Yuk, Icip 5 Kue Khas Bandung Ini Saat Berkunjung ke Bandung!

Dari sekian banyak kuliner terkenal yang dilahirkan di Kota Bandung, ada banyak kue khas Bandung yang memiliki cita rasa tradisional namun dipadukan dengan inovasi kekinian, lho. Beberapa ada yang masih menggunakan cara tradisional dalam proses pembuatannya, namun memadukan olahan kue tersebut dengan berbagai varian rasa yang lebih modern.

Penasaran cemilan khas Bandung apa saja yang wajib kamu cicipi kalau mampir ke Kota Kembang? Cek daftarnya di bawah ini!

1. Bolu Susu Lembang

kue khas bandung

Ini dia primadona kue khas Bandung yang tidak boleh sampai terlewatkan dan wajib kamu cobain. Bolu Susu Lembang merupakan ikon oleh-oleh Bandung yang memanfaatkan susu sebagai bahan dasarnya.

Oleh-oleh hits yang satu ini bertekstur empuk dan lembut sehingga menciptakan sensasi yang memanjakan mulut. Selain itu, bolu susu sering disajikan dengan berbagai topping seperti coklat dan keju. Oleh-oleh ini cocok sekali untuk kamu penggemar makanan manis.

Kalau kamu ingin mencari bolu susu yang berkualitas, kamu bisa menjadikan Bolu Susu Lembang sebagai pilihan. Bolu Susu Lembang dibuat dari bahan-bahan premium yang berkualitas.

Cita rasanya pun tak perlu diragukan lagi. Bolu Susu Lembang juga mudah dicari, ada banyak gerai Bolu Susu Lembang yang tersebar di sekitar Bandung. Bolu Susu Lembang juga terhitung awet untuk dijadikan oleh-oleh.

2. Surabi

kue khas bandung
Sumber: https://www.winnetnews.com/

Surabi adalah kue khas Bandung yang sering pula disebut sebagai ‘pancake lokal’. Surabi terbuat dari tepung beras dan santan.

Awalnya, makanan tradisional Jawa Barat ini dihidangkan dengan irisan kelapa di atasnya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, muncul inovasi baru yang menciptakan berbagai variasi rasa surabi, seperti vanilla, coklat, stroberi, bahkan oncom.

3. Toko Roti Sidodadi

kue khas bandung

Tergolong kue khas Bandung yang legendaris, toko roti ini sudah berdiri sejak dahulu kala, lho. Tidak heran apabila bentuk roti hingga bangunan serta etalase dari toko roti ini masih otentik seperti toko roti tempoe doeloe.

Varian roti yang ditawarkan cukup beragam, ada rasa srikaya, coklat keju, nanas, bahkan yang asin seperti smoked beef, sosis, dan lain sebagainya. Terdapat ukuran yang kecil maupun besar yang bisa kamu pilih sesuai selera.

4. Bandros

Kalau kue khas Bandung yang satu ini terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan kelapa parut. Olahan tersebut dicetak menggunakan cetakan kue pukis yang berbentuk setengah lingkaran dan berjejer banyak, sehingga bentuknya memang mirip dengan kue pukis.

Bandros yang bercita rasa tradisional biasanya dihidangkan dengan taburan gula pasir di atasnya. Namun kini, telah banyak penjual bandros yang memberi inovasi baru dalam penambahan rasa. 

Kalau ingin membeli kue bandros, biasanya penjualnya sering berkeliling kompleks perumahan sambil mendorong gerobak jualan atau dipanggul. Sedangkan kue bandros dengan varian rasa yang lebih kekinian seperti bandros keju, coklat, green tea, kitkat, tobleron, taro, dan lain sebagainya dapat dijumpai di pusat kota atau pusat perbelanjaan di Bandung.

5. Kue balok

Satu lagi kue khas Bandung yang wajib kamu cobain buat cemilan, yaitu kue balok. Kue ini dibuat di atas arang sehingga menciptakan warna kecoklatan dan cita rasa yang khas di mulut.

Kue balok yang memiliki rasa manis dan tekstur yang padat ini sering disantap menjadi cemilan bagi warga Bandung, namun tak jarang juga yang menjadikannya sarapan di pagi hari. 

Untuk pilihan rasa, kue balok punya banyak varian, yakni rasa coklat, keju, kacang, kismis, bahkan ada pula yang menggunakan varian rasa kekinian seperti tiramisu dan oreo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?