Mengenal Bandung Lebih Jauh: 7 Fakta Bandung yang Unik!

tampilan jalanan Bandung yang lengang

Kota Bandung berdiri pada 25 September 1810. Berusia lebih dari dua abad, Bandung memiliki banyak momen sejarah bagi bangsa Indonesia maupun dunia. Telah banyak kejadian heroik maupun kejadian sejarah yang pernah terjadi di kota yang diberi julukan Lautan Api ini. Ngomong-ngomong tentang “Lautan Api”, kamu tahu tidak asal mula dari julukan tersebut? Nah, kalau kamu ingin tahu fakta Bandung mulai dari asal usul nama hingga fakta unik menarik lainnya, kamu perlu baca artikel yang satu ini!

1. Asal mula nama “Bandung”

Tampilan jalanan kota Bandung yang lengang
Jalanan Kota Bandung (Pikiran Rakyat)

Berasal dari kata “bendung” atau “bendungan”, Bandung terbentuk sebagai proses dari terbendungnya Sungai Citarum oleh lava yang disemburkan Gunung Tangkuban Perahu. Daerah yang terbendung inilah yang disebut sebagai cikal bakal terbentuknya Kota Bandung.

Ada pula kisah lain yang berasal dari filosofi Sunda yang sakral dan dipercaya oleh para leluhur, yakni “Nga-Bandung-an Banda Indung” yang berarti bahwa alam merupakan tempat bagi segala makhluk hidup juga benda mati yang lahir dan tinggal di Ibu Pertiwi, serta disaksikan oleh Yang Maha Kuasa. 

2. Kota pertama yang mendirikan Perguruan Tinggi Teknik di Indonesia

Fakta Bandung yang kedua adalah ITB merupakan institut pertama dan terbaik
ITB (OkeNews)

Ternyata, Bandung adalah pelopor yang mendirikan perguruan tinggi teknik di Indonesia, lho! Technische Hoogeschool te Bandoeng dibuka pada tahun 3 Juli 1920, kini perguruan tinggi tersebut telah berganti nama menjadi Institut Teknologi Bandung yang merupakan perguruan negeri tertua dan terbaik di Indonesia.

Fun fact lainnya, Bandung juga merupakan kota yang memiliki perguruan tinggi terbanyak di Indonesia. Wah, tak heran jika banyak anak-anak muda yang ingin berbondong-bondong menuntut ilmu di Bandung, ya!

3. Julukan “Kota Kembang”

Tampilan Kawah Putih Ciwidey yang menjadikan Bandung indah
Lanskap alam Bandung (Tokopedia Blog)

Fakta Bandung selanjutnya adalah julukan “Kota Kembang” atau “Paris Van Java” yang sering digunakan orang-orang untuk mengindikasikan Bandung. Jadi sebenarnya, apa sih makna dari julukan tersebut?

Ternyata, kedua julukan tersebut bermakna sebagai keindahan yang dimiliki Bandung. “Kembang” identik dengan keindahan, begitu pula Paris yang justru dijuluki Kota Cinta. Karena keindahan yang berasal dari lanskap alam, atmosfer, dan juga kebudayaannya lah yang menjadikan Bandung memiliki julukan “Kota Kembang”.

4. Fakta Bandung yang keempat: Memiliki ajang bergengsi, Festival Film Bandung

Shireen Sungkar saat mendapat penghargaan Festival Film Bandung
Shireen Sungkar saat mendapat penghargaan Festival Film Bandung (Tempo Seleb)

Bandung memiliki sebuah festival bergengsi yang rutin diselenggarakan sejak 1987 hingga saat ini. Meskipun penyelenggaraannya sempat dilarang pada masa Orde Baru, namun Festival Film Bandung tetap mendapat dukungan dari banyak pihak sehingga masih bisa terselenggara di masa sekarang.

Festival ini merupakan sebuah bentuk apresiasi yang dicetuskan oleh komunitas Forum Film Bandung (atau yang disingkat menjadi FFB) untuk dunia perfilman Indonesia.

Selain itu, fakta Bandung menarik yang datang dari dunia perfilman lainnya adalah film Lutung Kasarung yang merupakan film pertama Indonesia diputarkan pertama kali di Bandung Raya pada 31 Desember 1929.

5. Ibukota Asia-Afrika

Tampilan Monumen Asia Afrika yang historik
Monumen Asia Afrika (Dara.co.id)

Indonesia menjadi salah satu negara pelopor Konferensi Asia-Afrika bersamaan dengan Myanmar, Sri Lanka, India, dan Pakistan. Bandung menjadi tuan rumah Konferensi Asia-Afrika yang dilakukan pada 18-24 April 1955.

Konferensi ini dihadiri oleh perwakilan 29 negara dari Asia dan Afrika yang memiliki tujuan untuk meningkatkan solidaritas terhadap negara-negara di Asia dan Afrika juga untuk melawan kolonialisme barat. 

Dalam pidato Perdana Menteri India, Jawaharlal Nehru, kala itu mengatakan bahwa Bandung adalah ibukotanya Asia-Afrika.

6. Asal usul “Lautan Api”

Fakta Bandung yang heroik adalah Bandung Lautan Api
Monumen Bandung Lautan Api (Seruni)

Cikal bakal dari julukan “Lautan Api” ini berawal pada kejadian 23 Maret 1946, dimana ada 200.00 penduduk Bandung yang memutuskan untuk membakar rumah mereka dan mengungsikan diri ke daerah pegunungan yang ada di selatan Bandung. 

Peristiwa pembakaran kota menjadi lautan api inilah yang menjadi peristiwa heroik warga Bandung untuk mencegah tentara Sekutu dan Belanda mengambil alih Bandung sebagai markas militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.

Keberanian rakyat Indonesia memang sudah melegenda sejak dulu, ya!

7. Surganya produk fashion

Fashion merupakan salah satu komoditas utama dan menjadi fakta Bandung yang unik
Salah satu tampilan factory outlet Bandung (Pegipegi)

Fakta Bandung yang terakhir ini pasti sudah diketahui oleh banyak orang, termasuk warga Indonesia yang berdomisili di luar Bandung. Bandung memang sudah seperti surganya produk fashion. Ada banyak produk fashion dari brand terkenal luar negeri maupun buatan lokal yang lahir di Bandung.

Produk distro menjadi salah satu yang paling dikenal. Banyak orang dari luar Bandung yang memesan baju-baju distro Bandung hanya karena kualitasnya yang tidak perlu diragukan lagi. Selain kualitas yang mantap, harganya pun masih dibandrol dengan terjangkau. Sehingga menarik banyak minat pembeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?