7 Fakta Unik ITB, Kampus Bergengsi Indonesia!

Fakta unik ITB

Siapa yang nggak tau Ridwan Kamil? Sepertinya hampir semua orang tau Gubernur kece kebanggan Jawa Barat ini. Ridwan Kamil selalu punya sisi kehidupan yang menarik untuk dibahas. Mulai dari gayanya yang seperti anak muda sampai romantisme dengan si cinta alias Ibu Atalia Praratya, pendamping hidup Pak Ridwan Kamil yang geulis pisan!

Hal menarik lain dari Ridwan Kamil adalah latar belakang pendidikannya. Ridwan Kamil adalah alumni ITB, salah satu kampus bergengsi di Kota Kembang. ITB selalu masuk dalam jajaran kampus terbaik di Indonesia.

Kalau kamu tertarik menempuh pendidikan yang sama di almamater Ridwan kamil, ada baiknya kamu membaca 7 fakta unik ITB ini. Lumayan buat nambah informasi tentang calon kampus kamu. Yuk, langsung cek aja ada fakta unik apa aja sih!

1. Bunga mekar yang menyambut mahasiswa baru

Fakta unik ITB yang pertama datang dari bunga-bunga di depan kampus. Konon katanya, bunga-bunga ini mekar saat masa ajaran baru alias saat para mahasiswa baru mulai masuk kampus. Spesial banget nggak, tuh? Masuk kampus baru dengan disambut bunga-bunga yang bermekaran.

2. Alur penjurusan yang unik

fakta unik ITB
Kampus ITB / Kompas.com

Fakta unik ITB selanjutnya adalah tentang akademik kampus ini. Kampus ITB punya alur penjurusan yang berbeda dengan alur penjurusan kampus lain di Indonesia. Biasanya kamu akan menentukan jurusan yang akan kamu masuki saat mendaftar kuliah.

Nah, fakta unik ITB yang satu ini adalah alur penjurusan yang spesial di kampus ini. Saat mendaftar di kampus ini, kamu akan diarahkan ke fakultas yang diminati. Kamu akan melewati tahun-tahun awal di fakultas tanpa jurusan. Baru deh setelah itu kamu akan masuk ke jurusan. Alur ini ampuh banget buat meminimalisir fenomena “salah jurusan”.

3. Pasar Jumat ITB di depan Masjid Salman

Andaikan nggak ada corona, kamu pasti bisa menikmati pasar kaget di depan Masjid Salman. Pasar kaget ini biasa dikenal dengan nama Pasar Jumat ITB karena diadakan tiap hari Jumat mulai dari pukul 08.00 sampai 15.00. Kamu wajib tau fakta unik ITB ini biar bisa belanja barang murah. Lumayan kan bisa menghemat biaya kehidupan anak kos.

4. Kabar tentang Dona, dari mahasiswa sampai mata-mata

Kita lanjut ke fakta unik ITB tentang si Dona, sosok wanita yang kerap berlalu lalang di daerah ITB. Jika dilihat secara umum, Dona sering diangap ‘tidak waras’. Namun menurut kabar yang berhembus, dulunya si Dona ini adalah mahasiswa ITB. Kabar lain bilang kalau si Dona ini mata-mata CIA! Waduh, serem banget deh kabar tentang si Dona.

5. Titik Gema ITB

Kampus ini memang menyimpan banyak fakta unik. Fakta unik ITB kali ini adalah tentang titik gema di kampus ITB. Kamu bisa mendengar gema suara teriakanmu kalau kamu berteriak di antara dua titik biru yang ada dalam lingkaran. Lingkaran ini ada di bagian Utara Plaza Widya Nusantara. Tertarik untuk mencoba?

6. Salam Ganesha

Sebagai calon mahasiswa ITB, kamu wajib tau fakta unik ITB yang ini. Mahasiswa ITB punya salam khas yaitu Salam Ganesha. Salam Ganesha selalu dilakukan di acara-acara kampus. Salam ini juga digemakan saat perwakilan kampus mengikuti lomba atau kegiatan di luar kampus. Bunyi salamnya gini nih:

“Untuk Tuhan, bangsa dan almamater. Salam Ganesha mulai”

“Salam Ganesha. Bakti kami, untuk-Mu Tuhan, bangsa dan almamater. Merdeka!”

Salam ini diucapkan sambil mengangkat tangan miring ke atas.

7. Kamu akan wisuda di Sabuga!

Fakta unik ITB
Wisuda di Sabuga / ITB

Ini fakta unik ITB yang wajib kamu tau. Kalau kamu kuliah di sini, kamu akan wisuda di Sabuga alias Sasana Budaya Ganesha. Gedung aula ITB ini digunakan untuk menggelar upacara wisuda para mahasiswa. Gedung ini juga dipakai untuk aktivitas lain seperti wisata IPTEK.

Itu dia 7 fakta unik ITB. Sebagai calon mahasiswa, kamu wajib tau fakta-fakta ini. Nanti, kalau kamu udah resmi jadi mahasiswa ITB, sering-sering mampir ke store Bolu Susu Lembang ya. Kamu wajib coba kue bolu lembut berbagai rasa ini. Kue ini juga wajib kamu jadikan oleh-oleh kalau mau pulang kampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?