu ini merupakan inovasi baru karena mengkombinasikan nikmatnya susu dengan lembutnya bolu. Tidak heran bila Bolu Susu Lembang selalu menarik perhatian wisatawan yang baru mencoba maupun pelanggan setianya.

Ada 4 varian rasa Bolu Susu Lembang yaitu original, cokelat, vanilla, dan cokelat kacang. Harganya mulai dari Rp18.000 saja. Tidak hanya di Lembang, kamu juga bisa menemukan mitra resmi Bolu Susu Lembang di seluruh kota Bandung.

2. Surabi

Surabi Bandung yang unik dan nikmat
Surabi Bandung (Sumber: Infobdg)

Siapa tidak kenal kuliner tradisional khas kota Bandung yang satu ini? Surabi yang dimasak dengan menggunakan tungku tanah liat menjadikan rasanya khas dan pas di hati. Kalau kamu ingin membawa pulang oleh-oleh khas Jawa Barat yang satu ini, kamu bisa datang ke salah satunya Surabi Imut di Jl. Dr. Setiabudhi No. 189.

3. Denim Gang Tamim

Dapatkan jeans dan denim harga murah di Denim Gang Tamim!
Denim Gang Tamim (Sumber: Ayo Bandung)

Tidak hanya kuliner, rupanya oleh-oleh khas Jawa Barat bisa berupa pakaian juga, lho. Denim Gang Tamim, salah satunya. Disebut sebagai salah satu pusat kain berkualitas, kamu bisa mengunjungi kawasan ini untuk memborong kain tekstil baik untuk kamu maupun sebagai buah tangan.

4. Produk kulit Cibaduyut

Produk kulit Cibaduyut sebagai oleh-oleh khas Jawa Barat
Produk kulit Cibaduyut (Sumber: Medium Catenzo)

Cibaduyut dikenal sebagai surga produk kulit sejak lama. Mulai dari jaket hingga dompet, kamu bisa menemukan beragam produk fashion berbahan kulit di sini. Asiknya lagi, kamu bisa mendapatkan harga yang miring namun dengan kualitas yang top, lho! 

Beberapa tempat menawarkan sepatu custom dengan desainmu sendiri. Untuk anak fashion, wajib banget ke sini, ya!

5. Tahu Susu Lembang

Rumah Tahu Susu Lembang yang dipadati pengunjung
Rumah produksi Tahu Susu Lembang (Sumber: Pergi Dulu)

Berbeda dengan tahu kebanyakan, tahu susu Lembang merupakan campuran olahan kedelai dengan susu murni. Rasanya? Jangan ditanya. Gurihnya kulit tahu dengan lembutnya isian tahu susu menjadi sensasi kelezatan tersendiri.

Kamu bisa menemukan tahu susu Lembang salah satunya di POM Tahu Susu Lembang.

6. Dodol Garut

Alternatif oleh-oleh khas Jawa Barat yang nikmat, Dodol garut
Dodol Garut (Sumber: Wikipedia)

Siapa tidak mengenal oleh-oleh khas Jawa Barat yang satu ini? Kuliner khas Garut yang merupakan campuran tepung ketan, gula merah, dan kelapa ini sudah berhasil mencuri hati dan lidah seluruh masyarakat Indonesia. Tidak heran bila dodol Garut selalu ada di antara tumpukan oleh-oleh wajib wisatawan.

7. Peuyeum

oleh-oleh khas Jawa Barat
Peyeum (Sumber: Kemendikbud RI)

Peuyeum merupakan tape khas Jawa Barat yang bisa kamu temui hampir di seluruh toko oleh-oleh khas Jawa Barat. Biasanya, peuyeum akan digantung agar dapat mudah dilihat oleh calon pembeli.

Ohya, karena proses pembuatannya melibatkan fermentasi, maka tidak jarang bila peuyeum menjadi oleh-oleh pilihan karena daya tahanya yang lama.

8. Kaus Unchal

Kaus Unchal sebagai oleh-oleh
Kaus Unchal (Sumber: Kompas Travel)

Kalau kamu pecinta kaus dengan kata-kata lucu, maka kamu wajib membeli Kaus Unchal. Ya, kaus ini adalah kaus asli Bogor yang wajib kamu beli sebagai tanda kamu sudah mengunjungi Jawa Barat. Siapapun pasti akan menyukai kombinasi kata-kata berbahasa Inggris dan Sunda yang sangat menggelitik!

Kamu bisa temukan kaus Unchal di outlet resmi atau Kandang Unchal.

9. Batik Bogor

Batik Bogor sebagai oleh-oleh khas Jawa Barat
Batik Bogor (Sumber: Inilah Online)

Batik Bogor merupakan oleh-oleh khas Jawa Barat yang memiliki motif khas tersendiri seperti hujan, istana, kujang, dan masih banyak lagi.

Jika kamu mampir untuk membeli Batik Bogor di rumah industri Batik Bogor Kreasiku, kamu juga bisa menemui beragam produk dengan corak batik. Tidak heran, karena rumah industri ini telah menerapkan green industry yaitu mengelola sisa bahan menjadi kreasi yang lain. Unik, ya?

10. Roti Unyil Venus

Roti Unyil Venus
Roti Unyil Venus (Sumber: Jejak Piknik)

Roti unyil merupakan penyebutan untuk roti dengan ukuran mini yang memang ditujukan untuk sekali lahap. Nah, Roti Unyil Venus merupakan produsen roti unyil legendaris sejak 1992, lho! Mampirlah di Venus Bakery, Bogor dan pilih roti kesukaanmu dengan lebih dari 57 varian rasa.

11. Lapis Bogor Sangkuriang

Lapis Bogor Sangkuriang, oleh-oleh khas Jawa Barat yang sedang hits
Lapis Bogor Sangkuriang

Oleh-oleh khas Jawa Barat selanjutnya adalah Lapis Bogor Sangkuriang yang memanfaatkan talas sebagai komoditi khas Bogor untuk bahan baku utamanya. Terdapat 9 variasi rasa yang bisa kamu pilih dengan topping kekinian yang nikmat dan lezat.

Kamu juga bisa memilih Lapis Bunder dengan bentuk yang unik seperti donat tapi terbuat dari talas lho! Teksturnya lembut dan ada isiannya yang bisa kamu pilih antara keju atau cokelat. Nah, mana nih yang lebih kamu sukai? Mulai dari Rp25.000 saja, kamu sudah bisa menikmati oleh-oleh hits ini!

Jika kamu tidak memiliki waktu banyak untuk membeli semuanya, jangan khawatir. Kamu bisa membeli oleh-oleh khas Jawa Barat langsung di outlet atau mitra resmi Bolu Susu Lembang, lho! Tidak perlu jauh-jauh kesana kemari, semua sudah tersedia di dalam satu ruangan saja. Yuk segera mampir ke outlet terdekat kamu, sampai jumpa di Jawa Barat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?