7 Oleh-oleh Khas Bandung yang Awet Banget!

factory outlet, oleh-oleh khas Bandung yang awet

Bandung memiliki berbagai macam buah tangan khas yang unik untuk kamu bawa pulang. Kalau kamu tengah mengunjungi Kota Kembang dan mencari oleh-oleh khas Bandung yang awet, artikel kali ini akan memberikan informasi mengenai rekomendasi buah tangan yang bisa tahan dalam jangka waktu yang lama.

1. Peuyeum

oleh-oleh khas Bandung yang awet
Peyeum (Sumber: Kemendikbud RI)

Siapa yang tidak mengenal peuyeum atau tape khas Jawa Barat ini? Selain murah meriah, peuyeum juga tidak sulit didapatkan. Biasanya, peuyeum akan digantung di depan kios atau toko pusat oleh-oleh agar pembeli bisa dengan mudah melihatnya.

Terbuat dari olahan singkong, ternyata proses pembuatannya juga tidak susah. Singkong terlebih dahulu dibersihkan lalu direbus. Kemudian, singkong ditaburi ragi dan disimpan di tempat yang tertutup.

Inilah yang membuat peuyeum menjadi oleh-oleh khas Bandung yang awet, sehingga cocok untuk dibawa pulang dan dibagikan dengan keluarga.

2. Oncom Raos

Oncom Raos
Oncom Raos (Sumber: Wisataku.ID)

Oleh-oleh khas Bandung yang awet lainnya adalah oncom, olahan dari ampas tahu yang difermentasi. Oncom nantinya bisa diolah menjadi hidangan yang lezat untuk keluargamu di rumah, seperti oncom goreng yang banyak digemari orang.

Dimana kamu bisa mendapatkan produk oncom ini? Tentu saja kamu bisa mengunjungi Oncom Raos yang berlokasi di Jalan Cihampelas 91 B. Disana kamu bisa menemukan ragam olahan oncom, juga aneka oleh-oleh Bandung lainnya. Tak sulit untuk mencari tempat ini karena Oncom Raos terletak di pusat perbelanjaan yang populer, yaitu Cihampelas Walk.

3. Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Nyonya Ong
Gepuk Ny. Ong (Sumber: Otak Buntu)

Gepuk adalah oleh-oleh khas Bandung yang berbahan dasar daging sapi dan ayam yang digeprek dan dimasak menggunakan berbagai macam bumbu khas. Orang awam biasanya mengenalnya dengan istilah empal. Daging yang sudah digeprek dan ditipiskan kemudian dirangkai dengan lidi agar tidak rusak selama proses memasak. 

Yang paling populer di Bandung adalah Gepuk Nyonya Ong yang memiliki cita rasa yang khas. Untuk membawa pulang oleh-oleh khas Bandung yang awet ini kamu bisa langsung meluncur ke Jalan Dr. Djunjunan 155E. Gepuk yang diolah dari daging sapi dan ayam ini memiliki berbagai macam varian rasa, seperti beef original, beef extra pedas, beef salty, beef less sugar, chicken original, dan chicken spicy. 

4. Kopi Aroma

Kopi Aroma Bandung sebagai oleh-oleh khas Bandung yang awet
Kopi Aroma (Sumber: Kopi Aroma Bandung)

Di Bandung ada toko kopi yang sudah eksis sejak tahun 1930-an, lho. Namanya Kopi Aroma, kamu bisa mendapatkan biji kopi mokka arabika dan robusta yang masih diolah dengan cara tradisional. Sehingga inilah yang membuat Kopi Aroma melegenda di kalangan warga Bandung.

Kamu bisa membeli biji kopi yang sudah digiling, bahkan kamu bisa memilih tingkat kehalusan dari gilingan kopinya. Tertarik membawa pulang Kopi Aroma yang kenikmatannya melegenda ini? Silakan menuju ke alamatnya di Jalan Banceuy No 51, ya!

5. Pakaian khas dari Factory Outlet

Factory Outlet Bandung jelas menawarkan oleh-oleh khas Bandung yanng awet!
Factory Outlet (Sumber: Tempat Wisata di Bandung)

Ada lagi nih oleh-oleh khas Bandung yang awet karena berbentuk bahan fashion yang bisa dipakai terus-menerus. Buah tangan ala factory outlet ini sudah terkenal, lho. Itu dikarenakan Bandung memang sudah dikenal dengan produk distronya.

Semua produk olahan factory outlet merupakan kreasi dari warga Bandung sendiri. Bahkan tidak hanya baju, tapi tas dan sepatu juga ada. Pastikan kamu mampir ke kawasan factory outlet yang ada di Jalan Dago, Jalan Riau, dan Jalan Cihampelas.

6. Pisang Bolen Kartika Sari 

Pisang Bolen (Sumber: Kartikasari)

Kalau kamu sedang berkunjung ke Lembang, sempatkan dirimu untuk mengunjungi salah satu ikon oleh-oleh khas Kota Kembang: Pisang Bollen Kartika Sari.

Berlokasi di Jalan H. Akbar Nomor 4, Pisang Bollen Kartika Sari menawarkan cita rasa yang legendaris karena menggunakan resep turun-temurun sejak 1970. Oleh-oleh yang satu ini sudah menjadi primadona di kalangan wisatawan, lho.

Ada beraneka rasa yang bisa kamu coba, seperti coklat, keju, hingga durian. Dibandrol dengan harga mulai Rp. 47.000/kotak, kamu bisa membawa pulang beberapa kotak Pisang Bollen Kartika Sari sebagai buah tangan.

7. Bolu Susu Lembang

oleh-oleh khas Bandung yang awet
Bolu Susu Lembang, oleh-oleh khas Bandung yang awet

Satu lagi oleh-oleh khas Lembang yang memanfaatkan susu sebagai bahan dasarnya. Oleh-oleh hits yang satu ini bertekstur empuk dan lembut sehingga menciptakan sensasi yang memanjakan mulut. Selain itu, bolu susu sering disajikan dengan berbagai topping seperti coklat dan keju. Oleh-oleh ini cocok sekali untuk kamu penggemar makanan manis.

Kalau kamu ingin mencari bolu susu yang berkualitas, kamu bisa menjadikan Bolu Susu Lembang sebagai pilihan. Bolu Susu Lembang dibuat dari bahan-bahan premium yang berkualitas. Cita rasanya pun tak perlu diragukan lagi. Bolu Susu Lembang juga mudah dicari, ada banyak gerai Bolu Susu Lembang yang tersebar di sekitar Bandung. Bolu Susu Lembang juga terhitung awet untuk dijadikan oleh-oleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?