6 Kearifan Lokal Jawa Barat, Menarik Banget!

kearifan lokal Jawa Barat

Kearifan Lokal Jawa Barat — Sebagai Provinsi yang berbatasan dengan Ibu Kota negara, Jawa Barat dikelilingi oleh kota-kota metropolitan. Jika kamu berkunjung kewilayah Jawa Barat, banyak yang bisa kamu temukan. Selain kota besar seperti Bekasi, Bandung, Depok atau Bogor. Kamu juga bisa mengunjungi wilayah pedesaan.

Meski Provinsi ini banyak terpengaruh modernisasi, tapi tradisi dan budayanya tetap kental loh. Bahkan beberapa kearifan lokal Jawa Barat juga  mendunia.

Berikut ini beberapa kearifan lokal Jawa Barat. Yuk, kita simak selengkapnya!

Angklung, Alat Musik Kearifan Lokal Jawa Barat Yang Mendunia

Angklung, kearifan lokal Jawa Barat

Kamu pasti sudah tidak asing dengan Angklung, bukan? Alat musik khas yang menjadi salah satu kearifan lokal di Jawa barat. Angklung sering dipelajari oleh semua kalangan. Bahkan, di sekolah-sekolah tertentu Angklung sudah diajarkan kepada anak-anak.

Alat musik yang terbuat dari  bambu yang dipotong ujungnya serta dimainkan dengan cara menggoyangkannya, mempunyai nada yang ganda. Suara yang dihasilkan dari alat ini  berasal dari benturan badan pada bambu.

Angklung juga mendapat predikat dari UNESCO sebagai warisan budaya, loh. Selain di Indonesia, Angklung juga digemari di berbagai negara seperti Korea, Jepang dan Malaysia. Keren ya!.

Pawai Jempana

kearifan lokal Jawa Barat
Foto dari Semarak Post

Kalau kamu berkunjung ke daerah Bandung, Jawa Barat. Kamu akan menemukan sesuatu yang cukup menarik. Meskipun Bandung sudah menjadi salah satu kota Metropolitan, tapi kearifan lokalnya tidak tergerus modernisasi, loh.

Pawai Jempana dilaksanakan saat hari-hari bersejarah seperti hari kemerdekaan Indonesia atau hari jadi Kabupaten Bandung. 

Acara ini diikuti oleh puluhan orang yang memikul tandu besar berisi hidangan dari hasil bumi. Pawai Jempana juga di dukung penuh oleh pemerintah Bandung. Kedepannya, tradisi ini digunakan sebagai daya tarik untuk wisatawan.

Istilah Hutan Larangan

kearifan lokal Jawa Barat

Nah, dalam menjaga dan melestarikan alam seperti hutan, ada istilah hutan larangan di Jawa Barat. 

Istilah ini sudah dipakai sejak dulu oleh masyarakat Jawa Barat. Diciptakan supaya masyarakat tidak merambah hutan dan merusaknya.

Hutan larangan itu salah satu hutan yang secara adat tidak boleh dimasuki sembarang sebagai upaya pelestarian hutan. Sekarang, sudah ada Kementrian Perhutani yang menjaga dan mengatur kelestariaan sumber daya hayati kita.

Cingcowong

kearifan lokal Jawa Barat

Tahukah kamu? Bahwa orang sunda memiliki salah satu tradisi unik dalam meminta hujan. Yaitu tradisi Cingcowong.

Tradisi ini sudah dilakukan secara turun temurun oleh masyrakat luragung guna melestarikan budaya serta menunjukan suatu permintaan kepada Tuhan.

Saat upacara, kamu bisa melihat Boneka Cingcowong yang dihias sebaik mungkin. Selama upacara, boneka ini akan bergerak kesana kemari dengan sendirinya karena dianggap mempunyai kekuataan gaib untuk memanggil hujan. Wah, menarik sekali ya!.

Bangunan Rumah Yang Terbuat Dari Bambu

Di wilayah pedesaan Jawa barat seperti Cianjur, Tasik, Garut, dan Sukabumi. Kamu akan menemukan banyak bangunan rumah yang terbuat dari bambu. Bangunan rumah yang dibangun dengan bahan bambu merupakan cara mengaplikasikan dari nilai kearifan lokal masyarakat sunda.

Selain itu, bangunan yang terbuat dari bambu juga tahan guncangan loh. Praktis dan fleksibel juga, sewaktu-waktu bisa dipindahkan dengan cara digotong bersama-sama.

Reuneuh Mundingeun

kearifan lokal Jawa Barat

Ada tradisi unik di Jawa Barat untuk ibu hamil yang menjak usia 9 bulan atau belum juga melahirkan. Kamu bisa melihat upacara ini di wilayah Bandung.

Kegiataan Reuneuh Mundingeun biasanya diisi dengan pengajian. Dalam prosesinya, ibu hamil akan dikalungi kelotok mirip kerbau lalu diarak menuju kandang kerbau sambil baca doa. Atau mengelilingi rumah sebanyak 7 kali. Unik sekali ya!.

Itulah informasi tentang kearifan lokal di Jawa Barat. Selain itu, bagi kamu yang berkunjung ke wilayah Jawa Barat, jangan lupa untuk membawa buah tangan ke rumah. Apalagi kalau bukan Bolu Susu Lembang, cocok untuk dinikmati bersama keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?