Icip-Icip Rasa Nusantara: 10 Makanan Tradisional Jawa Barat

Indonesia memiliki ragam kuliner yang punya cita rasa nendang sebab penggunaan rempahnya yang kuat. Tak terkecuali dengan makanan tradisional Jawa Barat, banyak di antaranya yang memiliki rasa lezat, gurih, serta otentik, lho. Yuk intip ragam kuliner Jawa Barat di artikel berikut!

1. Lotek

makanan tradisional jawa barat
Sumber: https://jejakpiknik.com/

Lotek adalah makanan tradisional Jawa Barat yang terbuat dari sayur-sayuran rebus seperti kapri, bayam, juga kacang panjang. Kemudian disiram dengan saus bumbu kacang dan diberi kerupuk di atasnya. Lotek bisa dinikmati bersama nasi, lontong, ataupun mie.

2. Nasi liwet

makanan tradisional jawa barat
Sumber: Okezone Lifestyle

Kalau makanan tradisional Jawa Barat yang satu ini sering ditemukan di acara-acara syukuran maupun acara bancakan lain. Nasi liwet biasanya disajikan dengan lauk pelengkap ikan teri, tahu, tempe, daun serai, maupun ayam goreng. 

Yang membuat nasi liwet terasa istimewa adalah rasanya yang gurih manis serta menghasilkan aroma santan kelapa.

3. Doclang

makanan tradisional jawa barat
Sumber: Cookpad

Terbuat dari tahu, kentang, ketupat, telur, serta bumbu kacang, makanan tradisional Jawa Barat ini memiliki cita rasa yang khas. Kamu bisa menemukannya di berbagai kedai kaki lima di wilayah Jawa Barat, alias tidak sulit untuk menemukannya. Disajikan dengan kerupuk bakal lebih mantap lagi!

4. Karedok

makanan tradisional jawa barat
Sumber: fimela.com

Ini dia makanan tradisional Jawa Barat yang hampir mirip dengan lotek. Yang membedakannya adalah sayuran yang digunakan tidak perlu direbus terlebih dahulu. Tidak mengherankan kalau karedok sering disebut-sebut sebagai salad tradisional dari Indonesia.

Satu porsi karedok biasanya berisikan kacang panjang, daun kemangi, kol, tauge, terong, dan mentimun yang disiram dengan saus bumbu kacang yang terbuat dari gula merah, kacang tanah, kencur, bawah putih, air asam, cabai merah, dan gula.

5. Nasi tutug oncom

Sumber: travelling.bisnis.com

Makanan tradisional Jawa Barat ini juga sering ditemukan di berbagai acara-acara yang digelar untuk syukuran atau bancakan. Nasi tutug berasal dari Tasikmalaya yang merupakan hidangan nasi yang dicampur dengan oncom.

Nasi tutug oncom biasanya dinikmati dengan lauk-pauk pelengkap seperti ikan asin, tempe, daun pisang, dan perasan jeruk nipis. Makin nendang lagi jika dimakan bersama sambal ijo yang pedasnya mantap!

6. Sate maranggi

makanan tradisional jawa barat
Sumber: Tribun News

Ini dia hidangan sate khas Sunda yang tak kalah populernya dibandingkan dengan kuliner khas Jawa Barat lain. Sate maranggi ini sebenarnya merupakan makanan asing yang dibuat oleh pendatang Cina yang dahulu menetap di Indonesia.

Awalnya, daging yang digunakan adalah daging babi. Yang membuat sajian sate ini spesial adalah dagingnya yang direndam dengan bumbu sebelum dibakar sehingga bumbu bisa meresap pada daging secara menyeluruh dan menciptakan cita rasa yang kuat.

Seiring berjalannya waktu, masyarakat Jawa Barat mengadaptasi cara pembuatan sate ini yang kemudian dagingnya digantikan dengan daging ayam dan sapi.

7. Surabi

makanan tradisional jawa barat
Sumber: genpi.co

Surabi adalah kudapan tradisional Jawa Barat yang sering pula disebut sebagai ‘pancake lokal’. Surabi terbuat dari tepung beras dan santan.

Awalnya, makanan tradisional Jawa Barat ini dihidangkan dengan irisan kelapa di atasnya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, muncul inovasi baru yang menciptakan berbagai variasi rasa surabi, seperti vanilla, coklat, stroberi, bahkan oncom.

8. Nasi timbel

Sumber: Sahabat UFS

Nasi timbel hampir mirip dengan nasi liwet. Pembedanya terletak pada penyajiannya, dimana nasi timbel disajikan menggunakan bungkusan daun pisang. Lauk pendampingnya pun hampir sama, yakni ikan asin, ayam goreng, sayur asam, dan lain sebagainya.

9. Soto mie

Sumber: masakapahariini.com

Merupakan makanan tradisional Jawa Barat yang populer di kalangan para pemburu kuliner, soto mie adalah kuliner khas Sunda yang pasti sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang.

Soto mie merupakan hidangan yang terbuat dari mie yang disiram dengan kuah kaldu yang kental. Biasanya, satu porsi soto mie ditambahkan dengan tauge dan kacang kedelai goreng di atasnya.

10. Empal gentong

Sumber: IDN Times

Satu lagi makanan tradisional Jawa Barat yang punya cita rasa nampol dan wajib kamu cobain: Empal gentong! Kuliner dengan nama yang unik ini dimasak di dalam gentong dan menggunakan kayu bakar. Cara memasak yang tradisional ini menghasilkan cita rasa yang khas.

Satu porsi empal gentong berisi potongan daging, babat sapi, dan usus yang disiram dengan kuah santan. Kamu bisa menikmati empal gentong ditemani dengan nasi, lontong, dan kucai.

Itu tadi berbagai makanan tradisional Jawa Barat yang masing-masing punya cita rasa khas nendang ala lidah orang Indonesia. Mana saja yang sudah pernah kamu coba? Satu lagi oleh-oleh khas Bandung yang tidak boleh kamu lewatkan juga kenikmatannya: Bolu Susu Lembang! Cobain, yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?