10 Minuman Khas Sunda yang Wajib Kamu Tahu!

Tidak hanya beragam dalam bidang kuliner makanan, namun Jawa Barat juga memiliki banyak minuman khas Sunda mulai dari yang menyegarkan, menghangatkan, berkhasiat, hingga digadang-gadang sebagai minuman isotonik tradisional. Apa saja kira-kira daftar minuman khas masyarakat Sunda? Mari kita lihat ulasannya di bawah ini!

1. Cendol

minuman khas sunda
Sumber: https://travel.kompas.com/

Siapa yang tidak kenal dengan es cendol? Bukan cuma masyarakat Sunda saja yang mengkonsumsinya, namun es ini juga jadi salah satu yang terkenal se-Nusantara! Es cendol terbuat dari tepung hunkwe yang dibentuk seperti serat yang memanjang. Lalu disajikan bersama santan, gula merah cair, serta es serut di atasnya.

2. Bajigur

minuman khas sunda
Sumber: Travel Kompas

Kalau minuman khas Sunda yang satu ini bisa disebut sebagai minuman primadona karena sudah terkenal. Terbuat dari campuran rempah-rempah lokal, gula aren, dan santan kelapa, bajigur adalah minuman yang berkhasiat serta membuat tubuh jadi hangat. 

3. Bandrek

minuman khas Sunda
Sumber: Cookpad

Bandrek berbahan dasar jahe dan gula merah, terkadang ditambahkan pandan, serai, merica, dan bahan-bahan lain di dalamnya. Sama halnya dengan bajigur, bandrek juga berkhasiat untuk menghangatkan tubuh. Bahkan dipercaya untuk mengobati beberapa penyakit seperti batuk, tenggorokan gatal, dan lain-lain.

4. Es doger

minuman khas sunda
Sumber: Okezone Lifestyle

Setelah bahas yang anget-anget, bahas yang dingin-dingin lagi, yuk! Es doger diambil dari istilah “dorong dan seger” karena kebanyakan dari penjual es doger menggunakan gerobak dorong. Dalam satu porsinya, es doger berisikan santan, sirup merah muda, pacar cina, tape, mutiara, nanas, alpukat, potongan roti tawar dan susu kental manis.

5. Goyobod

makanan khas sunda
Sumber: Republika

Minuman khas Sunda yang berasal dari Cirebon ini masih eksis hingga kini, lho! Sama halnya dengan es doger, es goyobod juga lebih nikmat disajikan dingin. Dalam semangkuk es goyobod, ada potongan buah nangka, alpukat, parutan kelapa jelly yang terbuat dari tepung hunkwe, serta gula merah cair. 

6. Es lilin

Sumber: doyanresep.com

Anak 90-an pasti gak asing sama jajanan yang satu ini, sebab es lilin sudah ngehits dari dulu kala dan masih banyak yang nyari di jaman sekarang. Bahkan, es ini dijadikan penggalan lirik dari salah satu lagu pop Sunda yang legendaris, lho!

7. Es cincau

Sumber: tandaseru.com

Menyegarkan, melepas dahaga, dan juga menyehatkan: Cincau! Bagi yang punya masalah pencernaan, cincau direkomendasikan untuk dikonsumsi. Lebih nikmat lagi kalau dijadikan es. Hmm, segar!

8. Bir kotjok

Sumber: Kuliner Kota

Jangan terkecoh dengan namanya, ya. Minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali, justru terbuat dari rempah-rempah seperti kayu manis dan jahe. Rasa manisnya berasal dari gula aren. Bir Kotjok enak dinikmati selagi dingin maupun hangat. Harganya pun murah meriah!

9. Es pala

Sumber: Travel Kompas

Minuman khas Sunda yang tak kalah populernya di jagat Bogor adalah es pala. Minuman ini berbentuk manisan yang terbuat dari pala, sirsak, dan mangga. Bisa kamu pilih sesuai kesukaanmu! Manisan ini diberi es dan dihidangkan dalam satu gelas penuh. Buah-buah yang digunakan pun sudah diparut dengan sangat tipis sehingga memudahkan saat diseruput.

10. Lehang

minuman khas sunda
Sumber: Ayo Bandung

Satu lagi nih minuman khas Sunda yang kudu kamu cobain kalau mampir di Bumi Pasundan, namanya lehang. Minuman yang terbuat dari sadapan air aren atau air nila ini terasa manis dan menyegarkan. Lehang sering disebut-sebut sebagai minuman isotonik tradisional, lho. Pokoknya, cocok banget sebagai minuman pelepas dahaga di siang hari yang terik.

Sudah tahu kan apa aja minuman khas Sunda? Kalau kue hits khas Bandung juga pasti udah pada tahu, kan? Pastinya Bolu Susu Lembang, bolu yang punya tekstur lembut dan varian rasa yang manis untuk menemani minuman-minuman khas Sunda tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?