Keindahan Kawah Putih Bandung yang Mempesona Wisatawan

Kawah Putih Bandung atau yang dikenal juga sebagai Kawah Putih Ciwidey adalah sebuah danau yang berada di kawasan pegunungan yang terletak 50 km arah selatan Kota Bandung. Berada di ketinggian lebih dari 2.400 meter di atas permukaan laut membuat kawasan ini terasa begitu dingin dengan suhu 22 derajat Celcius hingga 8 derajat Celcius.

Sesuai dengan namanya, Kawah Putih Ciwidey memiliki keunikan karena tanahnya berwarna putih yang dihasilkan dari percampuran unsur belerang. Sedangkan air yang ada di danau dapat berubah warna dari bening hingga hijau maupun kebiruan yang disesuaikan dengan perubahan suhu, cuaca, dan kadar belerang yang terkandung.

Artikel ini akan merangkum sejarah singkat mengenai Kawah Putih Bandung. Tidak luput juga akan kami sampaikan informasi mengenai fasilitas, alamat, harga tiket, serta jam operasional dari Kawah Putih Bandung.Β 

Sejarah singkat Kawah Putih Bandung

kawah putih bandung
Sumber: https://blog.airpaz.com/id/

Pada abad ke-10, terjadi sebuah letusan hebat dari Gunung Patuha. Sejak saat itu, beredar sebuah urban legend yang mengatakan bahwa lokasi ini adalah kawasan yang angker, sehingga tidak ada penduduk yang berani memasuki atau pun melewati lokasi ini. Bahkan burung yang melintasi kawasan ini d

Hingga pada tahun 1837, seorang ahli botani dari Jerman yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn mengunjungi tempat ini sebagai lokasi penelitian. Awalnya, Junghuhn merasa tertarik dengan kawasan pegunungan ini sebab terlihat begitu sunyi bahkan tiada seekor burung pun yang terbang melewati pegunungan tersebut.

Lantaran penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut, Junghuhn pun berusaha mencari tahu informasi mengenai pegunungan ini sebanyak-banyaknya dari warga setempat. Namun yang ia temukan hanyalah cerita para warga yang mengatakan bahwa lokasi tersebut adalah lokasi angker dan tidak pernah ada yang berani menjelajah ke sana.

Merasa tidak puas dan tidak percaya dengan penjelasan warga yang ia rasa tidak masuk akal, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn akhirnya memutuskan untuk melakukan ekspedisi menuju hutan rimba pegunungan tersebut dan mencari tahu sendiri apa yang ada disana. 

Setelah mencapai puncak pegunungan, ia menemukan sebuah danau cantik yang berwarna putih dengan aroma belerang yang cukup kuat. Sejak saat itu, keberadaan Kawah Putih Bandung atau yang dikenal juga dengan Kawah Putih Ciwidey mulai dikenal oleh orang banyak. 

Pada tahun 1987, pemerintah pun menetapkan dan mengembangkan daerah Kawah Putih Bandung sebagai tempat wisata dimana pengunjung dapat melihat danau cantik yang airnya dapat berubah warna.

Fasilitas umum yang ada di Kawah Putih Bandung

kawah putih bandung
Sumber: tourbandung

Sejak ditetapkan sebagai kawasan wisata, tempat ini akhirnya memiliki fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang pengunjung yang datang. Fasilitas umum yang dapat kamu temui di tempat ini berupa:

  • Pusat informasi
  • Toilet
  • Tempat ibadah
  • Area parkir yang luas
  • Transportasi dari gerbang hingga sampai ke kawasan Kawah Putih Bandung
  • Restoran dan warung makan

Alamat, harga tiket, dan jam operasional

kawah putih bandung
Sumber: Liputan 6

Tidak sulit untuk mengakses tempat wisata ini apabila kamu mengendarai kendaraan pribadi. Tempat wisata cantik yang satu ini berlokasi tidak jauh dari Situ Patenggang, yaitu berada di Jalan Raya Soreang Ciwidey km 25. Terdapat banyak petunjuk jalan yang bisa kamu pantau di sepanjang jalan raya, sehingga akan memudahkanmu menemukan lokasinya.

Namun jika kamu ingin menaiki kendaraan umum, kamu bisa naik angkot dari terminal Leuwi Panjang dan turun di terminal Ciwidey. Kemudian dari sana, kamu bisa naik angkot lagi menuju Kawah Putih Ciwidey.

Sementara untuk harga tiket, berikut adalah daftar harga yang perlu kamu perhatikan:

  • Parkir atas (mobil): Rp150.000
  • Parkir atas (motor: Rp35.000
  • Parkir bawah (mobil): Rp6.000
  • Parkir bawah (motor): Rp5.000
  • Parkir bawah (bus): Rp25.000
  • Ontang-anting: Rp13.000

Tempat ini buka setiap hari mulai dari jam 07.00 pagi hingga 17.00 sore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?