Hari Jadi Kota Bandung, dari Filosofi Logo Hari Jadi Ke-210 hingga Muasal Paris van Java

Hari jadi Kota Bandung diperingati setiap tanggal 25 September. Tahun ini Bandung berusia 210 dan dirayakan tidak semeriah pada tahun-tahun sebelumnya karena pandemi.

Seperti selayaknya peringatan hari jadi kota-kota lainnya dengan membuat logo yang unik dan penuh makna, hari jadi Kota Bandung ke-210 kemarin juga diluncurkan logo yang elegan. Peluncuran logo tersebut dipimpin langsung oleh Wali Kota Bandung.

Acara peluncuran logo dilangsungkan pada 16 September di Kiara Artha Park. Keadaan yang tidak membolehkan perkumpulan besar dilangsungkan justru menjadi filosofi dasar logo hari jadi Kota Bandung tersebut lho.

Filosofi logo hari jadi Kota Bandung ke-210

hari jadi kota bandung
Sumber: https://humas.bandung.go.id/

Perancang awal logo hari jadi Kota Bandung ke-210 adalah tim kreatif Humas Bandung. Setelah itu, logo kemudian dikoreksi dan disempurnakan oleh para pakar industri kreatif yang berisi desainer hebat dan terfasilitasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.

“Bersama Kita Tangguh” merupakan tagline yang tersemat di dalam logo, lebih tepatnya di bawah angka nol berwarna kuning. Tagline tersebut tentu saja menggambarkan bagaimana masyarakat Bandung selama 2020 ini melewatinya dengan tangguh meskipun keadaan sedang sulit.

Secara keseluruhan, logo berupa angka 210 sebagai simbol umur Bandung saat ini. Angka 2 dan 0 yang memiliki bentuk dasar melingkar memiliki makna sebagai kedinamisan Bandung dalam berkreasi dan berinovasi.

Angka 1 tegak menjulang dengan bentuk puncak Jembatan Pasupati. Jembatan Pasupati terkenal sebagai ikon Bandung yang bermakna ketangguhan. Angka satu diwarnai dengan merah putih yang berselaras dengan sila ketiga Pancasila.

Kota Bandung berdiri setelah Kabupaten Bandung

hari jadi kota bandung

Kota Bandung dan Kabupaten Bandung tentu saja tidak sama. Selain berbeda mengenai tingkat pemerintahannya, keduanya juga berbeda tahun pendirian. Kabupaten Bandung sudah ada sejak pertengahan abad-17 M.

Hingga kemudian Nusantara dikuasai oleh Belanda pada 1794. Di sini, banyak masyarakat yang salah persepsi dengan berpikir bawah Kota Bandung diprakarsai oleh Daendels, Gubernur Jenderal Belanda yang saat itu berkuasa.

Daendels memang yang memerintahkan pusat pemerintahan Kabupaten Bandung berpindah karena Krapyak, pusat pemerintahan sebelumnya, sudah tidak layak dijadikan pusat pemerintahan.

Namun, sebenarnya Dalem Kaum I, Bupati Bandung kedua, sudah berpikir untuk memindah pusat pemerintahan.

Perlahan, Dalem Kaum I dengan masyarakat Bandung berpindah, mulai dari Cikalintu, Balubur Hilir, hingga Kampur Bogor. Bertahap karena pembangunan pusat pemerintahan yang dituju sedang berlangsung.

Ketika selesai dibangun, SK dikeluarkan oleh Daendels pada 25 September 1810. Namun, hal itu bukan berarti Daendels memiliki peran sebagai pemrakarsa berdirinya Kota Bandung, melainkan Dalem Kaum I yang sejak awal berjuang.

Muasal Paris van Java

Berusia 210 tahun tidak membuat Bandung kehilangan pesonanya. Julukan Paris van Java tetap melekat. Namun, sebenarnya bagaimana awal julukan itu didapat Bandung?

Memang tidak diragukan keindahan Kota Bandung yang sama cantiknya dengan Paris di Eropa sana. Namun, disebut Paris van Java bukan karena Bandung memiliki keindahan selayaknya Paris lho.

Paris van Java didapat Bandung karena dahulu, di Jalan Braga banyak dijumpai toko-toko yang menjual barang-barang produksi Paris. Barang tersebut bermacam-macam, mulai dari aksesori hingga pakaian.

Merayakan hari jadi Kota Bandung memang tidak hanya menarik untuk masyarakat Bandung. Biasanya banyak masyarakat luar kota yang berwisata ke Bandung dengan sengaja untuk ikut merayakan hari jadi Kota Bandung.

Berwisata ke Bandung tentu saja harus membeli oleh-oleh. Namun, menjadikan peuyeum sebagai oleh-oleh tentu saja sudah biasa, bukan?

Nah, pilihan rasa dari Bolu Susu Lembang tentu bisa dijadikan alternatif. Harganya terjangkau sehingga membeli banyak untuk dibagikan kepada saudara dan teman tidak masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?