7 Curug di Bandung dengan Pemandangan Asri dan Memesona

curug di bandung

Curug di Bandung menjadi primadona wisatawan untuk dituju. Kondisi alam Bandung memang tidak dimungkiri keindahan dan keasriannya. Jadi, tidak seperti kota metropolitan lain yang hanya menyajikan tempat wisata perkotaan, Bandung juga memiliki puluhan wisata curug yang tidak bisa dilewatkan.

Berikut rekomendasi 7 curug di Bandung yang bisa kamu kunjungi nih. Asri, menenangkan, dan pemandangannya begitu memesona. Yuk, langsung simak untuk menjadi referensi liburan!

Curug Maribaya, Curug di Bandung Paling Populer

Kepopuleran Curug Maribaya tidak bisa dimungkiri lagi deh. Kamu bahkan jangan heran ketika ke sini dan mendapati tempat penuh akan wisatawan. Berendam di curug atau sekadar memotret pemandangan menjadi hal yang wajar untuk dilihat di sini.

Jarak dari pusat kota sekitar 21 kilometer, tepatnya berlokasi di Kampung Cikondang, Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan, Bandung. Ukuran curug setinggi 15 meter dan terbagi menjadi 3, yaitu Cikawari, Cigulung, dan Cikoleang.

Curug Tilu Leuwi Opat, Terapit Sungai dan Gua

Yang paham bahasa Sunda pasti tahu apa arti nama curug ini. Iya, Curug Tilu Leuwi Opat berarti curug 3 sungai 4. Namun, sebenarnya di Curug Tilu Leuwi Opat memiliki 4 air terjun, 4 sungai, dan 2 gua loh.

Curug ini berlokasi di Jalan Kampung Ciwangun Indah Camp., Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Bandung Barat. Di dekat curug bahkan ada berbagai objek wisata, seperti panjat tebing, flying fox, outbound, hingga arung jeram loh. Wah, tidak boleh dilewatkan nih.

Curug Penganten, Curug dengan Mitos Tersedih

Foto dari jejakpiknik

Selayaknya namanya, Curug Penganten memiliki dua air terjun yang bersisian selayaknya sepasang pengantin. Lokasinya ada di Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat.

Berbanding terbalik dengan suasananya yang asri dan menangkan, curug ini memiliki legenda yang memilukan loh. Konon, dahulu terdapat sepasang pengantin yang tewas di air terjun ini. Yang awalnya bernama Curug Sewu dan Manglayang, warga sekitar mengubahkan menjadi Curug Penganten karena kisah tersebut. Wah, kisahnya nyata atau tidak, ya?

Curug Citambur, Pemandangan Indah dan Menenangkan

Tidak perlu diragukan lagi keasriannya, Curug Citambur memiliki pemandangan yang begitu cantik. Curug setinggi 100 meter ini bahkan memiliki kelokan sehingga air yang jatuh membentuk suatu kelokan yang indah.

Karena ketinggiannya, laju air yang turun memiliki kecepatan di atas rata-rata. Jadi, jika tidak mau baju basah kuyup, sebaiknya jangan berdiri terlalu dekat dengan curugnya ya. Curug Citambur ini berada di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Jawa Barat.

Curug Siliwangi, Curug Indah di Gunung Puntang

Foto dari tarungnews

Berada di lokasi taman wisata dan bumi perkemahan Gunung Puntang, Curug Siliwangi memiliki keindahan yang tidak bisa dimungkiri lagi. Lokasinya berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan air laut sehingga pemandangan dari sini sangat indah.

Curug Jompong, Unik dan Asri

Sebuah fakta unik dari Curug Jompong, tempat ini sudah dibuka sebagai objek wisata sejak zaman penjajahan Belanda loh. Wah, legendaris sekali ya!

Curug Jompong berlokasi di Jalan Terusan Nanjung, Lagadar, Margaasih, Bandung. Konon, dulu Danau Bandung Purba yang bobol itu muaranya di curug ini.

Cinulang, Curug di Bandung yang Hits

Foto dari wisataidn

Pernah dengan lagu Curug Cinulang? Lagu tersebut menjadi bukti bahwa curug ini begitu legendari di kalangan masyarakat Jawa Barat, khususnya Bandung loh! Curug ini berlokasi di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Sumedang.

Itulah 7 rekomendasi curug di Bandung yang bisa kamu datangi. Tempatnya sangat menenangkan, bukan? Seperti halnya tidak terasa berlibur ke Bandung jika belum ke curug, tidak menjajal Bolu Susu Lembang juga terasa kurang afdol ketika mengunjungi Bandung.

Selain bisa dinikmati sendiri usai bermain air di curug, Bolu Susu Lembang juga bisa sekali dijadikan oleh-oleh untuk teman, rekan kerja, atau keluarga di rumah. Rasanya nikmat, tetapi harga bersahabat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?