7 Kuliner Enak di Bandung yang Selalu Diburu Wisatawan

Kuliner enak di Bandung

Kuliner enak di Bandung banyak sekali macamnya. Lidah wisatawan sudah pasti akan dimanjakan jika berkunjung ke Bandung. Kuliner di suatu daerah memang menjadi alasan tersendiri untuk beberapa wisatawan mengunjungi suatu daerah. Dan Bandung memiliki daya pikat di bagian ini karena kota ini terkenal dengan surga kuliner.

Berikut 7 rekomendasi kuliner enak di Bandung yang bisa dicicipi ketika berkunjung ke kota yang memiliki Gedung Sate ini.

Nasi Kalong

Nasi Kalong, kuliner enak di Bandung
Gambar dari Reservasiku

Nasi kalong mirip dengan rawon karena cara memasaknya adalah diberi bumbu kluwek sehingga warnanya akan merah kehitaman. Bedanya, nasi kalong hanya berupa nasi yang disajikan tanpa kuah dan tanpa irisan daging.

Untuk menikmatinya, biasanya rumah makan akan menyajikan aneka jenis lauk secara prasmanan. Pengunjung bisa mengambil sendiri untuk mendampingi seporsi nasi kalo merah lezat. Lauknya mulai dari aneka sayuran hingga olahan daging sapi dan ayam goreng.

Bakso Cuanki

Kuliner enak di Bandung
Foto dari Setiyanti di Cookpad

Bakso cuanki, dengan kuah bening dan berisi bakso, potongan tahu, kerupuk pangsit, serta taburan bawang goreng adalah cita rasa surga Bandung. Terlebih disantap ketika hujan turun di sore hari.

Cita rasa yang lezat dan porsi yang pas, bakso cuanki hanya dipatok harga sekitar Rp15.000 saja. Murah meriah, bukan?

Sekoteng

Kuliner enak di Bandung
Foto dari Widynaura di Cookpad

Tidak melulu tentang makanan, Bandung juga diwarisi minuman lezat untuk diburu ketika berkunjung di sana. Ialah sekoteng, minuman hangat mengandung jahe yang didalamnya terdapat potongan kacang tanah, kolang-kaling, hingga roti tawar.

Meskipun sebenarnya minuman ini berasal dari Jawa Tengah, tetapi sudah banyak penjaja makanan kaki lima yang menjual sekoteng. Terlebih, cuaca Bandung yang dingin pada malam hari membuat sekoteng banyak digemari.

Batagor

Foto dari Dian Rosdiana Lanesa di Cookpad

Konon, belum puas rasanya pergi ke Bandung sebelum menikmati batagor di daerah asalnya ini. Makanan satu ini memang sudah terbiasa ditemukan di banyak daerah di Indonesia.

Batagor terdiri dari bakwan dengan bakwan dan tahu goreng yang dipotong-potong dan disajikan bersama saus kacang dan kecap. Kerap kali, penjual batagor juga akan memberikan irisan jeruk nipis atau limau sebagai penambah cita rasa batagor supaya lebih nikmat.

Surabi

Surabi menjadi salah satu kuliner enak d Bandung yang tidak boleh dilewatkan. Biasanya, surabi akan disajikan dengan berbagai varian toping, seperti durian, cokelat, hingga keju sehingga menambah enak cita rasa makanan ini.

Berbahan dasar tepung beras, terigu, kepala, air, dan garam lalu dicampur jadi satu dan di masak di atas wajan-wajan kecil terbuat dari tanah liat, surabi memang memiliki cita rasa khas. Makanan ini biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp9.500 per buah.

Mie Kocok

Satu lagi makanan berkuah hangat yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Bandung. Mie Kocok memang menjadi kegemaran banyak orang. Terlebih rasanya yang gurih karena dipenuhi rempah-rempah yang melimpah.

Beberapa tempat bahkan menyajikan mie kocok dengan ditambah kuah sumsum sapi lho sehingga cita rasanya tambah lezat. Seporsi mie kocok biasanya dihargai Rp25.000 hingga Rp35.000 tergantung tempat dan toping yang dipilih.

Nasi Timbel

Kuliner enak di Bandung
Foto dari Tripadvisor

Nasi timbel merupakan nasi yang ditim dengan dibungkus daun pisang. Biasanya, nasi tersebut diberi toping seperti oncom atau irisan daging untuk menambah cita rasanya.

Makanan khas sunda ini disajikan dalam porsi lengkap bersama lauk, seperti ayam goreng, ikan teri, hingga perkedel. Harganya terjangkau, cukup Rp25.000-an, Anda bisa mendapatkan satu porsi lengkap bersama teh hangat!

Itulah tujuh rekomendasi kuliner enak di Bandung. Tidak hanya kuliner yang bisa dimakan di tempat, Bandung juga memiliki banyak makanan khas tahan lama yang bisa dijadikan oleh-oleh. Salah satunya adalah Bolu Susu Lembang.

Dengan cita rasa lembut, varian beragam, dan harga terjangkau, Bolu Susu Lembang cocok sekali untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga dan teman di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?