7 Komunitas di Bandung untuk Memperluas Pengalaman dan Relasi

Bandung adalah salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia. Perkembangannya pun pesat, bahkan sering digadang sebagai salah satu kota yang selalu menciptakan inovasi kreatif di segala bidang. Bagi kamu yang tidak mau menghabiskan masa muda dengan kegiatan monoton, coba gabung komunitas di Bandung di bawah ini! Kegiatannya seru dan pastinya bakal memperluas pengalaman dan kenalan kamu.

Di bawah ini beberapa komunitas di Bandung yang bergerak di bidang sosial dan olahraga. Check this out!

1. Sahabat Bicara

Komunitas ini bergerak di bidang kesetaraan gender, yang mana kegiatannya adalah mendukung hak-hak perempuan, juga melek terhadap isu kesehatan mental.

Gerakan yang selalu dikampanyekan dalam komunitas Sahabat Bicara adalah #pedulimendengar, dimana orang-orang yang tergabung didalamnya membantu proses pemulihan para penyintas atau survivor kekerasan dalam hubungan pacaran. 

Singkatnya, komunitas ini bergerak sebagai support system para penyintas agar tidak takut untuk menyuarakan kekerasan seperti apa yang sudah pernah dialami saat memiliki hubungan dengan orang lain.

2. Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (Kophi)

komunitas di bandung

Ada sebuah komunitas di Bandung yang peduli dengan lingkungan serta ingin mengajak lebih banyak orang untuk menjadi bagian dari solusi masalah perubahan iklim.

Koalisi Pemuda Hijau Indonesia atau yang disingkat menjadi Kophi sudah berdiri sejak Oktober 2010. Diprakarsai oleh tiga mahasiswa peduli lingkungan, Kophi bertujuan untuk melakukan tindakan kolektif dan berkelanjutan demi terciptanya lingkungan asri dan lestari.

3. Barstard Bandung

komunitas di bandung
Sumber: https://sumedang.radarbandung.id/

Sedang hits dan banyak digemari oleh anak muda Bandung, Barstard adalah komunitas di Bandung yang mengkampanyekan gaya hidup sehat melalui street workout. Olahraga yang dilakukan di komunitas ini menggunakan metode calisthenics yang berarti latihan beban menggunakan bobot badan sendiri. 

Olahraga latihan beban ini berfungsi untuk membakar lemak dan membentuk otot. Contoh dari gerakan olahraga calisthenics adalah squat, sit up, push up, chin up, pull up, dan lain sebagainya. 

Komunitas ini sudah eksis sejak Oktober 2013, lho. Latihannya dibedakan atas beberapa kelompok, yaitu kelompok yang ingin membakar lemak, kelompok yang ingin membentuk massa otot, dan kelompok khusus perempuan.

4. Pandu Lisanè

komunitas di bandung

Komunitas di Bandung yang selanjutnya memiliki tujuan untuk membangun lingkungan yang inklusif untuk teman-teman yang menyandang disabilitas. Misi yang sedemikian rupa sudah ditanamkan oleh Pandu Lisanè sejak pertama kali didirikan pada 6 Mei 2018.

Melalui komunitas sosial ini, Pandu Lisanè mengajak masyarakat untuk mengetahui dunia disabilitas lebih dalam dan tidak sungkan maupun segan untuk berkomunikasi dengan mereka. 

5. Women’s Cycling Community

Ini dia olahraga yang lagi hits di kalangan masyarakat urban di tahun 2020 ini: bersepeda! Kalau biasanya banyak yang senang bersepeda di hari Minggu saat Car Free Day, tapi kini warga urban pada berbondong-bondong bersepeda setiap hari guna menjaga badan yang sehat dan imun yang kuat.

Ada sebuah komunitas di Bandung yang bernama Women’s Cycling Community yang merupakan komunitas bersepeda khusus untuk wanita! Uniknya, mereka menamakan kegiatan mereka dengan “Gowes Go Langsing”. Tidak hanya di Bandung, namun komunitas ini juga ada di Jakarta, Surabaya, dan Bali.

6. Freeletics Bandung

Komunitas di Bandung yang satu ini juga termasuk ke dalam kategori olahraga calisthenics dan bodyweight training. Gerakan yang digunakan merupakan gerakan olahraga dasar tanpa menggunakan alat. Olahraga ini menggunakan metode meminimalisir jeda waktu istirahat atau sering juga disebut sebagai high intensive training.

Olahraga freeletics awalnya berasal dari Jerman yang berbentuk sebuah aplikasi yang dapat diunggah melalui telepon pintar. Kemudian sekumpulan masyarakat Bandung memberi sebuah wadah bagi yang ingin bergabung untuk menjalankan gaya hidup sehat dengan mendirikan komunitas ini.

Tujuannya adalah mengajak lebih banyak masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat dengan biaya yang minimal, yaitu dengan mengunggah aplikasi di handphone saja.

7. Teman Berbagi

Teman Berbagi merupakan komunitas di Bandung yang bergerak di bidang kewirausahaan dan edukasi yang diperuntukkan untuk anak-anak kaum dhuafa dan yatim-piatu.

Memiliki slogan #BerbagiKebaikan dan #BerbagiSemangat, Teman Berbagi memiliki misi untuk meningkatkan pengembangan jiwa kewirausahaan serta meningkatkan softskill anak yatim-piatu dan kaum dhuafa melalui program edukasi yang dilakukan.

Itu dia beberapa komunitas di Bandung yang menarik untuk diikuti guna mengisi waktu luang. Saat melakukan kegiatan bersama teman-teman komunitas, jangan lupa bawa cemilan yang bisa dimakan bareng, ya. Bolu Susu Lembang adalah salah satu kue bolu yang pas untuk dicemil ramai-ramai sama teman satu komunitasmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat