5 Fakta Persib Bandung: Mengenal Klub Sepak Bola Bandung yang Menjadi Kebanggaan Bobotoh!

Bagi penggemar olahraga, terutama sepak bola, pasti sudah tidak asing lagi dengan Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung atau yang lebih akrab disebut Persib Bandung. Dengan segudang prestasi yang diraih selama berada di belantika persepakbolaan dalam negeri, Persib Bandung merupakan salah satu klub sepak bola yang berada pada kasta tertinggi di Liga Super Indonesia. Di balik kesuksesannya yang impresif, klub idola para Bobotoh ini ternyata memiliki banyak fakta menarik yang bisa dikulik. Berikut ini ulasan mengenai fakta Persib Bandung. Simak, yuk!

Pertama kali mendapat gelar juara pada tahun 1937

fakta persib bandung
Sumber: https://ayobandung.com/

Persib pertama kali berdiri pada tahun 1923 dengan nama Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB). Tak lama setelah itu, ada dua klub sepak bola yang muncul dengan nama Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetbal Bond (NVB). Pada 14 Maret 1933 keduanya akhirnya sepakat untuk bergabung menjadi satu klub sepak bola yang disebut dengan Persib Bandung.

Persib mendapatkan gelar sebagai juara untuk pertama kalinya pada tahun 1937, tak lama setelah memutuskan untuk meresmikan klub sepak bola ini. Pada kejuaraannya yang pertama kali ini, Persib merebut gelar juara Perserikatan tahun 1937 sebagai catatan yang gemilang pada masanya. 

Klub sepakbola terkaya di Indonesia versi Forbes

fakta persib bandung
Sumber: boombastis.com

Dengan berbagai prestasi yang menunjukkan laju impresif dari klub sepak bola yang berasal dari Kota Kembang ini, majalah Forbes menganugerahi Persib sebagai tim sepak bola dalam negeri yang paling tajir berdasarkan penghasilan sebagai indikator penilaiannya.

Kekayaan Persib Bandung ditaksir mencapai hingga 2 triliun rupiah. Bagaimana tidak, klub sepak bola ini seringkali mendapat sponsor dari brand ternama dan dikabarkan menerima sponsor paling banyak di antara klub sepak bola lain. 

Butuh 11 tahun untuk kalahkan Arema FC

Sumber: Tribun News

Setelah meraih kemenangan 0-2 di kandang Arema FC, Stadion Kanjuruhan, pada 9 Mei 2009 dalam kompetisi Liga Super Indonesia, Persib akhirnya merebut kembali kemenangannya melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan pada pekan kedua di Liga 1 2020.

Kemenangan yang direbut setelah 11 tahun berlalu ini menjadi fakta Persib Bandung dalam mengalahkan Arema FC yang berasal dari dua penalti dan satu gol bunuh diri. Kemenangan ini pula yang mengakhiri catatan negatif Persib Bandung di kandang Arema FC.

Selain fanatik, suporter Persib memiliki jumlah terbanyak se-Indonesia

fakta persib bandung
Sumber: iNews.id

Sebuah klub sepak bola tidaklah meriah jika nihil kehadiran dari fans pendukung. Karena permainan sepak bola itu sendiri akan terlihat lebih meriah dengan kehadiran para fans.

Selain fanatik, fakta Persib Bandung ternyata memiliki jumlah fans terbanyak se-Indonesia, lho! Pendukung Persib yang menyebut dirinya sebagai Bobotoh ini memang tersebar luas di seluruh penjuru negeri, namun fokusnya sendiri tetap berada di Jawa Barat dan Kota Bandung. Para Bobotoh berdiri di bawah naungan Viking Persib Club yang merupakan fansclub resmi dari Persib Bandung.

Diliput oleh detikFinance, Muhammad Farhan selaku Direktur Promosi dan Marketing Persib menyatakan bahwa jumlah penggemar Persib mencapai 5,3 juta orang yang tersebar di Bandung, Jakarta, Surabaya, dan 19 kota besar lainnya.

Persib menyumbang pemain Tim Nasional Indonesia terbanyak

Sumber: bolalob.com

Dari 35 daftar nama pemain yang tergabung ke dalam Tim Nasional Indonesia, ada 8 yang berasal dari Persib Bandung. Ini termasuk ke dalam fakta Persib Bandung, yang mana klub sepak bola ini menyumbang pemain paling banyak ke Tim Nasional Indonesia.

Pemain Maung Bandung yang tergabung dalam Timnas ialah M. Ridwan, Firman Utina, Ferdinand Sinaga, I Made Wirawan, Achmad Jufriyanto, dan Supardi Nasir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?