China Town Bandung: Menikmati Sepotong Kawasan Pecinan di Bumi Pasundan

Seakan-akan tidak pernah berhenti memunculkan inovasi tempat wisata, Bandung selalu menciptakan kawasan wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Kali ini, kami akan mengajak kamu untuk mengintip China Town Bandung, sebuah kampung wisata Pecinan yang menawarkan suasana tempat wisata Tionghoa tempoe doeloe lengkap dengan bangunan dan segala ornamen yang berbau oriental. Seperti apa suasana di dalamnya? Yuk, simak artikel berikut!

Daya tarik China Town Bandung

china town bandung

Memasuki China Town Bandung seakan memasuki salah satu daerah di Cina yang memiliki konsep “tempoe doeloe”. Suasana di dalamnya benar-benar dibikin seperti sedang berwisata di Cina.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di dalam, yang pertama kali kamu lihat adalah China Town Museum. Museum ini akan memberikan informasi dan pengetahuan mengenai lini waktu masuknya etnis Tionghoa di Indonesia.

Tak luput pula berbagai barang antik khas Tionghoa tempo dulu dipajang di museum ini, mulai dari peralatan makan seperti cangkir dan teko, sepeda ontel, piring keramik bergambar naga, dan berbagai hiasan dinding bertemakan Tionghoa dapat kamu lihat. Pengunjung diperbolehkan untuk mengambil gambar atau berswafoto dengan barang-barang yang ada di museum ini. Tapi ingat, jangan sampai menyentuh barang-barangnya, ya!

Setelah puas menjelajah ke waktu lampau di China Town Museum, jangan lupa mampir ke toko souvenir, pakaian, dan oleh-oleh yang ada di tempat ini.

Toko-toko ini dibangun dengan desain yang bergaya oriental banget, benar-benar seperti belanja di pasar Pecinan! Mulai dari pintu di depan toko, hiasan di dinding, lampion yang tergantung di depan toko, hingga penyusunan barang di dalam toko pun terlihat unik karena bergaya oriental. Dominasi warna merah, emas, dan hitam akan sering kamu temukan disini.

Spot foto yang ada di China Town Bandung

china town bandung
Sumber: https://www.dakatour.com/

Tak lengkap rasanya apabila tidak berburu foto-foto Instagramable tiap kali mengunjungi tempat wisata. Maka, jangan lewatkan berbagai spot foto menarik yang ada di China Town Bandung untuk menghiasi sosial mediamu, ya!

Di setiap sudut dari kampung Pecinan ini benar-benar didesain semirip mungkin dengan perkampungan di Cina pada tempo dulu, sehingga setiap sudutnya sangat ciamik dijadikan spot foto Instagramable-mu!

Misalnya, coba foto di jembatan merah dengan latar bangunan-bangunan tua Cina yang sering terlihat di film-film kerajaan. Atau berfoto di pagoda kuning yang dijadikan tempat duduk pengunjung. Atau mungkin bersandar di dinding-dinding bangunan tua yang ada di China Town dengan gaya yang seru.

china town bandung
Sumber: Datawisata

Kalau mau lebih ekstra lagi, kamu bisa sewa pakaian tradisional Cina yang disediakan oleh salah satu toko penyewaan kostum dan make up. Disini kamu bisa pilih kostum yang kamu suka, sekaligus minta dirias biar seperti bangsawan Cina. Penyewaan kostum ini dibandrol mulai dari harga Rp50.000.

Alamat, harga tiket, dan jam operasional China Town Bandung

Sumber: Dolanyok

Lokasi Chinatown Bandung berdekatan dengan salah satu kelenteng tertua di Bandung, Vihara Satya Budhi, yang beralamat di Jalan Kelenteng nomor 41. Sebelum menjadi kawasan kampung wisata Pecinan seperti sekarang, tempat ini dulunya milik Yayasan Permada (Perhimpunan Masyarakat Bandung), yang kemudian diambil alih oleh Pemerintah Kota Bandung.

Jam operasional dari Chinatown adalah jam 11.00 pagi hingga 22.00 malam. Sedangkan harga tiketnya Rp.10.000 pada hari Senin hingga Kamis, dan Rp20.000 pada hari Jumat hingga Minggu. Transaksi yang dilakukan pun tidak menggunakan uang tunai, melainkan kartu debit, kredit, atau e-money Flazz. Jadi, siapkan kartu e-money sebelum berkunjung kemari, ya!

Fasilitas yang tersedia

Apabila kamu kelaparan saat berkunjung kemari, kamu bisa menikmati berbagai macam makanan dan minuman, mulai dari yang ringan hingga berat. Tersedia foodcourt yang akan memuaskan rasa laparmu. Selain itu, terdapat pula tempat ibadah dan toilet bagi yang membutuhkan.

Jika ingin beristirahat sejenak setelah lelah menjelajah Chinatown Bandung, tersedia area duduk dengan lampion-lampion cantik yang tergantung di atasnya. Disini kamu bisa menunggu datangnya sore hari yang berganti malam, sehingga dapat menikmati lampion-lampion cantik ini sambil bercengkrama bersama teman maupun keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?