Mengenal Prosesi Adat Pernikahan Sunda, Yuk!

adat-pernikahan-sunda

Pernikahan Raisa dan Hamish Daud pernah mencuri mata masyarakat Indonesia. Mungkin kamu juga menjadi yang terpana dengan pernikahan penyanyi cantik ini. Raisa tampak cantik dengan siger di hari akad nikahnya. Inilah mengapa banyak yang mengagumi adat pernikahan Sunda!

Bukan hanya keanggunan pengantin wanita yang riasannya dilengkapi siger, prosesinya pun juga menjadi fokus perhatian. Berikut adalah beberapa prosesi adat pernikahan Sunda yang perlu kamu tahu:

Neundeun Omong

Neundeun omong dilakukan sebagai awalan perkenalan perempuan dan laki-laki. Keluarga akan mencari informasi dan menanyakan status hubungan calon yang diharapkan. Apakah masih single atau sudah punya pasangan. Proses ini penting banget, lho!

Narosan atau Ngalamar

Prosesi yang satu ini adalah tindak lanjut dari prosesi sebelumnya, neundeun omong. Dalam prosesi ini pihak laki-laki akan menyampaikan lamaran. Dalam proses ini perlu ada pihak yang dituakan untuk menjadi juru bicara keluarga. Pihak laki-laki menyerahkan sirih dan uang pengikat.

Seserahan atau Mawakeun

Adat pernikahan Sunda
Instagram Redberrywedding

Biasanya prosesi ini dilakukan ketika sudah mendekati hari pernikahan. Pihak keluarga laki-laki membawa seserahan pernikahan dan diberikan kepada pihak perempuan.  Setelah prosesi seserahan dilakukan, adat pernikahan Sunda berikutnya adalah ngeuyeuk seureuh.

Ngeyeuk Seureuh

Pada prosesi ini, calon pengantin akan mendapat nasihat dari orang tua. Ada 25 benda yang yang digunakan sebagai simbol nasihat-nasihat tersebut. 25 benda ini adalah perlengkapan ngeyeuk sereuh  Benda-benda ini ditutup dengan kain putih.

Meleum Harupat

Pengantin laki-laki akan memegang lidi dan pengantin perempuan akan membakar ujungnya. Setelahnya, api itu dipadamkan. Prosesi ini melambangkan amarah laki-laki yang dipadamkan oleh kelembutan perempuan. Uwu banget, kan?

Nincak Endog

Adat pernikahan Sunda
Nincak Endog / Hipwee

Prosesi ini dilakukan dengan cara pengantin perempuan membasuh kaki suami setelah pengantin laki-laki menginjak telur. Prosesi ini melambangkan binaan tanggung jawab suami dan ketaatan istri.

Melepas Merpati

Pelepasan merpati oleh orang tua menyimbolkan pelepasan tanggung jawab orang tua kepada pengantin.

Huap Lingkup

Kedua orang tua menyuapi anak dan menantu secara bergantian. Prosesi adat pernikahan Sunda ini dilakukan sebagai simbol kasih sayang kepada kedua mempelai.

Pabetot Bakakak Hayam

Kedua pengantin menarik ayam bakar utuh. Prosesi ini sebagai simbol berbagi rezeki antarpasangan.

Itu dia prosesi demi prosesi dalam adat pernikahan Sunda. Menarik banget, kan? Selalu ada makna di tiap rangkaian prosesinya. Kalau kamu memiliki keturunan Sunda, kamu bisa melestarikan adat pernikahan ini, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?