7 Jajan Tradisional Bandung yang Melegenda, Sudah Coba?

jajan tradisional Bandung

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Bandung menjadi salah satu kota yang terkenal dengan surganya kuliner, mulai dari jajanan yang tengah hits sampai jajan tradisional Bandung yang melegenda pun bisa kamu temui di sini.

Berencana untuk berlibur ke Bandung? Jangan sampai kelewatan untuk mencicipi jajanan yang nikmat nan lezat berikut ini, ya!

Serabi

jajan tradisional Bandung

Siapa yang tak tahu serabi? Salah satu jajanan tradisional ini memang melegenda hingga kini dan masih mudah kamu jumpai diberbagai penjuru Bandung. Sepintas jika dilihat, serabi mirip sekali dengan pancake. Namun soal rasa, pancake dan serabi memiliki rasa keunikannya tersendiri.

Dulu serabi biasa dijual polos atau dengan taburan oncom saja, tapi kini kamu bisa mencicipi serabi dengan beragam varian rasa yang unik, seperti serabi daging, serabi kacang cokelat, serabi keju, dan masih banyak varian lainnya.

Mie Kocok

Jajan tradisional Bandung: Mie Kocok
Foto dari Linah Wibowo di Cookpad

Bagi kamu pencinta mie, wajib banget nih cobain jajan tradisional Bandung yang bernama mie kocok. Seperti namanya, mie kocok berisi mie dengan campuran sayuran dan kikil sapi yang proses pembuatan mienya dikocok.

Kamu bisa dengan mudah menemukan jajan tradisional Bandung ini di pedagang kaki lima maupun di restoran. Rasanya yang  lezat dengan kuah yang menyegarkan pasti bakal bikin kamu ketagihan deh!

Colenak

jajan tradisional Bandung

Colenak merupakan jajan tradisional Bandung yang legendaris dan tak kalah enaknya. Tahu enggak apa kepanjangan dari colenak? Yaps, colenak ini singkatan dari dicocol enak.

Lalu apa sih sebenarnya colenak itu? Colenak berasal dari peyeum atau tape yang dibuat dengan cara dibakar kemudian diguyuri enten, campuran gula jawa  yang ditaburi dengan kelapa.

Bakso Cuanki

street food bandung

Jajan tradisional Bandung yang legendaris dan paling pas disantap saat cuaca dingin yaitu bakso cuanki. Tak hanya colenak, bakso cuanki juga ada kepanjangannya, nih! Cuanki adalah singkatan dari cari uang jalan kaki.

Konon penggunaan nama tersebut dipakai karena dahulunya pedagang bakso cuanki menjajakan dagangannya dengan cara dipikul dan berkeliling jalan kaki.

Dari semangkuk bakso cuanki, kamu sudah bisa mendapatkan bakso, siomay goreng, siomay kukus, dan tahu yang diguyur dengan kuah yang segar dan tentunya mengugah selera.

Batagor

jajan tradisional Bandung

Batagor jajan tradisional Bandung ini juga melegenda banget nih, bahkan kini kamu bisa menemui pedagang batagor di beberapa daerah di Indonesia.

Baso tahu goreng alias batagor ini terbuat dari daging ikan yang biasa disajikan dengan guyuran kauh sambal kacang. Bayanginnya saja sudah bikin ngiler ya?

Cilok

Aci dicolok alias cilok salah satu jajan tradisional Bandung yang legendaris ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung tapioka atau aci dan biasa disantap dengan guyuran sambal kacang. Tapi kini sudah banyak pedagang cilok yang berinovasi dengan menambahkan toping lainnya ke dalam cilok.

Tahu Susu

jajan tradisional Bandung

Berbeda dengan tahu di kota lainnya, tahu susu asal Bandung ini memiliki tekstur yang lembut banget. Seperti namanya, tahu susu ini diolah dengan cara mencampurkan kedelai dengan susu sehingga teksturnya menjadi lembut di dalam tapi renyah di luar. Cocok banget nih jadi cemilan saat bersantai.

Dari ke 7 jajan tradisional Bandung di atas, mana nih yang bikin kamu penasaran dan enggak sabar pengin cicipin? Selain jajanan tradisional di atas, kamu juga bisa cobain Bolu Susu Lembang dengan tekstur lembut yang enggak kalah enaknya dan pastinya bakal bikin kamu ketagihan deh! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?