Berusia 100 Tahun, Inilah 4 Fakta Menarik Seputar Gedung Sate Bandung Yang Layak Kamu Ketahui!

gedung sate bandung

Gedung Sate Bandung – Selain memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, Bandung juga memiliki tempat wisata sejarah yang layak kamu datangi saat mengunjungi kota Kembang ini. Salah satu ikon kebanggaan Kota Bandung ini merupakan primadona menarik bagi wisatawan kala plesiran ke kota berhawa sejuk ini.

Apalagi kalau bukan Gedung Sate, yang menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Lantas, apa saja fakta menarik dari Gedung Sate Bandung yang telah genap berusia seabad ini? Yuk disimak!

Dirancang Oleh Arsitek Belanda

Seorang arsitek asal belanda bernama Ir. J. Girder, telah membangun sebuah gedung megah dan mewah yang terletak persis di pusat kota Bandung yang bernama Gedung Sate. Gedung yang bergaya arsitek Indo-Eropa dirancang tahan gempa, karena struktur bangunan ini yang banyak persendian bahkan hingga 9 SR lho!

Terinspirasi dari Bangunan Italia di Zaman Renaissance

Inspirasi desain Gedung Sate Bandung ini berasal dari gaya bangunan Italia di Zaman Renaissance. Kesan anggun, indah, megah, dan monumental sangat kental terasa saat kamu memasuki gedung ini. Selain itu, adanya pemakaian elemen lengkungan yang ritmis dan berulang-ulang (repetisi) menciptakan “irama arsitektur” yang menyenangkan, indah, serta unik.

Sementara itu, pada dinding fasad depan Gedung Sate terdapat ornamen berciri tradisional, seperti pada bangunan candi-candi Hindu. Sedangkan di tengah-tengah bangunan induk Gedung Sate, tegak berdiri menara dengan atap bersusun atau disebut “tumpang”, seperti Meru di Bali atau atap Pagoda.

Terdapat Tugu Serangan Gurkha 

Dalam masa perang kemerdekaan, Gedung Sate memiliki nilai sejarah. Pada tanggal 3 Desember 1945, tujuh orang pemuda pejuang yang mempertahankan bangunan tersebut gugur melawan Pasukan Gurkha yang datang menyerang.  Kini sebuah monumen peringatan bagi pahlawan yang gugur masih berdiri tegak di depan Gedung Sate Bandung yang dikenal sebagai Tugu Serangan Gurkha.

Asal Usul Nama Gedung Sate

Siapa di sini yang masih penasaran mengapa gedung ini dinamakan Gedung Sate Bandung! Tentu saja nama ini bukan karena inspirasi dari banyak penjual sate yang akan kamu temui di gedung ini, ya!

Penamaan tersebut berkaitan dengan struktur bangunan di Gedung Sate yang mana pada bagian atas yang menjulang menyerupai tusukan sate akhirnya membuat gedung ini sangat populer di masyarakat dan tercetus nama “Gedung Sate”. 

Jadi, siapa di sini yang masih belum sempat mengunjungi gedung bersejarah yang terdapat di pusat kota Bandung ini? Jangan lupa sebelum berkunjung ke Gedung Sate Bandung, sempatkan isi perut kosongmu dengan Bolu Susu Lembang nan lezat untuk menambah semangat saat menelusuri berbagai spot menarik yang ada di tempat ini! Jadikan juga Bolu Susu Lembang sebagai oleh-oleh nikmat untuk keluarga di rumah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?