Yuk Wisata Religi ke Masjid Terbesar di Bandung

Masjid Terbesar di Bandung

Masjid Terbesar di Bandung – Bandung memiliki banyak tempat-tempat bersejarah. Mulai dari monumen sampai bangunan keagamaan. Hal ini mengingat lahirnya kota Bandung tidak lepas dari berkembangnya agama khususnya agama islam. Itu terbukti dengan dibangunnya masjid terbesar di Bandung yang terletak di pusat kota yakni Masjid Raya Bandung. 

Masjid Raya Bandung merupakan masjid pertama yang didirikan di Bandung pada tahun 1812. Bangunannya yang sangat luas dan dan kandungan sejarahnya, membuat Masjid Raya Bandung dijadikan sebagai tempat wisata religi. Pengen tahu lebih lanjut mengenai masjid terbesar di Bandung ini? yuk simak ulasannya berikut. 

Sejarah Masjid Raya Bandung

Masjid ini dibangun sebagai tanda dipindahkannya pusat kota Bandung dari Krapyak ke pusat kota yang sekarang. Awal dibangun, masjid ini memiliki corak khas sunda namun setelah dirombak kembali, gaya bangunannya diubah menjadi khas Arab. 

Seiring berkembangnya waktu, Masjid Raya digunakan untuk berbagai perayaan keagamaan seperti pengajian, rajaban, muludan, bahkan sekarang banyak yang menggunakannya untuk akad nikahan.

Dijuluki Masjid Terbesar di Bandung

Masjid Raya sebagai salah satu ikon kota Bandung memiliki luas tanah keseluruhan 23.448 m². Hal itulah yang membuat masjid ini menjadi masjid terbesar di Bandung. Dengan luas bangunan 8.575 m², Masjid Raya Bandung bisa menampung 13.000 jamaah. 

Di kanan dan kiri bangunan utama ada dua menara kembar yang masing-masing memiliki tinggi 81 meter. Menara ini dibuka untuk umum sebagai tempat wisata. Pengunjung bisa naik sampai lantai 19 untuk melihat pemandangan.

Sebagai Wisata Religi Bandung

Masjid Terbesar di Bandung
https://www.pinterest.com/

Selain sering digunakan untuk kegiatan beribadah, Masjid Raya Agung ini juga sering dikunjungi berbagai turis dalam kota maupun luar kota sebagai wisata religi. Banyak wisatawan yang ingin merasakan langsung beribadah di masjid terbesar di Bandung. Pengunjung boleh naik ke salah satu menara kembar yang mengapit bangunan utama dengan membayar Rp10.000. Dengan naik ke atas, pengunjung dapat melihat pemandangan pusat kota Bandung yang padat penduduk dari atas menara. 

Piknik Bersama Keluarga

Masjid Terbesar di Bandung
sumber: doc. fajar kurniawan

Masjid Raya yang memiliki halaman paling luas di Bandung ini juga dimanfaatkan untuk singgah dan piknik bersama keluarga. Biasanya setelah seharian mengelilingi wisata di sekitar Bandung, destinasi akhir adalah Masjid Raya Bandung. Pengunjung boleh menggelar tikar di area rumput sintetis yang berada di samping masjid. Sangat cocok untuk beristirahat dan makan siang bersama keluarga. 

Ditambah lagi dengan suasana yang asri dan pemandangan yang indah. Buat kamu yang ingin jalan-jalan santai, di sana juga ada taman yang dekat dengan alun-alun Bandung. Bagaimana? tertarik untuk wisata religi di masjid Bandung ini?

Kulineran di Area Sekeliling Masjid

Buat yang tidak sempat bawa makanan atau kehabisan bekal, tidak perlu khawatir karena di sana banyak berjajar warung dan gerobak makanan yang siap untuk diicip. Dari camilan seperti batagor, somay, dan aneka minuman sampai makanan berat seperti soto, bakso, nasi goreng. Gak perlu khawatir kelaparan kan?

Lokasi Masjid Raya Bandung

Masjid ini terletak di alun-alun pusat kota. Tepatnya berada di Jl. Dalem Kaum No.14, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung. Aksesnya sangat mudah dan banyak hotel-hotel di sekitarnya. 

Itu dia sedikit ringkasan tentang Masjid Raya sebagai masjid terbesar di Bandung. Kalau ke pusat kota jangan lupa ke sini ya! Nah, untuk sesudah puas berekreasi akan semakin sempurna kalau membeli oleh-oleh Bolu Susu Lembang, makanan khas Bandung yang enak banget!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?