5 Ciri Khas Suku Sunda yang Paling Menonjol dan Menarik untuk Disimak!

Jika selama ini yang kamu ketahui dari masyarakat Sunda adalah hidangan kuliner yang beraneka ragam dan memanjakan lidah, kali ini kami akan memaparkan lima ciri khas Suku Sunda yang paling menonjol.

Selain untuk menambah ilmu pengetahuan baru, kamu pun bisa jadi lebih mengerti tentang kebudayaan mereka. Simak selengkapnya di artikel berikut!

1. Punya panutan filosofi hidup

Hal pertama yang menarik untuk diketahui sebagai ciri khas suku Sunda adalah mereka memiliki panutan filosofi hidup yang dipegang teguh secara turun-temurun. 

Meskipun sekarang memang sudah masa modern yang menuju era digital, filosofi ini masih dipegang oleh kabanyakan masyarakat Suku Sunda karena dipercaya mampu menuntun masyarakatnya menuju jalan yang baik dan meraih kesuksesan.

Ada lima ucapan dalam Bahasa Sunda yang terdiri dari bageur yang berarti baik, cageur yang berarti sehat, bener yang berarti benar, tur singer yang berarti kreatif, dan pinter yang berarti pintar.

Kelima karakter ini memiliki makna yang dalam bagi mereka. Mereka percaya bahwa filosofi tersebut jika diaplikasikan dalam kehidupan akan membentuk kepribadian yang bijak.

2. Dikenal sebagai salah satu suku yang menonjol sebab berwatak sopan, halus, dan lembut

Sepertinya sudah bukan rahasia umum lagi bahwa masyarakat Suku Sunda memiliki tutur kata yang halus, lembut dan sopan jika berbicara. Inilah yang menjadikan ciri khas Suku Sunda dan  membuat banyak masyarakat umum tertarik dan menyukai masyarakat dari Suku Sunda. 

Tidak hanya bertutur kata yang sopan dan halus, mereka memang memiliki pedoman untuk menghargai sesama dengan baik. Hal ini juga berkaitan dengan pola adat istiadat yang mereka pegang dengan kuat, yakni etika kesopanan dan kebudayaan yang dijunjung tinggi. 

3. Rumah adatnya terkenal sangat ‘dekat dengan alam’

ciri khas suku sunda
Sumber: https://www.romadecade.org/

Rasanya memang cukup sulit untuk menemukan rumah adat Suku Sunda di tengah-tengah modernisasi dan digitalisasi yang ada di sekitar kita. Namun, salah satu ciri khas Suku Sunda yang menarik untuk dibahas juga terletak dari rumah adatnya.

Rumah adat dari suku ini terkenal ‘dekat dengan’ alam karena bahan dan peralatan yang digunakan untuk membangun rumah tersebut memang menggunakan bahan-bahan alami yang diambil langsung dari alam.

Ciri khasnya terletak pada penggunaan leuit atau yang dikenal sebagai lumbung padi pada bangunan rumah adat. Namun di era yang lebih modern ini, penyesuaian mulai dilakukan oleh masyarakatnya dengan menggunakan bahan seperti batu untuk memperkuat bangunan rumah.

Rumah adat Sunda juga punya nama yang beragam, lho. Diantaranya adalah Julang Ngapak, Perahu Kemureb, Badak Heuay, Jolopong, Capit Gunting, dan Tagok Anjing.

4. Upacara pernikahannya unik banget!

ciri khas orang sunda

Tiap suku pasti memiliki adat dan budaya tersendiri yang diterapkan dalam upacara pernikahan, tak terkecuali dengan Suku Sunda. Biasanya, prosesi upacara pernikahan di adat ini dimulai dari datangnya pihak lelaki yang menunjukkan keseriusannya untuk meminang pihak perempuan.

Jika pernikahan yang dikenal di masyarakat umum identik dengan penukaran cincin, maka hal itu sedikit berbeda di adat Sunda. Disini, mereka memiliki budaya penukaran ikat pinggang antar pasangan! Unik, bukan?

Prosesi upacara kemudian akan dilanjutkan dengan melakukan beberapa ritual untuk meminta restu pada sesepuh dari dua belah pihak.

5. Selain upacara pernikahannya, sistem kekerabatannya juga unik

Satu lagi nih ciri khas Suku Sunda yang unik dan menarik untuk diketahui. Selain upacara pernikahan yang punya keunikan tersendiri, ternyata masyarakat Suku Sunda juga memiliki sistem kekerabatan yang unik, lho!

Secara umum, sistem kekerabatan Suku Sunda bersifat parental yang berarti garis keturunannya berasal dari ayah dan ibu secara bersamaan.

Ada pula istilah khusus yang disebut Pancakaki yang berarti kekerabatan dapat dilihat berdasarkan silsilah keluarga secara horizontal maupun vertikal. Hubungan horizontal yakni hubungan keluarga secara tidak langsung, sedangkan yang vertikal adalah hubungan keluarga sedarah.

Setelah mengetahui beberapa ciri khas Suku Sunda, kamu jadi belajar banyak tentang mereka, bukan? Gimana, apakah kamu tertarik untuk mengetahui ciri-ciri lain dari masyarakat Sunda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?