8 Jajanan Khas Bandung yang Enak dan Murah Meriah

Jajanan Khas Bandung

Jajanan Khas Bandung – Jika kamu sedang berwisata ke Kota Kembang, tidak afdol kalau belum wisata kuliner  dan mencoba beragam jajanan khas Bandung. Pasalnya, Bandung memang terkenal dengan berbagai macam makanan yang bakal menggoyang lidah penikmatnya. Baik itu hidangan di restoran atau hidangan kuliner pinggir jalan.

Bahkan saking unik dan lezat, jajanan pinggir jalan khas kota Bandung sampai terkenal ke luar kota. Namun mencicipi di kota asalnya akan terasa berbeda bukan? Nah, jika kamu lagi jalan-jalan di Bandung bersama teman atau keluarga, tak ada salahnya untuk icip-icip jajanan Bandung berikut ini!

Cilor

Jajanan Khas Bandung
sumber: rasapedia.com

Familiar dengan makanan ini? cilor ternyata merupakan jajanan khas Bandung, lho. Cilor merupakan singkatan dari aci dan telor. Ini termasuk jajanan Bandung pinggir jalan yang berbahan dasar aci. Adonan aci yang sudah jadi dibalur dengan telur dan digoreng. Dinikmati selagi hangat sambil dicocol pakai saus jadi tambah lezat!

Cireng

Sama-sama berbahan dasar aci, cireng menjadi camilan yang kini sudah terkenal bahkan di luar kota Bandung. Adonan aci yang sudah dibentuk gepeng, digoreng sampai krispi di luar namun lembut di dalam. Bakal lebih sempurna lagi kalau dilengkapi dengan bumbu rujak yang khas. Ngaku deh siapa yang ketagihan cireng?

Cimol

Dimana ada cireng pasti di situ ada cimol, yup biasanya penjual yang menyediakan menu cireng juga menjual cimol. Cimol biasanya berbentuk bulat, mirip cilok namun digoreng. Cara menikmatinya dengan ditaburi bumbu cabe dan bubuk keju. 

Baso Aci

Berbeda dengan bakso pada umumnya, baso aci ini tidak mengandung daging. Biasanya baso aci disajikan dengan saos kacang atau dengan kuah bakso. Dilengkapi dengan cuanki dan tahu. Kamu bisa dengan mudah menemukan pedagang baso aci di pinggir jalan. Rasanya yang gurih dan lumayan pedas bikin nagih banget!

Seblak

Jajanan Khas Bandung
(sumber: sweetrip.id)

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan jajanan khas Bandung yang satu ini. Seblak terkenal akan rasa yang pedas dan gurih. Bahan dasar seblak sebenarnya merupakan kerupuk mentah yang direbus sampai empuk. Dilengkapi dengan toping yang beraneka macam seperti ceker, mie, bakso, sosis, telur, tetelan dan lain sebagainya. 

Tahu Susu Lembang

Bagi yang suka tahu, wajib banget cobain Tahu Susu Lembang ini. Berbeda dengan tahu kebanyakan, tekstur dari tahu ini lebih lembut dan berwarna putih. Hal ini karena pada proses pembuatannya dicampur dengan susu Lembang yang khas. Udah kebayangkan bagaimana rasa gurihnya?

Bandros

Jajanan khas Bandung yang berbahan dasar kelapa dan tepung beras ini bentuknya mirip dengan kue poncong. Bandros original disajikan dengan gula saja. Namun seiring berkembangnya jaman, Bandros kini disajikan baik asin maupun manis dengan topping yang beragam seperti kornet, telur, dan ayam untuk asin dan coklat, keju untuk yang manis. 

Batagor

Jajanan Khas Bandung
(sumber: idntimes.com)

Siapa yang tidak tahu batagor? jajanan ini paling mudah ditemukan di pinggir jalan sehingga banyak yang sudah familiar. Di Bandung sendiri, batagor diolah dengan campuran ikan tenggiri. Cara penyajiannya tidak terlalu  berbeda dengan batagor kebanyakan, yaitu dengan saos kacang mentimun. 

Itulah deretan jajanan khas Bandung yang harus masuk daftar wisata kuliner kamu. Kira-kira dari sekian jajanan mana yang paling sering kamu beli? Sudah puas beli jajan, saatnya mencari oleh-oleh bukan? gak perlu pusing, Bolu Susu Lembang yang bercita rasa manis dan gurih siap menjadi teman perjalanan maupun buah tangan. Yuk cobain!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?