Museum Kota Bandung: Memamerkan Sejarah Dengan Cara Unik

Museum Kota Bandung mematahkan pendapat orang-orang kalau museum bukan tempat yang cocok buat anak millennial. Museum Kota Bandung berhasil membuktikan kalau sejarah bisa dipadukan dengan kemajuan teknologi masa kini.

Udah bukan zamannya lagi museum dianggap sebagai destinasi wisata membosankan yang cuma memajang peninggalan sejarah. Museum ini didirikan untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya yang ada di Kota Bandung.

Bermula dari gagasan seorang seniman film bernama Hermawan Rianto, Museum Kota Bandung mulai dikembangkan sejak tahun 2015 lalu. Nggak salah kalau Museum Kota Bandung punya konsep yang memadukan aspek sejarah dan digital.

Penggagasnya aja seorang seniman film handal yang sudah punya banyak penghargaan. Setelah tiga tahun dikembangkan, museum ini diresmikan pada 31 Oktober 2018.

Sebelum menjadi Museum Kota Bandung, bangunan ini sempat menjadi sekolah dan pusat kegiatan freemasonry

museum kota bandung
Sumber: https://news.detik.com/

Sebelum menjadi museum, bangunan ini merupakan froebel school atau taman kanak-kanak di zaman penjajahan Belanda. Froebel school ini didirikan oleh Loge Sint Jan. Sekolah ini dibuka untuk anak-anak Eropa dan beberapa anak pribumi.

Gedung ini juga digunakan untuk kegiatan freemasonry. Saat Belanda kalah dan Jepang masuk ke Indonesia, taman kanak-kanak ini tidak lagi digunakan. Sejak Indonesia berhasil merdeka, semua kegiatan freemasonry dihentikan dan gedung resmi diambil alih oleh pemerintah Bandung.

Bangunan ini dijadikan Sekolah Pendidikan Olahraga dan Gedung KONI. beberapa tahun berikutnya, bangunan diambil alih oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung.

Pameran sejarah secara modern di dalam bangunan kuno khas kolonial Belanda

museum kota bandung

Dengan tetap mempertahankan gaya bangunan kuno bekas kolonial Belanda, Museum Kota Bandung menampilkan sejarah dengan cara yang modern.

Museum yang diresmikan pada 31 Oktober 2018 ini menjadi bukti kalau belajar sejarah nggak selalu membosankan. Museum ini berhasil memadukan ciri khas sejarah yang kental dengan penggunaan teknologi digital yang memukau.

Baik dari segi visualisasi di dalam museum maupun pengemasan dan pengelolaan museum dilakukan secara modern. Informasi-informasi sejarah disajikan dalam bentuk yang unik dan nggak monoton. Semuanya disajikan secara modern dengan memanfaatkan teknologi digital terkini.

Kalau kamu mampir ke museum ini, kamu bisa melihat kumpulan foto dan video tentang serba-serbi budaya Kota Kembang. Foto dan video yang dipamerkan di tempat ini dikumpulkan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Perpustakaan KITLV (Koninklijk Instituut voor Taal Land en Volkenkunde) Belanda, Collectie Tropenmuseum Belanda, dan sumber lainnya.

Yang bisa kamu nikmati di Museum Kota Bandung

Museum ini punya dua bagian utama, yaitu terbagi menjadi bangunan cagar budaya dan area kedua adalah bangunan yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Saat ini, kamu baru bisa menikmati bangunan cagar budaya yang merupakan area utama museum. Bangunan Cagar Budaya ini dipecah menjadi empat bagian.

Masing-masing bagian punya tema yang berbeda. Tema masing-masing bagian di bangunan cagar budaya adalah:

  1. Bandung kota
  2. Erope Introppen
  3. Bandung Bergerak (pergerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia di Kota Bandung)
  4. Bandung Bergiat (Kota Bandung setelah Indonesia merdeka)

Museum Bandung buka setiap hari Selasa sampai Minggu tiap pukul 10.00 sampai 17.00. Kamu bisa pergi ke Jalan Aceh 47 jika ingin menyusuri sejarah dengan cara yang berbeda di tempat ini. Mau tua atau muda pasti suka berkeliling di museum yang satu ini. Kamu pun pasti senang berkeliling di Museum Kota Bandung.

Setelah puas menikmati cerita sejarah dengan cara yang modern di Museum Bandung, kamu bisa mampir ke store Bolu Susu Lembang sebelum kembali ke penginapan.

Bolu lembut berbahan dasar susu ini siap mengisi perut Bolu Mania. Bolu Susu Lembang selalu siap menemani perjalanan Bolu Mania di Kota Kembang. Store Bolu Susu Lembang sudah tersebar di banyak tempat, kamu bisa mampir ke store terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?