Stasiun di Bandung dengan Fasilitas Terlengkap, Stasiun Hall juga Dijadikan Pilot Project oleh PT KAI!

Stasiun di Bandung

Stasiun di Bandung yang paling banyak dikunjungi adalah Stasiun Bandung. Stasiun yang bernama awal Stasiun Hall tersebut berlokasi di Jalan Stasiun Timur Nomor 1 dan Jalan Kebon Kawung Nomor 43.

Bandung memang terkenal dengan keelokan kotanya sehingga banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung. Dan menggunakan kereta terasa sebagai pilihan yang pas untuk sampai di kota ini.

Stasiun Bandung menjadi stasiun yang paling terkenal di kalangan wisatawan. Stasiun ini juga merupakan stasiun terbesar di antara stasiun-stasiun lainnya. Berikut adalah 5 faktar Stasiun Hall sebagai stasiun terbesar di kota ini.

Titik Penghubung Berbagai Kota

Stasiun di Bandung

Masih ingat dengan lagu anak-anak yang bercerita tentang kereta api? Nah, di sana Kota Bandung dan Kota Surabaya disebut sebagai satu rangkai perjalanan, bukan?

Begitulah Stasiun Bandung bekerja. Stasiun ini menjadi titik penghubung Kota Bandung dengan berbagai kota di Indonesia.

Stasiun ini bahkan memiliki enam jalur utama sebagai lintasan besar rute Surabaya, Jakarta, Malang, Solo, dan Semarang, baik masuk maupun keluar Kota Bandung.

Karena letaknya di pusat kota, Stasiun Bandung memang terkenal sebagai pusat pemberhentian transportasi untuk berkeliling kota lho. Lokasinya memang strategis dan mudah dijangkau ke manapun!

Stasiun Kereta Api Pertama perihal Ticketing

Pintu masuk utama Stasiun Bandung ada dua. Pintu masuk utara di kawasan Jalan Kebon Kawung Nomor 43. Pintu selatan di Jalan Stasiun Timur Nomor 1 atau kawasan Kebon Jeruk, Andir.

Selain diklaim sebagai stasiun terbesar di antara lainnya, Stasiun Bandung juga mendapat julukan pilot project lho. PT KAI memang mengandalkan Stasiun Bandung sebagai stasiun dengan kualitas yang paling bagus di Indonesia.

Konon, Stasiun Bandung memiliki kualitas pelayanan yang setara dengan bandara. Di sini bahkan pertama kali diterapkan sistem check in dan boarding pass untuk tiket keberangkatan pada Februari 2016.

Bahkan, Oktober 2018 diterapkan pertama kali di antara stasiun di Indonesia lainnya mengenai pemeriksaan bagasi menggunakan sinar-X. Wah, keren banget ya, Stasiun Bandung!

Mengantar Hasil Kebun ke Surabaya

Stasiun di Bandung

Tidak bisa dimungkiri, pendirian awal Stasiun Bandung dikarenakan pembukaan perkebunan di kawasan Bandung sekitar tahun 1870.

Para tuan tanah di Jawa Tengah dan Jawa Timur bahkan menyewa gerbong khusus ke Bandung untuk mengikuti kongres tentang perkumpulan pengusaha perkebunan gula pada 1894.

Stasiun Bandung diresmikan untuk pertama kali pada 17 Mei 1884. Peresmian ini dilakukan oleh pemerintah Belanda dan dirasa bahwa kereta merupakan transportasi tercepat untuk mengantar hasil kebun.

Sejak pertama kali diresmikan, Stasiun Bandung begitu aktif dan membantu para tuan tanah. Wali Kota Bandung bahkan membangunkan tugu kepada perusahaan kereta api sebagai ucapan terima kasih.

Bel Stasiun yang Khas

Tidak seperti stasiun lainnya yang menyajikan bunyi bel stasiun yang monoton, di sini justru menggunakan instrumen lagu lho. Tidak hanya satu, tetapi dua!

Dua lagu yang digunakan instrumennya sebagai bel stasiun adalah “Manuk Dadali” dan “Karatagan Pahlawan”. Lagu-lagu khas Bandung itu akan berkumandang setiap kali kereta api datang.

Jika ke Bandung memang paling sering akan berhenti di Stasiun Bandung karena stasiun itu yang paling sibuk. Setelah tahu beberapa fakta tentang di atas, pastinya lebih excited ketika berada di Stasiun Bandung.

Lebih excited juga ketika berlibur ke Bandung lalu pulangnya membawakan oleh-oleh untuk keluarga. Tentang oleh-oleh pasti pilihan paling tepat adalah Bolu Susu Lembang dong. Harganya terjangkau, tetapi memiliki rasa lezat dan kualitas oke!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?