7 Jajanan Asal Bandung yang Enak dan Hits

jajanan-asal-bandung-yang-hits

Jajanan Asal Bandung – Tak hanya dikenal dengan beragam tempat wisata yang unik, Bandung juga dikenal sebagai surganya kuliner. Mulai dari jajanan kekinian yang tengah hits hingga jajanan tradisional semua ada di Bandung.

Meski terkenal akan kelezatannya, jajanan asal Bandung ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau, lho.Berencana berlibur ke Bandung? Jangan sampai kelewatan untuk mencicipi jajanan asal Bandung berikut ini ya!

Seblak Jajanan Asal Bandung yang Hits

seblak jajanan asal bandung
Foto : Shutterstock

Seblak merupakan jajanan asal Bandung yang cukup populer di berbagai kalangan masyarakat. Bahkan, beberapa kota di Indonesia sudah banyak loh yang menjual seblak.

Meski seblak sudah banyak ditemukan di beberapa daerah, seblak asli Bandung tetap menjadi juara! Jajanan dengan cita rasa gurih pedas ini paling enak disantap saat musim hujan. Kamu tinggal pilih deh mau seblak basah atau seblak kering dua-duanya sama enaknya.

Cilok

jajanan asal bandung
Foto : Kompas.com

Salah satu jajanan asal Bandung yang legendaris dan wajib banget kamu coba yaitu cilok. Aci dicolok alias cilok ini terbuat dari bahan dasar tepung tapioka atau aci yang dibentuk menjadi bulat.

Dahulu cilok biasa disajikan bersama dengan bumbu kacang dan saus sambal, tapi kini sudah banyak penjual cilok yang berkreasi dengan menambahkan aneka isian cilok, seperti abon, keju, kacang, ayam, dan masih banyak varian lainnya.

Cimol

cimol jajanan asal bandung
Foto : Galihleo.com

Tak kalah enaknya dengan cilok, cimol juga jajanan asal Bandung yang terbuat dari bahan dasar tepung tapioka atau aci. Perbedaannya terletak pada proses memasaknya, cilok biasanya direbus atau dikukus sedangkan cimol digoreng dan disajikan dengan beragam varian bumbu bubuk, seperti balado, keju, jagung bakar, atau bisa juga dengan saus sambal.

Mie Kocok

mie kocok jajanan asal bandung
Foto : Greatnesia

Siapa yang suka dengan olahan mie? Pecinta mie wajib banget nih cobain mie kocok asal Bandung. Sekilas sih mie kocok hampir sama dengan mie bakso yang biasa kamu jumpai. Meski terlihat sama, mie kocok memiliki rasa yang unik karena kuah yang dipakai cenderung lebih kental dan gurih.

Es Oyen

jajanan asal bandung
Foto : Medium

Setelah lelah berkeliling kota Bandung, paling enak menyantap yang segar-segar nih! Yaps, apalagi kalau bukan es oyen. Sekilas es oyen ini terlihat mirip dengan es campur, isi es oyen pun tak kalah ramainya dengan es campur.

Mulai dari pacar cina, nangka, alpukat, kelapa muda berpadu dengan serutan es dan juga kental manis yang tentunya menambah kenikmatan rasa es oyen. Kebayang kan betapa segarnya menikmati es oyen sambil memandangi indahnya pemandangan Kota Bandung?

Tahu Susu Lembang

Foto : Pergikuliner

Selain dikenal dengan daerah yang memiliki aneka tempat wisata, Lembang juga dikenal memiliki kuliner khasnya yaitu tahu susu Lembang. Berbeda dengan tahu di daerah lain, tahu susu asal Lembang memiliki tekstur yang lebih lembut dan rasa yang gurih.

Seperti namanya, tahu susu ini diolah dengan bahan dasar kedelai yang dicampur dengan susu sehingga rasanya lebih nikmat.

Bolu Susu Lembang

Foto : Instagram Bolu Susu Lembang

Bagi kamu yang tengah berlibur ke Bandung khususnya ke daerah Lembang, jangan sampai kelewatan untuk membeli Bolu Susu Lembang, ya! Jajanan asal Bandung ini tak hanya cocok dijadikan teman berliburmu, tapi juga cocok dijadikan oleh-oleh untuk kerabat dan keluarga di rumah.

Dengan beragam varian rasa dan tekstur yang super lembut, dijamin keluarga di rumah pasti suka dan ketagihan!

Nah itu dia 7 jajanan asal  Bandung yang enak dan hits yang wajib kamu coba. Soal harga, dijamin gak bikin kantong bolong!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?