Intip Makanan Tradisional Khas Bandung yang Terbuat dari Peuyeum Ini, Yuk!

Salah satu makanan tradisional khas Bandung adalah peuyeum. Kamu tau nggak peuyeum itu apa? Peuyeum adalah olahan singkong yang difermentasikan. Fermentasi singkong dilakukan dengan menggunakan ragi. Proses fermentasi ini biasanya berlangsung selama 2 – 7 hari.

Nah, peuyeum ini juga biasa dikenal dengan nama tape singkong. Yap! Peuyeum alias tape singkong adalah salah satu makanan tradisional khas Bandung.

Uniknya, makanan tradisional khas Bandung yang satu ini nggak cuma bisa dimakan begitu aja. Banyak kreasi makanan yang bisa diciptakan dari peuyeum. Peuyeum bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Yuk, lihat apa saja makanan olahannya di bawah ini!

Goreng peuyeum, camilan rumahan murah tapi enak

makanan tradisional khas bandung
Sumber: https://cookpad.com/

Kreasi olahan peuyeum yang satu ini cocok dimakan kapanpun. Dimakan di pagi hari pasti enak, dimakan siang-siang juga enak, dimakan sore juga masih enak, dimakan saat malam hari pun juga mantab!

Peuyeum goreng, cara mengolah makanan tradisional khas Bandung menjadi makanan yang tetap tradisional.

Cara memasak olahan ini sangat mudah. Kamu hanya perlu membuat adonan tepung terigu, gula dan air. Atur rasa manis sesuai selera dan buat adonan menjadi cukup kental. Potong-potong peuyeum lalu baluri dengan adonan tepung. Setelah itu tinggal kamu goreng di minyak panas.

Dibuat donat juga enak!

makanan tradisional khas bandung

Kalau biasanya adonan donat dicampur dengan kentang atau labu, sekarang waktunya kamu mencoba membuat adonan donat dengan campuran peuyeum. Si tape singkong ini ternyata enak juga lho kalau diolah menjadi donat.

Olahan peuyeum ini memang belum begitu populer, tapi worth it untuk kamu coba. Peuyeum bisa kamu sulap menjadi donat lembut yang super empuk dengan sedikit cita rasa asam dan manis khas peuyeum.

Peuyeum dalam olahan modern, jadi kue panekuk alias pancake

Kamu mungkin udah familiar dengan japanese pancake yang super lembut atau jenis pancake lain yang sering dijual di cafe-cafe. Tapi, pancake yang ini beda!

Kamu bisa mencoba mengolah makanan tradisional Bandung ini menjadi makanan yang modern. Kamu hanya perlu menambahkan peuyeum ke dalam adonan pancake yang sudah kamu buat.

Olahan peuyeum jadi dessert, puding peuyeum salah satunya

Ada dua pilihan cara mengolah peuyeum menjadi puding. Pertama, kamu bisa menjadikan peuyeum sebagai isian puding. Kedua, kamu bisa menghaluskan peuyeum lalu mencampurkannya ke dalam adonan puding.

Hasilnya sama-sama enak, kok. Rasa asam dan manis dari peuyeum jadi lebih nikmat jika diolah menjadi puding. Apalagi kalau dimakan dalam kondisi dingin. Hmm, yummy!

Semangkuk kesegaran dari kolak peuyeum

Olahan peuyeum ini adalah salah satu ide mengolah makanan tradisional menjadi makanan yang tetap tradisional. Kolak peuyeum membuat masakan tradisional kolak menjadi lebih variatif.

Jika biasanya kolak diisi dengan kacang hijau, pisang atau singkong. Kali ini kamu bisa coba membuat kolak dengan isian peuyeum. Olahan peuyeum ini bisa dinikmati dalam keadaan hangat atau dingin dengan tambahan es.

Variasi olahan peuyeum-nya menarik banget, kan? Kamu wajib mencoba mengolah peuyeum menjadi 6 makanan ini. Dijamin nikmat dan nggak bikin bosan.

Kalau kamu tertarik mencoba makanan khas Bandung lainnya, kamu bisa mencoba Bolu Susu Lembang. Kalau yang ini, kamu nggak perlu repot bikin sendiri. Tinggal datang aja ke store Bolu Susu Lembang terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?