Makanan Khas Jawa Barat, Tiap Kota Punya Makanan Khas Tersendiri

Selain terkenal dengan warung Sunda yang menyajikan aneka olahan sayur dan lalapan, Jawa Barat juga punya makanan khas lainnya. Makanan khas Jawa Barat nggak selalu berbau sayur-mayur, kok. Kamu juga bisa mencoba makanan berbahan dasar lainnya.

Cara pengolahan makanan Jawa Barat juga bermacam-macam. Nggak selalu dimakan mentah seperti sayur lalap. Banyak bahan dasar makanan yang diolah secara berbeda. Uniknya, ternyata masing-masing daerah punya makanan khasnya masing-masing.

Ada yang punya dodol sebagai primadona. Ada juga yang menjadikan fermentasi singkong sebagai bahan utamanya. Langsung cek aja nih, makanan khas Jawa Barat yang ada di artikel berikut!

Makanan khas dari Kota Bogor ini pasti udah pernah kamu coba

makanan khas jawa barat

Kita mulai dari makanan khas Kota Hujan, ya. Kamu pasti pernah mencoba makanan khas Bogor. Makanan khas dari Bogor adalah asinan dan olahan talas. Kamu pasti sudah pernah mencobanya, kan?

Asinan adalah makanan Jawa Barat yang berasal dari Kota Hujan. Saat ini, kamu nggak perlu ke Bogor untuk mencicipi asinan. Banyak penjual asinan di luar Bogor. Kamu bisa dengan mudah mencoba makanan khas yang satu ini.

Makanan khas Bogor selanjutnya adalah olahan talas. Yang paling terkenal adalah kue lapis talas. Ini adalah olahan talas yang wajib kamu coba kalau ke Bogor.

Yang segar sampai yang mengenyangkan, Cianjur punya banyak makanan khas

makanan khas jawa barat

Kabupaten Cianjur menyumbangkan banyak menu dalam deretan makanan khas. Cianjur punya banyak sekali pilihan makanan dan minuman khas. Mulai dari yang segar sampai yang mengenyangkan.

Cianjur terkenal dengan tauco, manisan dan pepes ikan masnya. Tauco Cianjur menjadi tauco favorit banyak orang. Merk tauco yang paling terkenal adalah Tauco Cap Meong.

Makanan khas Cianjur lainnya seperti manisan dan pepes ikan mas bisa kamu cicipi di banyak rumah makan. Bahkan kamu bisa membeli manisan di pedagang kaki lima yang ada di pinggir jalan. Ini segar banget buat dimakan di siang hari.

Dodol Garut, beda dari dodol lainnya

Nggak lengkap kalau ngomongin Garut tapi nggak ngomongin dodolnya. Dodol dan Garut sudah menjadi kesatuan yang nggak terpisahkan. Makanan khas Jawa Barat ini adalah satu oleh-oleh favorit wisatawan.

Rasa dan bentuk dodol Garut berbeda dengan dodol dari daerah lainnya. Si coklat manis ini punya rasa dan tekstur yang berbeda dengan dodol dari daerah lain. Dodol Garut tidak sekenyal dodol Betawi atau dodol lain. Saat ini sudah banyak variasi rasa dodol Garut yang bisa dicoba.

Kerupuk terasi, tertarik mencoba?

Salah satu makanan khas Jawa Barat adalah kerupuk terasi. Makanan ini berasal dari daerah Cirebon dan Indramayu. Kerupuk terasi memiliki cita rasa yang gurih.

Namanya memang kerupuk terasi, tapi baunya tidak menyengat seperti terasi kok. Kamu bisa mencoba kerupuk ini tanpa takut mencium baunya.

Oncom dan peuyeum dari Kota Bandung

makanan khas jawa barat
Sumber: https://www.kompas.com/

Makanan khas Jawa Barat berikutnya berasal dari Kota Bandung. Ibu kota Jawa Barat ini juga menyumbang cukup banyak makanan khas. Bandung terkenal dengan oncom dan peyeumnya.

Oncom adalah olahan fermentasi yang serupa dengan tempe. Olahan oncom bisa kamu temui di banyak rumah makan. Apalagi di warung Sunda, sudah pasti kamu menemui si oren ini.

Begitu juga dengan olahan peuyeum. Peuyeum adalah singkong yang difermentasi alias tape. Biasanya peuyeum diolah lagi menjadi ragam makanan lain. Peuyeum juga bisa langsung dinikmati begitu saja tanpa perlu diolah lagi.

Olahan makanan lain yang wajib kamu coba di Bandung adalah Bolu Susu Lembang. Asli, ini enak banget! Kamu wajib mencoba bolu lembut ini. Kamu bisa mendapatkannya di berbagai store di seluruh Kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?