Sehat Bersama 5 Komunitas Olahraga di Bandung Ini. Apa Saja, Ya?

Olahraga menjadi salah satu gaya hidup urban yang tidak hanya dianggap sebagai tren semata. Meskipun di sela-sela kesibukan yang dimiliki, masyarakat tetap meluangkan waktu untuk berolahraga, entah itu di pagi hari sebelum memulai beraktivitas, di sore atau malam hari, ataupun di akhir pekan. Tak terkecuali dengan warga Bandung, bahkan ada banyak komunitas olahraga di Bandung yang menjadi wadah sekaligus mempromosikan gaya hidup sehat bagi para masyarakatnya. 

Kalau kamu salah satu warga Bandung dan sedang mencari komunitas olahraga sebagai teman untuk menjalankan gaya hidup sehat, simak ulasan berikut mengenai komunitas olahraga di Bandung!

1. Barstard Bandung

komunitas olahraga di bandung
Sumber: Twitter

Sedang hits dan banyak digemari oleh anak muda Bandung, Barstard adalah komunitas olahraga di Bandung yang mengkampanyekan gaya hidup sehat melalui street workout. Olahraga yang dilakukan di komunitas ini menggunakan metode calisthenics yang berarti latihan beban menggunakan bobot badan sendiri. 

Olahraga latihan beban ini berfungsi untuk membakar lemak dan membentuk otot. Contoh dari gerakan olahraga calisthenics adalah squat, sit up, push up, chin up, pull up, dan lain sebagainya. 

Komunitas ini sudah eksis sejak Oktober 2013, lho. Latihannya dibedakan atas beberapa kelompok, yaitu kelompok yang ingin membakar lemak, kelompok yang ingin membentuk massa otot, dan kelompok khusus perempuan.

2. Freeletics Bandung

komunitas olahraga di bandung
Sumber: https://bandung.pojoksatu.id/

Komunitas olahraga di Bandung yang satu ini juga termasuk ke dalam kategori calisthenics dan bodyweight training. Gerakan yang digunakan merupakan gerakan olahraga dasar tanpa menggunakan alat. Olahraga ini menggunakan metode meminimalisir jeda waktu istirahat atau sering juga disebut sebagai high intensive training.

Olahraga freeletics awalnya berasal dari Jerman yang berbentuk sebuah aplikasi yang dapat diunggah melalui telepon pintar. Kemudian sekumpulan masyarakat Bandung memberi sebuah wadah bagi yang ingin bergabung untuk menjalankan gaya hidup sehat dengan mendirikan komunitas ini. Tujuannya adalah mengajak lebih banyak masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat dengan biaya yang minimal, yaitu dengan mengunggah aplikasi di handphone saja.

Para anggota Freeletics Bandung biasanya melakukan latihannya di ruang terbuka seperti di taman kota sehingga termasuk ke dalam kategori street workout.

3. Komunitas RIOT Bandung

komunitas olahraga di bandung
Sumber: Destinasi Bandung

Salah satu olahraga yang menjadi pilihan warga urban di sela-sela kesibukan hariannya adalah lari. Tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk membeli alat olahraga yang mahal, olahraga lari juga mampu menyehatkan jantung, membakar lemak, memperlancar aliran darah, meningkatkan metabolisme tubuh, bahkan meregulasi stres, lho.

Nah, di Bandung ada nih komunitas yang menaungi sekumpulan masyarakat yang demen lari di sela-sela kesibukannya guna menjaga badan tetap sehat, bugar, dan fit.

RIOT atau kepanjangan dari Running Is Our Therapy sudah berdiri sejak 2018 silam. Tidak hanya di Bandung, tapi RIOT juga berdiri di kota-kota besar lain seperti Jakarta, Surabaya, Bali, Yogyakarta, Lombok, Makassar, Banjarmasin, Palu, Solo, dan Gorontalo.

4. Komunitas Barbarengans

Sumber: Twitter

Ada lagi nih komunitas olahraga di Bandung yang masuk kategori street workout yang aktivitas olahraganya berupa latihan beban yang mengandalkan berat badan tanpa bantuan alat lain.

Barbarengans didirikan dengan tujuan mengkampanyekan gaya hidup sehat yang tidak perlu mahal. Asal dilakukan dengan tepat, tubuh yang sehat bisa dimiliki oleh semua orang.

Semua orang diterima di komunitas olahraga di Bandung ini. Mau laki-laki, perempuan, segala usia pun boleh ikut bergabung. Bagaimana, kamu tertarik join dengan Barbarengans?

5. Women’s Cycling Community Bandung

Sumber: Detik Health

Ini dia olahraga yang lagi hits di kalangan masyarakat urban di tahun 2020 ini: bersepeda! Kalau biasanya banyak yang senang bersepeda di hari Minggu saat Car Free Day, tapi kini warga urban pada berbondong-bondong bersepeda setiap hari guna menjaga badan yang sehat dan imun yang kuat.

Bersepeda juga merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan, sehingga penggemarnya datang dari berbagai kalangan usia.

Di Bandung, ada sebuah komunitas olahraga yang bernama Women’s Cycling Community yang merupakan komunitas bersepeda khusus untuk wanita! Uniknya, mereka menamakan kegiatan mereka dengan “Gowes Go Langsing”. Tidak hanya di Bandung, namun komunitas ini juga ada di Jakarta, Surabaya, dan Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?