7 Oleh-oleh Khas Lembang: Kuliner Maknyus Hingga Fashion Keren

oleh-oleh khas Bandung yang awet

Mengunjungi Lembang tidak lengkap rasanya jika tidak menjajal kuliner dan oleh-oleh khasnya. Selain santapan yang menggoyang lidah, ternyata Lembang juga memiliki bahan fashion yang bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan. Simak tujuh pilihan rekomendasi oleh-oleh khas Lembang di artikel kali ini, ya!

1. Pisang Bollen Kartika Sari

Pisang Bollen (Sumber: Agenwisata)

Kalau kamu sedang berkunjung ke Lembang, sempatkan dirimu untuk mengunjungi salah satu ikon oleh-oleh khas Kota Kembang: Pisang Bollen Kartika Sari.

Berlokasi di Jalan H. Akbar Nomor 4, Pisang Bollen Kartika Sari menawarkan cita rasa yang legendaris karena menggunakan resep turun-temurun sejak 1970. Oleh-oleh yang satu ini sudah menjadi primadona di kalangan wisatawan, lho.

Ada beraneka rasa yang bisa kamu coba, seperti coklat, keju, hingga durian. Dibandrol dengan harga mulai Rp. 47.000/kotak, kamu bisa membawa pulang beberapa kotak Pisang Bollen Kartika Sari sebagai buah tangan.

2. Surabi 

Surabi Bandung
Surabi Bandung (Sumber: Dolan Dolen)

Surabi merupakan salah satu kuliner tradisional yang terkenal di Kota Kembang, maka tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Lembang namun belum mencicipi jajanan tradisional yang satu ini.

Dengan berkembangnya zaman, Surabi ternyata menambah varian rasa yang bisa disebut kekinian. Sehingga Surabi bisa dinikmati dengan cita rasa tradisional maupun modern.

Untuk mencoba dan membawanya sebagai buah tangan, kamu bisa mengunjungi Surabi Enhaii yang bertempat di Jalan Setiabudi.

3. Denim Gang Tamim

Denim Gang Tamim (Sumber: Suaka Online Fresh)

Selain mencoba santapan kuliner, Bandung menawarkan bahan tekstil yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai oleh-oleh. 

Gang Tamim di Kota Bandung sering disebut-sebut dengan pusat kain berkualitas, khususnya kain denim. Tak sedikit yang sering mengunjungi kawasan ini untuk memborong kain tekstil, baik yang akan digunakan sendiri maupun sebagai buah tangan.

4. Peuyeum

Peuyeum sebagai oleh-oleh khas Lembang
Peyeum (Sumber: Kemendikbud RI)

Siapa yang tidak mengenal peuyeum atau tape khas Jawa Barat ini? Selain murah meriah, peuyeum juga tidak sulit didapatkan. Biasanya, peuyeum akan digantung di depan kios atau toko pusat oleh-oleh agar pembeli bisa dengan mudah melihatnya.

Terbuat dari olahan singkong, ternyata proses pembuatannya juga tidak susah. Singkong terlebih dahulu dibersihkan lalu direbus. Kemudian, singkong ditaburi ragi dan disimpan di tempat yang tertutup.

Inilah yang membuat peuyeum menjadi oleh-oleh khas Lembang yang tahan lama, sehingga cocok untuk dibawa pulang dan dibagikan dengan keluarga.

5. Produk Kulit di Cibaduyut

Produk Kulit Cibaduyut (Sumber: Trip Advisor)

Bagi yang ingin membawa pulang buah tangan yang awet dan dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama, kamu mungkin perlu melirik produk fashion berbahan kulit dari Cibaduyut.

Cibaduyut sendiri sudah dikenal menjadi surganya produk berbahan kulit. Produksinya pun dilakukan secara mandiri oleh warga-warga lokalnya. 

Di sepanjang jalannya terdapat banyak toko-toko yang menjual tas, jaket, sepatu, dompet, ikat pinggang dan masih banyak lagi. Kamu bahkan bisa memesan sepatu dengan desain yang kamu bikin sendiri.

Dengan kualitas yang bagus, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Sehingga cocok untuk dijadikan buah tangan.

6. Picnic Roll Primarasa

Picnic Roll Primarasa (Sumber: KSM Tour)

Olahan unik lain dari Kota Kembang adalah Picnic Roll Primarasa. Terbuat dari daging cincang yang sudah dibumbui dengan resep rahasia dan ditambahkan telur rebus di tengahnya, adonan ini kemudian dibalut dengan kulit pastry yang terasa crispy di luarnya.

Daging yang digunakan untuk membuat picnic roll ini tersedia dalam dua jenis pilihan: daging ayam dan daging sapi. Kalau persoalan rasa, jangan ditanya lagi. Keunikan dari  perpaduan daging dan kulit pastry membuat kue ini menjadi hits di kalangan wisatawan. Tak heran jika untuk mendapatkan picnic roll ini pembeli harus mengantri terlebih dahulu.

7. Bolu Susu Lembang

bolu susu Lembang oleh-oleh khas Lembang
Bolu Susu Lembang Cokelat

Satu lagi oleh-oleh khas Lembang yang memanfaatkan susu sebagai bahan dasarnya. Oleh-oleh hits yang satu ini bertekstur empuk dan lembut sehingga menciptakan sensasi yang memanjakan mulut. Selain itu, bolu susu sering disajikan dengan berbagai topping seperti coklat dan keju. Oleh-oleh ini cocok sekali untuk kamu penggemar makanan manis.

Kalau kamu ingin mencari bolu susu yang berkualitas, kamu bisa menjadikan Bolu Susu Lembang sebagai pilihan. Bolu Susu Lembang dibuat dari bahan-bahan premium yang berkualitas. Cita rasanya pun tak perlu diragukan lagi. Bolu Susu Lembang juga mudah dicari, ada banyak gerai Bolu Susu Lembang yang tersebar di sekitar Bandung. Bolu Susu Lembang juga terhitung awet untuk dijadikan oleh-oleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?