Mengenal Sejarah Kota Bandung, Kejayaannya Sudah Terkenal Sejak Dahulu Kala!

Siapa yang belum pernah ke Bandung? Ibukota provinsi Jawa Barat ini memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata untuk mengurai kepenatan. Mulai dari kulinernya yang beragam, cafe hipster di penjuru kota, hingga gigs musik dan fashion yang selalu terdepan. Tapi tahukah kamu tentang sejarah kota Bandung sebelum menjadi yang kita kenal?

1. Sejarah kota Bandung dimulai dari legenda Sangkuriang, lho!

sejarah kota bandung
Sumber: http://kabarbandung.id/

Wah kok bisa? Jika dilihat dari legenda Sangkuriang, selain Tangkuban Perahu juga terdapat Danau Bandung yang terbentuk berdasarkan legenda tersebut. Air dari danau ini akhirnya mengering setelah melewati gua yang bernama Sanghyang Tikoro. Nah danau ini rupanya sungguh ada, lho!

Peneliti menemukan bahwa dulunya Bandung merupakan danau atau telaga purba yang mengering. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya fosil hewan air dan dikelilingi oleh gunung. Bahkan hingga 1970, danau Bandung rupanya masih menjadi tempat wisata, lho!

2. Letaknya yang strategis menjadikannya tempat bermukim kerajaan yang makmur

Tahukah kamu bahwa Bandung merupakan bekas daerah kerajaan? Tidak hanya 1, bahkan 2 kerajaan, lho!

Awalnya Bandung dikuasai oleh Kerajaan Tarumanegara yang berubah nama menjadi Kerajaan Sunda. Di bawah pimpinan Prabu Siliwangi, Kerajaan Sunda mendapatkan masa kejayaan hingga ditaklukkan oleh Kesultanan Banten. Selanjutnya Kerajaan Sunda pun berubah menjadi Kerajaan Sumedang Larang.

Karena ingin merebut kembali kekuasaannya, Kerajaan Sumedang Larang meminta bantuan Kerajaan Mataram untuk menalukkan Kesultanan Banten. Akhirnya, Kerajaan Sumedang Larang berhasil dan membagi kerajaannya menjadi Priangan. Sayangnya, Kesultanan Banten kembali menyerang saat mereka tidak siap sehingga sejarah kejayaan pun berakhir.

3. Sejarah kota Bandung menjadi saksi bisu dibangunnya Jalan Raya Anyer-Panarukan

sejarah kota bandung
Sumber: bandungaktual.com

Selain kerajaan, Bandung juga memiliki sejarah yang kelam. VOC Belanda menyadari adanya potensi besar kopi di kancah perdagangan internasional, sehingga mereka meminta warga Bandung (saat itu Priangan) untuk menanam paksa kopi. Wah mengerikan, ya?

Jika kini kita mengenal jalan pantura (pantai utara), maka sebelumnya jalan tersebut dikenal sebagai Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan. Gubernur Jenderal Hindia-Belanda saat itu, Herman William Daendels, memerintahkan warga untuk membangun paksa jalan raya ini untuk mobilisasi perang.

Meskipun demikian, adanya jalan ini menambah nilai jual kota-kota yang ada di sekitar jalan raya, termasuk Bandung. Tidak heran jika akhirnya Bandung menjadi sebuah kota besar yang dilewati banyak pendatang akibat jalan raya ini.

4. Apa sih sebenarnya arti kata ‘Bandung’?

Jika dilihat dari kata ‘Bandung’ itu sendiri diyakini diambil dari kata ‘Bendungan’ atau cekungan Danau Bandung yang terbentuk akibat letusan Tangkuban Perahu. Sedangkan jika ditinjau dari filosofi Sunda, Bandung berarti ‘Nga-Bandung-an Banda Indung’ atau alam segala tempat segala makhluk hidup di Bumi Pertiwi yang disaksikan oleh Yang Maha Kuasa. Wah dalam sekali, ya?

5. Tidak hanya menjadi ibukota Jawa Barat, namun juga 2 benua, lho!

Menariknya, Bandung bukan hanya ibukota provinsi Jawa Barat, lho. Bandung seringkali dianggap ‘ibukota’ benua Asia dan Afrika. Ini tidak lepas dari perannya sebagai tuan rumah Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955 silam. 29 negara berpartisipasi dalam konferensi untuk menghapuskan penjajahan di atas dunia ini.

Itu dia 5 fakta menarik mengenai sejarah kota Bandung. Seperti yang kita kenal saat ini, Bandung telah bertransformasi menjadi destinasi wisata yang indah dan penuh dengan budaya. Apalagi saat mengenal sejarah, pastilah kita semakin bangga dengan Bandung, kan? Yuk mampir ke Bandung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?