Asal Usul Batagor Bandung: Jajanan Istimewa Dengan Cita Rasa Nan Nikmat!

rekomendasi kuliner bandung
asal usul batagor bandung
sumber: www.pinterest.com

Asal Usul Batagor Bandung – Batagor menjadi salah satu makanan atau jajanan yang tidak hanya disukai oleh warga Bandung saja, namun hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia menyukai makanan bercita rasa lezat ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai kudapan lezat asal kota berhawa sejuk ini.

Perjalanan batagor tidak hanya berhenti hingga di Indonesia saja, namun sampai ke penjuru dunia salah satunya di New Zealand. Makanan ini bahkan laris manis dan diminati dengan rasa yang lebih kekinian seperti Batagor Braders dengan cita rasa western hingga Batagor Jepang. Menarik bukan?

Batagor sendiri merupakan kudapan nikmat yang terdiri dari bakso tahu goreng dengan saus kacang yang gurih, lezat dan pastinya menggugah selera. Membayangkannya saja sudah membuat kamu tergoda untuk membelinya bukan? Namun, tahukah kamu jika batagor ternyata lahir dari ketidaksengajaan seorang penjual bakso keliling? 

Asal Usul Batagor Bandung

Yap! Asal usul batagor Bandung sendiri bermula dari seorang penjual tahu bakso keliling bernama Kang Isan yang sering menjajakan dagangannya  disekitaran Jalan Kopo, Bandung pada tahun 1973. Namun sayang, tahu bakso yang dijual setiap hari tidak selalu habis dibeli oleh pembeli.

Agar tahu bakso menjadi tidak mubazir, Kang Isan pun memutuskan untuk membagikan sisa dagangannya dengan cara menggoreng tahu bakso tersebut sebelum memberikannya pada para tetangga. Penggorengan ini dilakukan, agar tahu bakso menjadi tidak mudah basi dan tetap baik saat disantap.

Tidak sampai disitu saja, Kang Isan pun memiliki ide untuk memberi saus kacang yang ia racik khusus untuk teman pelengkap tahu bakso yang digorengnya. Hal menarik pun terjadi ketika para tetangga sekitar rumah Kang Isan sangat menyukai tahu bakso goreng tersebut dan disinilah batagor mulai berkembang.

Para tetangga pun mulai melakukan pemesanan tahu bakso goreng buatannya dan hingga kini makanan racikannya pun dikenal dengan sebutan batagor (bakso tahu goreng). Dari ketidaksengajaan inilah akhirnya Kang Isan mulai membuka kedai batagornya sendiri di Jalan Bojongloa.

Batagor buatan kang Isan lebih dikenal dengan batagor H. Isan yang selama ini dikelola oleh bapak Isan sendiri beserta anak-anaknya. Berkat jerih payahnya, Batagor H. Isan pun semakin dikenal luas hingga sekarang dan menjadi pelopor pertama hadirnya batagor di Indonesia.

Meski dirinya wafat pada 2010 lalu, Kang Isan pantas dikenang sebagai Bapak Batagor Indonesia karena telah memberikan inspirasi dan semangat bagi banyak pengusaha batagor di Bandung untuk mempertahankan ciri khas dari makanan lezat ini.

Jadi, buat kamu yang memiliki rencana untuk ke Bandung dan ingin menikmati makanan legendaris dari kota ini mampir saja ke Batagor H.Isan ini. Berbagai cabang telah dibuka dan dapat kamu nikmati saat berkunjung ke Bandung.

Jangan lupa juga untuk membawa Bolu Susu Lembang sebagai oleh-oleh dan tempat pelengkap yang siap menemanimu selama berkelana di Bandung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?