Bus Hantu Bekasi Bandung: Mengingat Kembali Cerita Horor yang Sempat Viral

bus hantu bekasi bandung

Bus Hantu Bekasi Bandung — Pengalaman horor dan berbau mistis terkadang bisa menjadi cerita tersendiri yang tidak dapat dilupakan bagi mereka yang mengalaminya. Namun, tak sedikit juga yang terkadang skeptis dengan cerita tersebut. Ada yang tidak percaya, bahkan ada juga yang meremehkan keaslian cerita tersebut.

Di kalangan orang Indonesia sendiri, cerita horor sering menjadi viral karena membuat bulu kuduk berdiri. Salah satu cerita horor yang sempat viral adalah cerita bus hantu Bekasi Bandung tahun 2019 lalu. Apakah kamu masih ingat?

Kronologi kejadian bus hantu Bekasi Bandung tahun 2019 lalu

bus hantu bekasi bandung
Gambar dari hebosto (Instagram)

Seorang pengguna Instagram bernama Hebbie Agus Kurnia atau @hebosto mengunggah momen horor tersebut ke Instastory-nya. Hebbie pergi ke Kota Bandung dengan menggunakan bus dari arah Cikampek. Saat di tengah perjalanan, ia mengunggah momen horor yang dialaminya untuk memberi kabar kepada keluarganya bahwa ia sedang di dalam bus yang janggal.

Menurut Hebbie, bus Bekasi Bandung yang ia naiki kala itu mempunyai beberapa hal yang aneh. Pada pukul 8 malam Hebbie menumpangi bus itu, lampu bus tersebut kadang nyala dan kadang mati. Ia juga berkata seluruh penumpang duduk tegap dan memiliki paras wajah yang pucat. Sepanjang perjalanan tak ada satupun penumpang yang berbicara.

Hebbie merasa ada yang aneh dengan suasana di dalam bus tersebut. Hingga akhirnya, ia memberanikan diri untuk mencoba bertanya kepada sesama penumpang untuk menghilangkan keraguannya akan bus berhantu ini. Hebbie menanyakan perihal KM bus ini berada, namun penumpang tersebut tidak menjawab. Saat memasuki sekitar KM 90, Hebbie bilang bahwa ia mencium bau anyir di dalam bus itu.

Pengguna akun dengan nama @hebosto ini juga mengabadikan foto saat ia hendak turun dari bus Bekasi Bandung yang berhantu itu. Di foto itu, tidak terlihat seorang penumpang pun. Namun menurut Hebbie, seharusnya ada penumpang lain selain dirinya. Merasa ketakutan, ia mengabarkan istrinya tentang hal itu melalui Whatsapp dan menyarankan Hebbie agar berdzikir dan berdoa hingga sampai tujuan.

Kejadian janggal lainnya yang Hebbie temui adalah botol minuman air mineral yang sudah tidak produksi di tahun 2019. Usut punya usut, botol itu terakhir diproduksi terakhir di tahun 2004. Selain botol itu, kondektur tidak ingin menerima uang perjalanan yang Hebbie bayar.

Perdebatan dan teori-teori yang muncul

Kisah horor ini pun menjadi perbincangan hangat netizen di tahun itu. Banyak yang percaya, namun banyak juga yang merasa kejadian tersebut ada penjelasan ilmiahnya.

Berdasarkan beberapa sumber yang mengatakan bahwa yang dialami Hebbie ada alasan ilmiahnya, ada lima teori yang dikaitkan dengan kejadian mistis itu. Pertama, gelombang elektromagnetik. Gelombang ini disinyalir penyebab otak manusia membayangkan hal yang halusinatif, seperti merasa ada hantu di dekat kita.

Kedua, ada teori infrasound dari bus. Suara yang sangat rendah dengan frekuensi di bawah 19 Hz mampu membuat manusia tidak nyaman, panik, dan disorientasi pikiran. Hal ini mungkin yang dirasakan oleh Hebbie pada saat itu.

Ketiga, bau anyir yang berasal dari jamur. Seperti yang Hebbie ceritakan, bus tersebut sudah tua, jadi kemungkinan besar bau tersebut datang dari jamur. Keempat, efek dari karbon monoksida yang menyebabkan bisa menyebabkan halusinasi. Terkahir, teori bahwa kita sudah mempercayai adanya hantu. Persepsi ini mempengaruhi pikiran kita bahwa kejadian yang tidak masuk akal adalah hal-hal yang mistis.

Nah, itu tadi di atas adalah kronologi dan beberapa teori dari kejadian bus hantu Bekasi Bandung. Kalau kamu sendiri, apakah percaya dengan kisah yang dialami oleh Hebbie? Sembari membincangkan ini dengan temanmu, Bolu Susu Lembang adalah cemilan yang cocok untuk menemani perbincangan tersebut, lho. Sudah coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?