5 Komunitas Sosial di Bandung dengan Fokus Berbeda yang Bisa Menjadi Wadah untuk Peduli Sosial

komunitas sosial di bandung

Memiliki waktu senggang selain digunakan untuk beristirahat juga bisa diisi dengan melakukan hal yang bermanfaat. Tergabung dalam komunitas tertentu, misalnya. Selain mendapat pengalaman bersosialisasi dalam kegiatan komunitas, kamu juga bisa mendapatkan teman baru yang bisa dijadikan relasi atau koneksi yang mungkin saja berguna untuk kehidupanmu di kemudian hari. Jika kamu berdomisili di Bandung, ada lima komunitas sosial di Bandung yang bisa kamu ikuti selagi mengisi waktu luang.

Deretan komunitas ini bergerak pada bidang yang berbeda-beda, lho. Kamu bisa memilih sesuai dengan apa yang dirasa cocok. Penasaran apa saja komunitasnya?

1. Teman Berbagi, komunitas sosial di Bandung sebagai wadah anak kaum dhuafa dan yatim-piatu untuk berwirausaha

komunitas sosial di bandung
Sumber: Instagram Teman Berbagi (https://www.instagram.com/p/B5q_qYOlVSl/)

Bagi kamu yang memiliki jiwa sosial yang kuat, menyukai anak-anak, dan tinggal di Bandung, kamu mungkin akan tertarik untuk bergabung dengan komunitas sosial di Bandung yang satu ini.

Teman Berbagi merupakan komunitas yang bergerak di bidang kewirausahaan dan edukasi yang diperuntukkan untuk anak-anak kaum dhuafa dan yatim-piatu.

Memiliki slogan #BerbagiKebaikan dan #BerbagiSemangat, Teman Berbagi memiliki misi untuk meningkatkan pengembangan jiwa kewirausahaan serta meningkatkan softskill anak yatim-piatu dan kaum dhuafa melalui program edukasi yang dilakukan.

Jika kamu tertarik mengisi waktu senggang dengan mengikuti kegiatan dari komunitas ini, kamu bisa langsung berselancar ke akun Instagramnya @komunitastemanberbagi

2. Ayo Dongeng Indonesia

Sumber: Instagram Ayo Dongeng Indonesia

Komunitas sosial di Bandung ini sudah berdiri sejak 3 Desember 2011. Bertujuan untuk trauma healing pada anak-anak korban bencana, Ayo Dongeng Indonesia melakukan kegiatan mendongeng untuk anak-anak yang mengalami trauma di tempat-tempat seperti rumah sakit, taman bacaan, rumah sosial, maupun kegiatan sosial lain yang melibatkan anak-anak.

Dengan mendongeng, para relawan dapat berbagi keceriaan melalui kisah-kisah yang disampaikan. Anak-anak juga bebas berimajinasi yang mungkin dapat memberi inspirasi ataupun motivasi dari dongeng yang didengarkan.

Relawan yang tergabung di komunitas ini datang dari latar belakang yang berbeda-beda, lho. Ada yang berprofesi sebagai pekerja kantoran, guru, bahkan mahasiswa dan pelajar juga ada.

Untuk mengetahui perihal komunitas ini lebih jauh, silakan langsung menuju ke profil Instagram mereka di @ayodongeng_ind

3. Komunitas sosial di Bandung yang peduli lingkungan, Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (Kophi)

Sumber: Instagram Kophi

Ada sebuah komunitas sosial di Bandung yang peduli dengan lingkungan serta ingin mengajak lebih banyak orang untuk menjadi bagian dari solusi masalah perubahan iklim. Koalisi Pemuda Hijau Indonesia atau yang disingkat menjadi Kophi sudah berdiri sejak Oktober 2010.

Diprakarsai oleh tiga mahasiswa peduli lingkungan, Kophi bertujuan untuk melakukan tindakan kolektif dan berkelanjutan demi terciptanya lingkungan asri dan lestari.

Untuk saat ini, Kophi telah memanjangkan sayapnya hingga komunitas ini telah memiliki beberapa cabang yang tersebar di seluruh nusantara, seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bengkulu, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur.

4. Pandu Lisanè

komunitas sosial di bandung
Sumber: Instagram Pandu Lisanè

Komunitas sosial di Bandung yang selanjutnya memiliki tujuan untuk membangun lingkungan yang inklusif untuk teman-teman yang menyandang disabilitas. Misi yang sedemikian rupa sudah ditanamkan oleh Pandu Lisanè sejak pertama kali didirikan pada 6 Mei 2018.

Melalui komunitas sosial ini, Pandu Lisanè mengajak masyarakat untuk mengetahui dunia disabilitas lebih dalam dan tidak sungkan maupun segan untuk berkomunikasi dengan mereka. 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai seperti apa kegiatan yang dilakukan komunitas ini, kamu bisa langsung mampir ke laman Instagram mereka @pandulisane

5. Sahabat Bicara

Sumber: Instagram Sahabat Bicara

Satu lagi komunitas sosial di Bandung yang bergerak di bidang kesetaraan gender, mendukung hak-hak perempuan, juga melek terhadap isu kesehatan mental: Sahabat Bicara.

Di dalam komunitas ini, gerakan yang dilakukan dan selalu dikampanyekan adalah #pedulimendengar, dimana orang-orang yang tergabung didalamnya membantu proses pemulihan para penyintas atau survivor kekerasan dalam hubungan pacaran. 

Singkatnya, komunitas ini bergerak sebagai support system para penyintas agar tidak takut untuk menyuarakan kekerasan seperti apa yang sudah pernah dialami saat memiliki hubungan dengan orang lain.

Penasaran seperti apa bentuk kegiatan mereka? Cek saja Instagramnya di @sahabat.bicara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?