Deretan Wisata Pegunungan di Bandung: Pelepas Penat Terbaik!

situ patenggang yang indah

Acungkan tanganmu bila kamu merasa sudah penat dengan kehidupan metropolitan! Salah satu cara untuk menurunkan tingkat stres adalah kembali ke alam dengan mengunjungi beberapa wisata alam seperti pegunungan. Seperti mengunjungi wisata pegunungan di Bandung bila kamu lelah menghadapi kemacetan dan kesibukan kota besar di Jawa Barat.

Kalau kamu sudah β€˜deg-degan’ karena takut nggak bisa mendaki gunung, tenang. Kami memberikan rekomendasi wisata pegunungan di Bandung mulai dari yang ramah keluarga hingga menantang, kok! Cek selengkapnya di bawah ini:

1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu yang menjadi primadona pengunjung
Gunung Tangkuban Perahu (The Jakarta Post)

Kamu pasti sudah mengenal kisah Sangkuriang dan asal-usul Tangkuban Perahu yang melegenda. Tidak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi gunung ini secara langsung. Gunung ini memiliki kontur yang tidak begitu ekstrim sehingga anak-anak pun bisa diajak untuk menikmati. Dengan catatan selalu memperhatikan rambu-rambu yang ada, ya! Kamu juga bisa menyewa pemandu resmi dengan logo pengenal β€˜Local Guide Tangkuban Perahu’.

Jalur utamanya sangat ramah untuk dikunjungi mobil sehingga cocok untuk berwisata sekeluarga. Namun jika ingin mendapat sensasi tersendiri, kamu bisa mencoba jalur Jayagiri yang lebih ekstrim.

2. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey yang estetik
Kawah Putih Ciwidey (Wisata IDN)

Sesuai namanya, wisata pegunungan di Bandung ini berupa kawah putih raksasa yang dikelilingi pegunungan. Kawah ini muncul akibat letusan Gunung Patuha dan memiliki warna putih kehijauan yang sangat indah. Dengan tinggi sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut, pastikan kamu membawa jaket untuk melindungi dari suhu dingin, ya!

3. Situ Patenggang

Tampilan alam Situ Patenggang dari atas yang indah menjadikannya wisata pegunungan di Bandung favorit
Situ Patenggang (Harga Tiket)

Tidak jauh dari Kawah Putih Ciwidey rupanya masih terdapat Situ Patenggang yang menyimpan keindahan tersembunyi. Danau yang luas dikelilingi hamparan perkebunan teh sungguh memanjakan mata! Kamu yang hobi fotografi pasti sangat terpuaskan dengan landscape yang ditawarkan. Jika dirasa terlalu lelah untuk pulang, kamu bisa beristirahat di villa yang tersedia di area Situ Patenggang.

4. Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali yang indah di kelilingi kabut
Pegunungan Teh Rancabali (iNews)

Masih di area yang sama dengan 2 sebelumnya, perkebunan teh Rancabali merupakan wisata pegunungan di Bandung yang memukau mata! Bayangkan berhektar-hektar kebun teh yang hijau dikelilingi oleh pegunungan dan hutan yang masih asri. Serunya kamu boleh lho mampir ke rimbunan pepohonan teh dan berfoto ria. Rasanya tidak ingin pulang ke kota, deh!

5. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman hutan raya Ir. H. Djuanda yang cocok sebagai wisata pegunungan di Bandung
Tahura Ir. H. Djuanda (Wikipedia)

Lokasi ini wajib kamu tuju jika sudah bosan dengan pemandangan gedung tinggi dan ingin menikmati pepohonan yang lebih menyejukkan. Ya, suasana di sini sangat rindang dan dingin sehingga cocok sebagai tempat jogging di pagi hari. Ada pula Goa Jepang dan Goa Belanda yang bisa kamu masuki, lho! Ada pula Curug Maribaya yang indah dan Tebing Keraton yang spektakuler. Cukup masuk ke satu area, kamu sudah bisa mendapat banyak wisata!

Untuk melepas lelah, cobalah mengunjungi Armor Cafe yang terletak di tengah hutan raya ini. Kamu bisa menyesap kopi panas sambil bersantai di tengah hutan yang syahdu.

6. Puncak Bintang Bandung

Tampilan Puncak Bintang Dermaga Bintang saat mendung sianng hari
Puncak Bintang (Native Indonesia)

Ada yang suka menikmati bintang dari puncak gunung? Cobalah mengunjungi Puncak Bintang Bandung yang pasti membuatmu terkagum-kagum. Saat ini akses menuju Puncak Bintang Bandung sudah sangat bagus. Hutan pinusnya akan membuatmu lupa kesibukan di ibukota dan tidak ingin buru-buru pulang. Jika kamu datang saat sunset, maka kamu beruntung untuk bisa menyaksikan terbenamnya matahari yang spektakuler! Apalagi saat mengunjungi Dermaga Bintang, sudah pasti kamu akan disuguhi pemandangan kota Bandung malam hari yang luar biasa!

Selesai mengunjungi wisata pegunungan, jangan langsung Monday sickness, ya! Ada Bolu Susu Lembang yang siap menemani kamu tetap holiday mood dengan lembutnya bolu dan manisnya susu. Dijamin kamu akan selalu mengingat Bandung dan semua kenangan manisnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?