Budaya Jawa Barat: Perpaduan 2 Dominasi Budaya dan 1 Ragam Budaya Lainnya

Ternyata budaya Jawa Barat terdiri dari beragam budaya, lho. Budaya yang ada di Jawa Barat bukan cuma berasal dari budaya Sunda. Sebenarnya, ada perpaduan budaya yang beragam di Jawa Barat.

Jadi, nggak cuma budaya Sunda aja yang ada di Jawa Barat. Keragaman budaya yang ada di Jawa Barat dipengaruhi oleh sejarah yang berkembang pada zaman kerajaan dulu. Ayo coba diingat-ingat, ada kerajaan apa aja yang punya daerah kekuasaan di Jawa Barat?

Budaya Sunda dan Cirebon

Ada dua budaya dominan yang ada di dalam budaya di JaBar. Kedua budaya ini berkembang dari dua kerajaan di masa lalu. Budaya ini terdiri dari dua budaya dominan, yaitu kebudayaan Sunda dan kebudayaan Cirebon.

Mungkin kamu masih mengira kalau budaya Cirebon termasuk dalam budaya Sunda. Sebenarnya ada perbedaan dari kedua kebudayaan ini. Kebudayaan Sunda berkembang di Tanah Pasundan atau yang bisa disebut Tanah Priangan. Kebudayaan Cirebon berkembang di daerah kekuasaan pemerintahan kerajaan Cirebon.

Kebudayaan ini berkembang di Utara, di bekas daerah Karesidenan Cirebon. Dua kebudayaan ini saling beririsan, tapi tetap memiliki perbedaan.

Sentuhan budaya Betawi

Selain kebudayaan Sunda dan kebudayaan Cirebon, keragaman budaya JaBar juga dilengkapi oleh kebudayaan Betawi.

Kebudayaan ini berkembang di daerah perbatasan Jawa Barat dengan DKI Jakarta. Biasanya tersebar di wilayah pesisir pantai. Karena wilayah sebaran budaya yang tidak begitu luas, kebudayaan Betawi tidak begitu mendominasi di Jawa Barat.

Budaya Betawi tetap melengkapi keragaman budaya JaBar. Tidak semendominasi dua kebudayaan lainnya, tapi kebudayaan Betawi tetap memberikan sumbangan corak budaya di provinsi naungan Bapak Ridwan Kamil ini.

Ragam bahasa ujung Barat Pulau Jawa

budaya jawa barat

Dengan dua budaya dominan dan satu budaya lain, bahasa yang berkembang di Jawa Barat juga ikut beragam.

Bahasa yang berkembang juga dipengaruhi oleh ragam budaya JaBar. Bahasa sehari-hari yang digunakan kedua kebudayaan jelas berbeda. Kebanyakan masyarakat sudah mengenal Bahasa Sunda.

Sebagian masyarakat Jawa Barat memang menggunakan Bahasa Sunda dalam kesehariannya. Dalam Bahasa Sunda terdapat undah usuk basa, tingkatan bahasa berdasarkan tingkat sosial penuturnya. Ada banyak dialek yang digunakan masyarakat untuk menggunakan Bahasa Sunda.

Berbeda dengan bahasa yang digunakan dalam kebudayaan Sunda, kebudayaan Cirebon memiliki bahasanya tersendiri. Bahasa ini biasanya digunakan oleh masyarakat pesisir Utara.

Bahasan Cirebon biasa disebut Bahasa Cêrbon. Sama seperti Bahasa Sunda, Bahasa Cirebon juga termasuk dalam deretan bahasa daerah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kedua bahasa ini adalah hasil dari keragaman budaya yang ada di Jawa Barat. Menarik banget, kan?

Rumah-rumah adat masyarakat Jawa Barat

budaya jawa barat

Budaya Jawa Barat yang terdiri dari berbagai kebudayaan membuat rumah adat di provinsi ini juga menjadi beraneka ragam.

Kamu mungkin pernah melihat rumah adat atau rumah tradisional yang memiliki bentuk berbeda di masing-masing daerah di Jawa Barat. Rumah adat kebudayaan Sunda memiliki jenis yang beragam. Ada rumah adat Suhunan Japang, Jogo Anjing, Suhunan Jure, Suhunan Ngupuk, Limasan, Panjalin, Lengkong, dan Citalang.

Rumah adat Cirebon bisa kamu lihat pada bangunan Rumah Adat Kasepuhan Cirebon. Rumah adat yang sudah berdiri sejak beberapa abad lalu ini masih kokoh sampai saat ini. Tiap bagian rumahnya memiliki arti tersendiri.

Sekilas tentang keseniannya

budaya jawa barat
Sumber: https://www.westjavatoday.com/

Jawa Barat memiliki banyak kesenian tradisional yang sampai saat ini masih dapat dinikmati. Rampak Kendang, Jaipong, Sintren, Blantek, dan Wayang Golek adalah beberapa kesenian dari Jawa Barat yang bisa kamu nikmati. Seni pertunjukan ini masih kerap ditampilkan di beberapa tempat.

Budaya dari Jawa Barat cukup menarik untuk dipelajari, kan? Keragaman budaya ini juga harus kita lestarikan bersama-sama, ya. Jangan sampai, kebudayaan luhur yang diajarkan para orang tua hilang seiring berjalannya zaman.

Coba mampir ke Jawa Barat, lihat kebudayaan yang masih bertahan di masyarakat. Tonton juga pertunjukan keseniannya dan jangan lupa mampir ke outlet Bolu Susu Lembang. Jadikan Bolu Susu Lembang oleh-oleh untuk keluarga dan teman-temanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?