Wow, Keseruan 5 Festival di Bandung Yang Ramai dan Megah!

Asian African Carnival, festival di Bandung

Bandung menjadi tujuan anak muda untuk menikmati liburan maupun akhir pekan. Selain banyaknya gigs dan tempat nongkrong kece, kota Kembang ini rupanya kerap mengadakan festival di Bandung yang tidak boleh dilewatkan, lho!

Ya, festival menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Bandung. Entah itu berpartisipasi atau sekadar mengambil foto demi kebutuhan eksis. Beberapa dari festival di bawah ini merupakan festival tahunan sehingga kamu bisa mendatanginya lagi jika ketinggalan untuk nonton di tahun ini. Bagaimana sih keseruan festival di Bandung di bawah ini?

1. Asian African Carnival, peringatan diplomasi yang jadi festival di Bandung ciamik

Festival di Bandung yang terkenal hingga internasional, Festival Asia Afrika.
Festival Asia Afrika (BeritaBaik)

Masih ingat Konferensi Asia-Afrika? Saat itu, Indonesia yang masih baru saja merdeka sudah ikut berkontribusi melawan penjajahan bersama negara Asia dan Afrika lainnya dengan mengadakan konferensi di Kota Bandung. Nah, mulai tahun 2015, pemerintah Kota Bandung menyelenggarakan Asian African Carnival sebagai festival di Bandung tahunan untuk menarik wisatawan.

Ratusan seniman, penari, dan musisi dari negara peserta konferensi turun ke jalan untuk menjadi bagian dari karnaval ini. Menakjubkan sekali bukan melihat kolaborasi antar budaya di Bandung?

2. Peringatan Peristiwa Bandung Lautan Api, membakar semangat kemerdekaan di kalangan millenials

Para pengunjung dengan syahdu mengikuti peringatan Bandung Lautan Api
Peringatan Bandung Lautan Api (Republika)

Bandung Lautan Api merupakan julukan kota Kembang saat penjajah Sekutu dan NICA mengambil alih kota Bandung. Para pahlawan kita yang tidak rela pun membakar Bandung Selatan agar bisa merebut kembali kota tercinta ini. Peristiwa tersebut mengajarkan kita untuk terus berjuang demi tanah air yang dicinta. Pemerintah kota  Bandung pun mengadakan Peringatan Peristiwa Bandung Lautan Api dengan pawai obor dan berdoa kepada para pahlawan yang gugur. Ikuti semangat parade ini di bulan Maret, ya!

3. Bandung Light Festival, memperingati kemeriahan ulang tahun kota Bandung

Pengunjung memadati parade Bandung Light Festival
Bandung Light Festival (Jalajah Nusae)

Sekitar bulan Agustus hingga Oktober, kamu bisa mengikuti kemeriahan Bandung Light Festival yang diadakan sebagai peringatan HUT Kota Bandung. Pada tahun 2018 lalu festival di Bandung ini membawakan tema β€˜1001 malam’ yang dihiasi oleh parade kendaraan lampion raksasa yang unik! Sayangnya, pada tahun 2019 kegiatan ini sempat digantikan kegiatan lain. Semoga tahun-tahun selanjutnya masih ada, ya!

4. Festival Film Bandung, serunya mengapresiasi karya negeri!

Shireen Sungkar memenangkan Festival Film Bandung
Shireen Sungkar memenangkan Festival Film Bandung (Tempo Seleb)

Festival ini, sesuai namanya, mengajak kamu untuk menikmati berbagai film bioskop, televisi, maupun sinetron Indonesia dan mancanegara, lho! Dewan jurinya pun tidak main-main, mulai dari seniman, wartawan, budayawan, hingga akademisi. Festival ini sudah diadakan sejak tahun 1987 dan terus berlangsung hingga saat ini. Nantinya film-film yang terpuji akan mendapatkan penghargaan, tentunya.

5. Keuken, cemal cemil enak hanya di kota Bandung

Keuken, festival di Bandung yang menawarkan kios makanan
Keuken Festival (Kurio)

Nah ini cocok banget bagi kamu yang hobi mencicipi beragam kuliner. Keuken merupakan festival tahunan di Bandung yang menawarkan berbagai kios makanan yang enak dan aman di kantong! Setiap tahunnya, Keuken menawarkan pengalaman berbeda dengan tema yang bervariasi. Festival ini diadakan sekitar bulan Agustus setiap tahunnya.

Seru banget bukan festival-festival di atas? Nah kamu bisa banget untuk mampir menghadiri salah satu festival sebagai pelepas penat. Jangan lupa untuk membawa pulang Bolu Susu Lembang sebagai oleh-oleh khas Bandung yang bisa mengingatkanmu akan keseruan di Bandung yang sudah kamu lalui. Sampai jumpa di Bandung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?