7 Kuliner ini Cerminkan Masakan Khas Bandung yang Pedas, Berani Coba?

rekomendasi makanan enak Bandung

Masakan Khas Bandung – Indonesia memiliki beragam budaya yang menyebar dari adat istiadat sampai masakan khas. Di setiap kota di Indonesia pasti memiliki ciri khas rasa pada masakannya seperti Solo dan Yogyakarta yang terkenal dengan masakan bercita rasa manis dan Bandung yang terkenal akan hidangan pedasnya.

Dikenal sebagai kota hujan, Bandung memang tempat paling cocok untuk menikmati hidangan pedas dan hangat. Buat kamu yang sedang berada di Bandung dan pecinta makanan pedas, berikut makanan-makanan yang cerminkan masakan khas Bandung yang pedasnya nampol! 

Seblak

Jajanan Khas Bandung
(sumber: sweetrip.id)

Siapa yang tidak tahu seblak? makanan yang populer karena rasa pedasnya ini memang gak pernah gagal bikin keringetan. Masakan khas Bandung ini terbuat dari kerupuk basah dan aneka isian seperti telur, mie, ceker, bakso dan lain-lain. Dipadu dengan kuah yang rasa rempahnya kuat banget, seblak ini cocok untuk hidangan di musim hujan

Ulukutek Leunca

Gak hanya rasa pedasnya yang nampol, ulukutek leunca juga memiliki kandungan gizi yang banyak, lho. Hal ini karena kandungan dari bahan dasar leunca, yaitu terong hijau yang berukuran mini dan oncom. 

Masakan khas Bandung ini bercita rasa gurih, sedikit pahit dengan sensasi renyah. Hanya ditambah lalapan saja bakal menghabiskan nasi di piring kamu, lho.

Gehu Jeletot

Camilan yang satu ini menjadi primadona baru warga Bandung. Nama Gehu berasal dari singkatan toge dan tahu yang pedas. Sekilas, Gehu Jeletot ini mirip dengan tahu isi. Di dalam tahu terdapat mie, wortel, kol, dan irisan daging sapi atau ayam.

Perbedaannya, isian tersebut disajikan dengan bumbu yang pedas. Nah, buat kamu yang merasa masih kurang pedas bisa menyantapnya dengan cabe atau sambal. Buat camilan kumpul bersama teman cocok banget ya?

Karedok

Masakan Khas Bandung
sumber: resepmedia.com

Kali ini adalah masakan khas Bandung tepatnya dari Sunda. Mungkin masih banyak yang belum tahu perbedaan karedok dan gado-gado, meskipun bahannya sama yaitu sayuran dengan bumbu kacang, namun karedok biasanya disajikan dengan sayuran mentah dan rasanya lebih pedas. 

Makanan ini juga bergizi karena penuh akan bermacam sayuran seperti toge, kacang, selada, kol dan lainnya. Rasanya yang gurih dan segar akan semakin lengkap jika disantap dengan kerupuk udang. Duh jadi ngiler!

Cuanki

Masakan Khas Bandung
sumber: ampriangan.com

Cuanki atau Bakso Cuanki ini merupakan jajanan kuliner street food kota Bandung yang wajib banget dicoba. Sekilas, cuanki ini mirip dengan bakso Malang karena sama-sama terdiri dari bakso aci, tahu, pangsit goreng, pangsit rebus, siomay, bakso goreng, dan kuah. 

Untuk menambah sensasi lezat, kamu tinggal menambah tingkat kepedasan dengan sambal dan saos. Kamu bisa menjumpai pedagang cuanki di pinggir jalan dengan gerobak yang khas. Sudah pernah coba?

Siomay dan Batagor

Dari sekian jajanan khas Bandung, siomay dan batagor adalah yang paling mudah dijumpai. Kamu bisa menemukan gerobak siomay dan batagor di pinggir jalan. Meskipun dihidangkan secara sederhana, namun cita rasanya tidak kalah dengan masakan khas Bandung lainnya. Kamu bisa menyesuaikan tingkat kepedasan saus kacangnya sesuai selera.

Tulang Jambal

Satu lagi kuliner pedas Bandung yang menggugah nafsu makan yakni Tulang Jambal. Rempah-rempah yang dimasak dengan tulang ikan jambal serta sensasi pedas selalu bikin nambah nasi. Lengkapi juga dengan lalapan, ya.

Itu dia deretan masakan khas Bandung yang berciri rasa pedas. Buat yang tidak begitu suka pedas, tidak perlu khawatir, kamu bisa meminta tingkat kepedasan sesuai selera. Untuk makanan penutupnya jangan lupa Bolu Susu Lembang, ya. Biar acara kulinermu makin sempurna! selamat menikmati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?