Kenali Transportasi Bandung Aman Dan Murah

transportasi Bandung aman murah

Siapa bilang backpacker di Bandung nggak bisa kemana-mana? Mungkin kamu berpikir kalau tidak membawa kendaraan pribadi itu nggak enak, nggak bisa kemana-mana. Mau rental motor juga mahal. Apalagi kalau budget sedikit. Hmmm, nggak ada salahnya kan kalau kenalan sama transportasi Bandung?

Ya, transportasi umum bisa menjadi alternatif yang ramah di kantong jika kamu tahu tips dan triknya. Tidak jarang, alasan traveller enggan menaiki transportasi umum adalah karena tidak tahu rute dan kondisinya. Nah, sebagai backpacker hemat dan cermat, kamu wajib tahu tips dan trik menaiki transportasi Bandung ini!

1. Buat dulu tujuan wisatamu mulai dari yang terdekat hingga terjauh

Peta Bandung perlu kamu ketahui
Peta Bandung (Indotravellers)

Sebelum kita membahas tentang transportasi Bandung, ada baiknya kamu mulai memetakan daerah mana saja yang mau kamu kunjungi. Paling mudah buatlah titik-titik di peta sehingga kamu bisa tahu mana yang paling jauh dan terdekat. Dengan demikian, kamu bisa menentukan mana saja yang bisa dilewati atau diprioritaskan.

Kalau ternyata daerahnya terpencar, tentu akan sangat sulit untuk menentukan jalannya, bukan?

2. Mau naik transportasi Bandung angkot, TMB, Bandros, atau justru becak?

transportasi Bandung aman murah
Angkot Bandung, salah satu transportasi umum Bandung aman dan murah (WJToday)

Nah kalau sudah menentukan tujuan, sekarang tentukan kendaraannya! Angkot menjadi salah satu primadona backpacker karena jalurnya cukup banyak dengan harga yang relatif terjangkau. Enaknya kalau naik angkot, kamu bahkan bisa menjangkau daerah yang tidak bisa dijangkau kendaraan umum besar lainnya! Di terminal pun kamu bisa menemukan banyak angkot dengan tujuan berbeda.

Lain lagi dengan TMB atau Trans Metro Bandung. Transportasi Bandung ini disediakan oleh pemerintah dengan jadwal operasional yang tertata mulai pukul 05.00 – 20.00. Kalau mau pun, kamu bisa berkeliling naik bus ini sepanjang hari, lho! 

Beda lagi dengan BANDROS, atau Bandung Tour on Bus. Bus yang satu ini juga disediakan pemerintah kota Bandung untuk para wisatawan, sehingga bus ini memang mengarah ke lokasi wisata, lho! Ada beberapa warna berbeda yang mewakili tujuan berbeda pula.

Ingin merasakan lebih berpetualang? Naik saja becak! Meskipun jangkauannya tidak begitu jauh, tapi kamu bisa berjalan menikmati kota Bandung tanpa harus terburu-buru.

3. Download aplikasi resmi dari pemerintah untuk transportasi Bandung yang aman dan murah!

Moovit, aplikasi resmi pemerintah (Moovit.com)

Untuk memudahkan para pengguna transportasi Bandung, pemerintah sudah menyiapkan aplikasi resmi transportasi, lho! Dari aplikasi ini kamu bisa menyimak dimana saja bus atau angkot yang sedang berjalan. Kamu juga bisa mengetahui koridor-koridor mana yang dilewati TMB, lho! Namanya adalah Moovit.

Di Moovit, kamu akan dipandu harus menaiki kendaraan umum apa saja untuk mencapai tujuan tersebut. Tentunya sangat menghemat waktu daripada pusing mondar-mandir di jalan, bukan?

4. Siapkan uang tunai yang pas, ya!

Uang kecil wajib disiapkan agar tidak kerepotan mencari kembalian
Siapkan uang kecil, ya! (Maspipit)

Nah, tips ini tampaknya sepele tapi ternyata banyak yang meremehkan. Bayangkan jika kamu membawa uang ‘besar’ dan tidak ada kembalian saat berada di angkot! Tentu akan merepotkan, bukan?

Simpanlah uang tunai khusus untuk menaiki transportasi umum. Angkot harganya berkisar antara Rp2.000 hingga Rp7.000 tergantung jarak. Untuk TMB, kamu bisa membayar tunai Rp4.000 atau Rp3.000 untuk e-money. Sedangkan untuk BANDROS kamu bisa membayar tiketnya langsung di tempat pemberhentian.

5. Bawa air minum botol yang ramah lingkungan

Bawa tumbler minuman kamu, ya!
Bawa tumbler minuman kamu, ya! (Miniso)

Bisa dibayangkan kalau naik kendaraan umum, kamu tidak bisa berhenti seenaknya, bukan? Jangan lupa untuk membawa minum agar kamu tidak kehausan dan tidak kerepotan mencari kios minuman. Selain itu, air minum botol tentu lebih higenis, kan?

6. Hindari membawa terlalu banyak barang saat menaiki transportasi Bandung

Coba bawa dalam tas kecil dan seperlunya saja
Coba bawa dalam tas kecil dan seperlunya saja (Hi Consumption)

Tips terakhir adalah hindari membawa terlalu banyak barang! Bayangkan jika kamu membawa tas carrier saat menaiki becak atau angkot! Selain merepotkan, kamu juga memakan tempat untuk orang lain juga. Kamu juga lebih rentan terhadap pencopetan. Hmm tidak mau kan? Pastikan kamu membawa tas kecil dengan barang-barang penting saja.

Bagaimana nih, apakah kamu masih enggan menaiki transportasi umum Bandung yang aman dan murah? Kabar baiknya, banyak toko oleh-oleh yang berada di jalur utama transportasi umum di Bandung, lho! Seperti outlet Bolu Susu Lembang yang bisa kamu dapatkan di jalanan utama baik di Bandung maupun Lembang. Harga yang murah sudah dipastikan tidak membuat kantongmu bolong. Yuk travelling ke Bandung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?