7 Kuliner Khas Sunda yang Melegenda

kuliner khas sunda

Selain kaya akan budaya dan wisatanya, Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara dengan  keanegaraman kuliner dari berbagai daerah, termasuk di Jawa Barat. Daerah Jawa Barat atau biasa disebut dengan Tanah Sunda ini memiliki beragam kuliner yang melegenda dan populer hingga kini.

Soal cita rasa sih tak perlu diragukan lagi, rasa kuliner khas Sunda sudah pasti juara. Apa saja ya kuliner khas Sunda yang tekenal akan cita rasanya yang lezat? Yuk simak sama-sama!

Karedok

ku;iner khas sunda
Foto : Sahabat UFS

Kalau orang Betawi punya gado-gado, orang Sunda juga gak mau kalah nih! Salah satu kuliner khas Sunda yang tak kalah enaknya dengan gado-gado, yaitu karedok. Sekilas sih keduanya hampir terlihat mirip.

Perbedannya yaitu gado-gado menggunakan sayuran yang telah di rebus, sedangkan karedok menggunakan sayuran mentah dengan siraman bumbu kacang yang melimpah.

Nasi Liwet

Kalau ada acara kumpul-kumpul, kurang lengkap rasanya tanpa nasi liwet. Yaps, kuliner khas Sunda yang satu ini memang biasa disajikan saat ada acara dan dihidangkan dengan daun pisang untuk dimakan bersama-sama.

Nasi dengan cita rasa gurih ini biasanya disajikan bersamaan dengan lauk pelengkap, seperti teri, tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, dan sambal.

Kupat Tahu

kuliner khas sunda
Foto : Sajian Sedap

Kupat Tahu salah satu kuliner khas Sunda yang paling nikmat dan cocok disantap pada pagi hari. Seperti namanya, kupat tahu disajikan dengan paduan lontong atau ketupat dengan irisan tahu goreng dan bahan pelengkap, seperti tauge rebus serta siraman bumbu kacang.

Empal Gentong

Pecinta masakan berkuah wajib banget cobain empal gentong yang juga kuliner khas Sunda. Masakan yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat ini biasa disajikan dengan bahan utama berupa daging dan kuah santan. Lebih nikmat jika disantap bersama dengan nasi hangat dan emping.

Nasi Timbel

kuliner khas sunda
Foto : Sajian sedap

Selain nasi liwet, nasi timbel juga menjadi salah satu kuliner khas Sunda yang melegenda. Hingga kini masih banyak rumah makan yang menyajikan nasi timbel lengkap dengan daun pisang sebagai pembungkusnya. Selain itu, nasi timbel juga biasa dihidangkan dengan berbagai lauk, lalapan, dan sambal yang super lezat.

Laksa

Kalau kamu berkunjung ke Bogor, wajib banget nih mencicipi laksa Bogor yang gurih nan lezat. Dari segi tampilan sih laksa bogor ini mirip dengan laksa pada umumnya. Perbedaannya yaitu laksa Bogor disajikan bersama dengan mie, oncom, dan daun kemangi yang menyegarkan. Hmm.. kebayang kan betapa lezatnya menyantap laksa? Apalagi saat musim hujan tiba.

Surabi

kuliner khas sunda
Foto : Kompas.com

Puas dengan makanan berkuah dan gurih, kini saatnya membahas makanan yang manis dan lezat. Yaps, apalagi kalau bukan surabi. Kuliner khas Sunda ini terbuat dari tepung beras yang dibakar dalam tungku yang terbuat dari tanah liat.

Kalau dulu surabi dikenal dengan siraman saus gula merah, tapi kini sudah banyak surabi dengan ragam varian rasa, lho! Mulai dari coklat, keju, ayam, kornet, semua ada! Kamu tinggal pilih suka yang mana.

Dari ketujuh kuliner khas Sunda di atas, kamu sudah coba yang mana? Tak hanya makanan beratnya saja yang terkenal enaknya, camilan khas Sunda juga enak-enak lho! Salah satu camilan khas Sunda, Bandung yang enak dan wajib kamu cobain yaitu Bolu Susu Lembang. Bolu Susu Lembang hadir dengan beragam varian rasa, makin bingung deh mau pilih rasa apa. Kalau bingung, beli aja semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?