Wisata Edukatif di 7 Museum di Bandung

Museum di Bandung yang legendaris, Museum Asia Afrika

Berlibur ke Kota Bandung pastilah tidak lupa untuk mengunjungi tempat wisata atau mencicipi beragam kuliner legendaris yang ditawarkan Kota Kembang ini. Namun jika dirasa bosan mengunjungi tempat wisata yang itu-itu saja, kamu mungkin perlu melirik museum di Bandung yang bisa dikunjungi sebagai destinasi wisata edukatif.

Tentunya, ada banyak museum keren yang bisa dikunjungi selagi di Bandung. Kami telah merangkum 7 diantaranya yang patut kamu kunjungi untuk menambah ilmu pengetahuan.

1. Museum Konferensi Asia Afrika

Salah satu ruangan museum di Bandung yang termahsyur, museum Asia Afrika
Museum Asia Afrika (Batari Tour)

Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung pada tahun 1955 silam menjadi salah satu kejadian sejarah bagi bangsa Indonesia. Untuk merekam dan mengabadikan kejadian tersebut, Museum Konferensi Asia Afrika mulai dibangun pada tahun 1980.

Tidak hanya foto-foto momen Konferensi Asia Afrika yang terpampang salah satu museum di Bandung yang terkenal ini, namun juga peristiwa seperti Pertemuan Tugu, Konferensi Bogor, Konferensi Kolombo, serta kejadian sejarah lain.

Alamat: Jalan Asia Afrika nomor 65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

2. Museum Wolff Schoemaker

Museum Wolff Schoemaker yang menarik
Museum Schoemaker atau Preanger (Dwi Jayanti Wulandari)

Diresmikan pada tahun 2013 lalu, museum ini didirikan sebagai bentuk dedikasi untuk seorang arsitektur ternama Belanda, Wolff Schoemaker, yang telah merancang desain bangunan-bangunan ternama di Bandung, seperti Gedung Merdeka, Grand Hotel Preanger Teropong Bintang Bosscha, Villa Isola, Bethel Church, dan Catedral Bandung. Beliau dikenal dengan desain arsitekturnya yang bergaya kolonial Art Deco

Di museum ini kamu bisa melihat biografi serta berbagai dokumentasi karya-karya beliau di Indonesia yang dibangun pada masa penjajahan.

Alamat: Lantai dasar Hotel Prama Grand Preanger Bandung, Jalan Asia Afrika nomor 81, Bandung.

3. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Salah satu ruangan sejarah Museum Mandala Wangsit Siliwangi
Museum Mandala Wangsit Siliwangi (YourBandung)

Selanjutnya, ada Museum Mandala Wangsit Siliwangi yang bisa kamu kunjungi untuk menambah edukasi perihal sejarah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Terdapat berbagai sisa-sisa senjata yang digunakan oleh para tentara Belanda juga pemuda-pemudi Indonesia saat berperang dulu kala. Senjata tersebut meliputi pedang bambu, golok, keris, kujang, panah, dan lain-lain. Beberapa kendaraan militer yang bisa kamu lihat disini. 

Ada pula ruang-ruang yang berisi tentang kisah-kisah peperangan pada masa penjajahan. Di setiap ruangan memiliki kisah yang berbeda, tentu saja kamu akan mendapat banyak wawasan di museum ini.

Alamat: Jalan Lembong nomor 38, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

4. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung
Museum Geologi Bandung (Aneka Tempat Wisata)

Jika museum di Bandung yang sebelum-sebelumnya memberikan edukasi mengenai perjuangan rakyat Indonesia memerdekakan bangsa ini, opsi museum yang ini berisi koleksi replika hewan purba, fosil, mineral, batuan, dan berbagai peta (geologi, geofisika, geomorfologi, gunung api, dan sebagainya). Seru, kan!

Di dalam museum ini dibagi atas 4 ruangan yang memamerkan koleksi barang sejarah yang berbeda-beda, di antaranya yaitu Ruang Geologi Indonesia, Ruang Sumber Daya Geologi, Ruang Sejarah Kehidupan, serta Ruang Manfaat dan Bencana Geologi.

Alamat: Jalan Diponegoro nomor 57, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

5. Museum Gedung Sate

Atraksi menarik museum di Bandung yang tersohor, Museum Gedung Sate
Museum Gedung Sate (MuseumGedungSate)

Kamu pasti sudah mengenal dengan salah satu ikon Kota Bandung ini. Gedung Sate memiliki sebuah museum yang bisa dimasuki oleh masyarakat umum. Di dalamnya terdapat banyak alat peraga teknologi terbaru, lho.

Pengunjung tak lagi mendapati konten berupa tulisan fisik karena semua koleksi terkemas dalam konten digital berupa hologram dan interactive glass display. Pokoknya, seluruh ruangan di Museum Gedung Sate difasilitasi dengan kecanggihan teknologi. Penasaran ingin berkunjung kemari? 

Alamat: Jalan Diponegoro nomor 22, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung.

6. Museum Pos Indonesia

Tampilan luar Pos Indonesia
Museum Pos Indonesia (TourBandung)

Opsi museum di Bandung yang patut kamu kunjungi untuk menambah wawasan adalah Museum Pos Indonesia. Awalnya, museum ini didirikan pada tahun 1931 dengan koleksi pertamanya yang berupa kumpulan perangko-perangko dari dalam maupun luar negeri. Pada tahun 1983, museum ini diresmikan dan dilengkapi dengan koleksi tambahan yang berhubungan dengan perkembangan sejarah pos di Indonesia.

Selain berbagai koleksi perangko dari dalam maupun luar negeri, disini kamu juga bisa menemukan sepeda-sepeda yang dahulu digunakan untuk mengirim surat serta koleksi surat emas dari raja-raja Nusantara kepada komandan dan jenderal Belanda.

Alamat: Jalan Cilaki nomor 73, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung.

7. Museum Sri Baduga

Salah satu relik museum di Bandung
Museum Sri Baduga (Travels Promo)

Satu lagi museum di Bandung yang bisa kamu kunjungi untuk menambah edukasi mengenai koleksi geologi, arkeologi, biologi, etnografi, sejarah, numismatika, keramikologika, filolika, teknologika, hingga seni rupa. Dengan koleksi yang banyak dan luas seperti ini, tentu saja kamu bisa menambah ilmu pengetahuan yang lebih banyak dengan mengunjungi satu tempat saja.

Alamat: Jalan BKR nomor 185, Pelindung Hewan, Astana Anyar, Kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?