Ragam Kesenian Jawa Barat: Lagu, Tarian Hingga Kerajinan Tangan Tradisionalnya

Indonesia memang kaya budaya. Banyak banget kesenian yang lahir dari keragaman budaya di negeri ini. Jawa Barat adalah salah satu daerah yang menyumbang cukup banyak kesenian. Kesenian Jawa Barat lahir dari perpaduan budaya yang beragam, mulai dari kebudayaan Sunda dan kebudayaan Cirebon yang dominan sampai kebudayaan lain seperti Betawi.

Jawa Barat punya banyak ragam kesenian. Seni tari, seni musik, bahkan seni pertunjukan. Kesenian Jawa Barat memuat semua jenis kesenian ini.

Kesenian Jawa Barat berasal dari peninggalan dua kerajaan yang berjaya di daerah ini. Kerajaan Sunda yang kental dengan kesenian khas bangsawan dan Kerajaan Cirebon yang menjadi kesenian sebagai salah satu penyebaran agama Islam di masa kejayaannya.

Keragaman ini membuat corak kesenian Jabar jadi semakin kaya. Kamu bisa menemukan banyak sekali kesenian jika mampir ke bagian Barat daerah Jawa ini.

Tokecang… tokecang… Kamu pasti tahu lagu ini, kan?

Tokecang tokecang bala gendir tosblong

Angeun kacang sapependil kosong

Kamu pasti pernah dengar lagu ini, kan? Tokecang adalah satu lagu khas Jawa Barat. Tokecang adalah salah satu kesenian Jabar yang banyak dikenal masyarakat. Nggak perlu jadi warga Jawa Barat untuk tau lagu ini. Kita pasti pernah menyanyikan lagu ini saat di taman kanak-kanak.

Lagu ini juga cukup sering diputar di televisi. Selain lagu Tokecang, lagu daerah Jawa Barat lainnya adalah Manuk Dadali, Es Lilin dan Bubuy Bulan. Mungkin kamu sudah familiar dengan lagu-lagu ini.

Beragam pertunjukan dalam kesenian Jawa Barat

kesenian jawa barat

“Akang kendang, kalu saya bilang mundur, mundur ya…”

Ayo ngaku! Siapa yang familiar dengan kalimat ini? Bacanya nggak usah pakai nada, ya. Si akang kendang ini adalah salah satu seni pertunjukan yang ada di Jawa Barat. Sampai saat ini, seni pertunjukkan yang satu ini masih cukup populer di masyarakat. Nggak heran deh kalau sampai jadi hits di TikTok.

Kesenian pertunjukan akang kendang ini bernama Rampak Kendang. Seni pertunjukan ini dimainkan oleh beberapa orang. Makanya namanya adalah Rampak Kendang. Rampak berarti bersama-sama dan kendang atau gendang adalah alat musik yang dimainkan. Selain gendang, alat musik lain seperti gamelan dan rebab juga digunakan dalam seni pertunjukan ini.

Seni pertunjukan lain yang dimiliki kesenian Jabar adalah Sintren. Sintren berasal dari Cirebon.

Seni pertunjukan ini memiliki unsur magis di dalamnya. Sintren dimainkan oleh satu orang penari perempuan dengan satu pawang dan enam gending. Penari akan dikurung lalu pertunjukan akan dimulai. Kurungan ini akan dikelilingi oleh pawang dan gending.

Katanya, dalam proses ini si pawang memanggil roh Dewi Lanjar agar merasuki tubuh penari. Selain Rampak Kendang dan Sintren, masih banyak seni pertunjukan khas Jawa Barat yang bisa kamu nikmati.

Kerajinan tradisional dari tangan-tangan warga Jawa Barat

kesenian jawa barat
Sumber: https://jejakpiknik.com/

Masing-masing daerah di Jawa Barat punya seni kerajinan tradisionalnya masing-masing. Setiap daerah punya corak budaya masing-masing. Corak budaya ini tertuang dalam seni kerajinan yang dihasilkan.

Seni kerajinan ini biasanya jadi usaha masyarakat dan oleh-oleh untuk para wisatawan. Kalau kamu tertarik membawakan kesenian Jawa Barat sebagai oleh-oleh, ada baiknya kamu catat daftar seni kerajinan ini.

  1. Cirebon: batik trusmi, kedok, lukis kaca dan kulit
  2. Indramayu: tembikar, topeng, tikar pandan, batik Indramayu
  3. Tasikmalaya: payung, anyaman mendong dan topi, kelom geulis, sepatu kulit
  4. Bandung: seni kerajinan berbahan kulit

Itu dia daftar seni kerajinan Jawa Barat yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Kalau kamu mau membawa oleh-oleh berupa makanan, kamu bisa memilih Bolu Susu Lembang. Ada banyak varian rasa yang bisa kamu pilih.

Lembutnya Bolu Susu Lembang cocok banget untuk dijadikan oleh-oleh. Dapatkan Bolu Susu Lembang di store atau mitra resmi terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?