Perkembangan Kota Bandung dari Asal Mula Terbentuknya hingga Jadi Kota Metropolitan

Bandung adalah ibukota Provinsi Jawa Barat yang juga dikenal sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia. Kota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya ini menyimpan segudang cerita yang mengantarkannya menjadi kota sebesar ini. Mau tahu bagaimana perkembangan Kota Bandung dari masa ke masa dan apa saja yang menjadi daya tariknya? Baca ulasannya di artikel berikut! 

Perjalanan sejarah yang dilewati Bandung Lautan Api

perkembangan kota bandung
Sumber: https://www.yukepo.com/

Bandung berasal dari kata “bendung” atau disebut juga sebagai “bendungan”. Pemukiman yang kini menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia ini dahulu terbentuk karena terbendungnya Sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Perahu.

Bandung sudah menjadi pemukiman warga sejak zaman pemerintahan Belanda yang saat itu berada di bawah kepemimpinan Gubernur Jendral Herman William Daendels. Pada 25 September 1810, dikeluarkanlah sebuah surat keputusan yang berisi pembangunan sarana dan prasarana di pemukiman tersebut. Sejak saat itu, 25 September dinobatkan sebagai hari jadi Kota Bandung.

Bandung memang menyimpan sejarah-sejarah penting yang mengantarkan Indonesia ke pintu kemerdekaan. Mulai dari Bandung Lautan Api, Konferensi Asia Afrika, Indonesia Menggugat, dan peristiwa sejarah lainnya yang menghiasi perjalanan sejarah dan perkembangan Kota Bandung.

Konferensi Asia Afrika yang dilangsungkan pada tahun 1955 berlokasi di Bandung. Konferensi yang sangat penting ini menjadi cikal-bakal penyuaraan menolak kolonialisme secara tegas oleh berbagai negara di Benua Asia dan Afrika. Tidak hanya itu, peristiwa Indonesia Menggugat yang dilakukan oleh Presiden Soekarno untuk menggungan kolonial Belanda juga berlokasi di Bandung.

Dikenal dengan berbagai sebutan, Bandung disebut sebagai ‘Kota Kembang’ lantaran memiliki banyak bunga yang bermekaran di seluruh penjuru kota. Disebut juga dengan ‘Paris van Java’ karena dikenal memiliki suasana dan udara yang mirip dengan Paris.

Perkembangan Kota Bandung yang didorong oleh modernitas

perkembangan kota bandung
Sumber: Tempat Wisata di Bandung

Seiring dengan berjalannya waktu, Bandung kini berkembang menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia yang juga dikenal sebagai kota metropolitan. Di tengah-tengah masalah yang dimiliki, Bandung terus berkembang dan berbenah untuk mengatasi persoalan yang ada.

Peremajaan transportasi umum, taman, PKL, hutan kota, dan lain sebagainya tak luput dari pengawasan Wali Kota. Di bawah kepemimpinannya inilah yang mengantarkan perkembangan Kota Bandung semakin pesat dan kian maju.

Perkembangan Kota Bandung ke arah modernisasi juga ditandai dengan berdirinya gedung-gedung megah yang tinggi menjulang di penjuru kota. Gedung-gedung ini beridiri sebagai kantor, hotel, hingga industri yang menggerakkan roda perekonomian.

Menimba ilmu pun bukan sebuah perkara, sebab Bandung yang merupakan pusat pendidikan memiliki banyak sekolah dan perguruan tinggi yang bermutu dan menciptakan bibit-bibit unggul.

Menjadi surga wisata belanja dan kuliner

perkembangan kota bandung
Sumber: Tribun Travel

Walaupun bergerak maju bersamaan dengan roda modernisasi, Bandung tetap identik sebagai kota yang rindang dan dikelilingi pegunungan. Tak heran jika banyak masyarakat dari luar kota mengunjungi Bandung untuk dijadikan tujuan wisata.

Ini juga didukung dengan pariwisata Bandung yang kian tahun kian berinovasi dan memunculkan konsep-konsep baru. Ingin berwisata alam, wahana permainan, wisata yang unik, atau menemukan surga tersembunyi? Semuanya dapat kamu nikmati di Bandung.

Tak berhenti di situ saja, Bandung juga dikenal sebagai surganya belanja. Banyak tempat yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan budget yang ingin dikeluarkan.

Bahkan, ada area-area tertentu yang bisa kamu temukan untuk berburu produk fashion tertentu seperti fashion item yang terbuat dari kulit berkualitas tinggi, kain sutera yang mewah, kain denim yang keren, dan lain sebagainya.

Perkara kuliner juga tak perlu diragukan lagi. Bandung memiliki ribuan makanan khas yang memiliki cita rasa yang legendaris nan lezat di mulut. Kuliner modern yang berinovasi juga ada, lho. Tinggal pilih, mau mencicipi yang di pinggir jalan atau yang di restoran?

Jika berkunjung ke Bandung, sempatkan untuk singgah ke tempat-tempat wisata dan mencicipi kulinernya, ya! Jangan lupa juga membawa oleh-oleh khas Bandung, Bolu Susu Lembang, untuk orang tersayang di rumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?