Ini 8 Ciri Khas Orang Bandung yang Unik Banget

ciri khas orang bandung

Apakah kamu memiliki teman yang berasal dari Bandung? Jika iya, mereka pasti memiliki ciri khas orang Bandung yang tidak ditemui di orang Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Bandung sebagai tanahnya orang Sunda memang memiliki kebudayaan unik tersendiri yang sedikit berbeda dari Jawa lainnya.

Kebudayaan tersebut akhirnya mempengaruhi perilaku dan kebiasaan yang sulit untuk berubah. Perilaku dan kebiasaan itulah yang membuat orang Bandung sangat ketara. Nah, biar kamu gak bingung jika berteman dengan orang Bandung, ini dia ciri khas yang harus kamu tahu.

Memiliki intonasi yang unik saat berbicara

Ciri khas yang pertama adalah dari cara bicaranya yang terkesan unik. Hal ini karena mereka menggunakan bahasa Sunda yang memang dikenal dengan dialeknya. Saat mereka berbicara sekilas terdengar seperti ada nadanya lho. Itulah yang membuat orang Bandung memiliki daya tarik tersendiri

Terkenal penyabar namun tetap bisa marah juga

Orang Bandung terkenal memiliki pribadi penyabar. Mereka memang sering bercanda sehingga terkesan tidak pernah marah. Namun jangan sekali-sekali membuat mereka marah ya. Bukankah lebih baik beramah tamah terhadap sesama daripada memicu perkelahian?

Kalau makan harus selalu ada sayur hijau

Kuliner enak di Bandung

Inilah yang harus dicontoh dari ciri khas orang Bandung. Kalau makan selalu dengan sayuran! Yang dimaksud sayuran di sini adalah lalapan, ya. Kira-kira mengapa ya orang Bandung selalu makan pakai lalapan? 

Konon katanya sih, karena Jawa Barat terletak jauh dari pantai, jadi jarang mendapat asupan gizi dari ikan laut. Nah, jadi mereka menggantinya dengan nutrisi dari sayur lalapan. Cerdas sekali, ya!

Suka makan yang pedas-pedas

Makanan pedas memang sedang ngetren sekarang ini. Namun apakah kamu tahu bahwa rata-rata makanan pedas yang viral itu berasal dari Bandung? Seblak misalnya, makanan super pedas ini sangat digemari. Tak hanya itu, Tahu Gejrot dan beraneka sambal juga bikin huh-hah! Gak heran ciri khas orang Bandung itu suka makan pedas.

Kerap menyelipkan kata ‘mah’ di dalam kalimat

Jika kamu memperhatikan temanmu yang berbahasa Sunda, mereka kerap kali menambahkan kosakata “mah” di sela-sela kalimat. Misalnya, “ini mah teh, bukan susu” atau “saya mah udah makan tadi”. Dalam bahasa Sunda kata “mah” tidak memiliki arti, ia hanya berguna sebagai kata penegas. 

Ramah dan sopan adalah nomor satu

Ciri khas orang Bandung berikutnya adalah selalu ramah dan sopan meskipun dengan orang yang tidak dikenalnya. Mereka selalu murah senyum sehingga selalu terlihat awet muda. Di sana memiliki semboyan “Soméah Hade ka Sémah” yang artinya murah senyum, ramah, menjaga, bersikap baik, menjamu setiap orang”

Katanya sih, lucu dan humoris

Orang Bandung itu memiliki selera humor yang tinggi lho. Mereka sering bikin lelucon yang sangat menghibur. Jika kamu memiliki teman orang Bandung, pasti tidak akan pernah bosan kalau lagi nongkrong. Bahkan mereka bisa membuat banyolan saat situasi lagi serius. Bikin gemas!

Nama lengkapnya terdiri dari pengulangan

Foto dari Unsplash

Apakah kamu pernah menjumpai nama orang Bandung seperti Asep Surasep, Ujang Sujajang, Dede Pardede? Ciri khas orang Bandung jaman dulu memang seperti itu. Terdiri dari kata yang berulang. Karena jaman sudah modern,  sekarang sudah jarang yang menggunakan nama dengan model ini.  

Bagaimana nih menurutmu dengan beberapa ciri khas orang Bandung di atas? Sebenarnya ada satu lagi ciri khas warga Bandung, yaitu suka makan Bolu Susu Lembang yang terkenal enak banget! Gak percaya? pesan di sini aja untuk merasakan Bolu Susu Lembang yang sesungguhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?