7 Universitas di Bandung dengan Kualitas Pendidikan Terbaik

Universitas di Bandung

Universitas di Bandung tentu saja tidak perlu diragukan lagi daya tariknya untuk para calon mahasiswa baru. Setiap tahunnya, berbondong-bondong para lulusan SMA mendaftarkan diri untuk menjadi pendatang baru di Kota Kembang ini.

Di antara banyaknya universitas di Bandung, berikut merupakan 7 universitas dengan kualitas pendidikan terbaik. Daftar ini tidak hanya sekadar opini karena pemeringkatannya dirilis langsung oleh webometrics pada pertengahan 2020. Yuk simak!

Institut Teknologi Bandung

Universitas di Bandung

Dinilai berdasarkan kehadiran, dampak, keterbukaan, dan keunggulan universitas oleh webometrics, Institut Teknologi Bandung menduduki peringkat pertama sebagai universitas terbaik di Bandung.

Tidak heran sih, institut yang mengedepankan lulusan di bidang teknologi ini memang memiliki fasilitas kampus yang tidak bisa dimungkiri. Terlebih, reputasi kampus ini dikenal memberikan lulusan hebat, seperti B.J. Habibie, mantan presiden ke-3 Indonesia.

Telkom University

Universitas di Bandung

Di peringkat kedua terdapat Telkom University. Ya, tidak melulu universitas negeri kok, universitas swasta juga memiliki kualitas ajaran dan didikan yang tidak kalah mumpuni.

Universitas yang diresmikan oleh Soeharto pada 24 Maret 1994 ini dinobatkan sebagai universitas swasta terbaik tahun 2019 oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Indonesia.

Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas di Bandung

Pencetak guru dengan kualitas terbaik, Universitas Pendidikan Indonesia menempati peringkat ketiga versi penilaian webometrics. Universitas keguruan ini memiliki 8 fakultas pilihan.

Bagi calon mahasiswa keguruan, Universitas Pendidikan Indonesia ini merupakan pilihan yang tepat. Namun, tidak hanya bidang terapan keguruan, sejak menjadi universitas pada 1999, Universitas Pendidikan Indonesia memiliki jurusan ilmu murni juga kok.

Universitas Padjadjaran

Universitas di Bandung
Gambar dari unpad.ac.id

Siapa yang tidak kenal Universitas Padjadjaran? Universitas ini bahkan kerap kali menjadi universitas paling diincar dengan jumlah pendaftar terbanyak se-Indonesia ketika SNMPTN dan SBMPTN.

Universitas Padjadjaran memiliki dua kampus utama yang terletak di Kota Bandung dan Kabupaten Sumedang. Sejak ditetapkan sebagai perguruan tinggi berbadan hukum pada 2014, Universitas Padjajaran memang semakin maju dengan segala fasilitasnya.

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati

Universitas di Bandung

UIN Sunan Gunung Djati terletak di Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Awalnya, kampus ini bernama IAIN yang hanya memiliki jurusan berbasis pengajaran Islam, tetapi pada 2005 berubah menjadi UIN dengan pilihan jurusan yang lebih beragam.

Rekor menakjubkan dari UIN Sunan Gunung Djati adalah selama tiga tahun berturut-turut menjadi kampus dengan skor tertinggi tentang kinerja dan publikasi ilmiah oleh Sinta. Di antara universitas Islam negeri lainnya, UIN Sunan Gunung Djati berada di peringkat pertama.

Universitas Katolik Parahyangan

Universitas di Bandung
Foto dari unpar.ac.id

Satu peringkat di bawah lima besar terdapat Universitas Katolik Parahyangan. Universitas ini memiliki semboyan untuk menuntut ilmu dengan tetap berlandaskan pada Tuhan untuk kemudian mengabdi kepada masyarakat.

Tentu saja mahasiswa di Universitas Parahyangan berasal dari berbagai kota di Indonesia. Memiliki kampus dengan fasilitas terbaik, kampus ini dinilai sebagai kampus katolik paling bergengsi di Bandung.

Universitas Widyatama

Universitas di Bandung
Foto dari widyatama.ac.id

Universitas Widyatama memiliki 5 fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Bisnis dan Manajemen, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa, dan Fakultas Desain Grafis dan Komunikasi Visual.

Kampus ini berlokasi di Jalan Cikutra, Nomor 204A, Bandung. Sejak 2 Agustus 2001, Universitas Widyatama menjadi kampus gabungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung Widyatama, dan Sekolah Tinggi Desain Komunikasi Visual.

Nah, bagaimana? Semakin ingin menjadi bagian dari salah satu universitas di Bandung tersebut? Bisa kok, yang penting belajar lebih giat dan berdoa lebih kerap ya!

Untuk yang sudah menjadi bagian dari penduduk Bandung sebagai mahasiswa, bagaimana kesannya? Apakah setiap pulang ditagih peuyeum? Coba lirik oleh-oleh lainnya supaya tidak bosan. Bolu Susu Lembang bisa lho menjadi alternatif oleh-oleh makanan dari Bandung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?