7 Makanan Asal Bandung yang Populer

Makanan Asal Bandung – Selain punya destinasi wisata yang menarik, Bandung punya aneka makanan kahs yang menggoyang lidah.

Tidak hanya terkenal di Bandung, namun makanan ini sudah banyak bisa ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia khususnya Jawa Barat dan sekitarnya.

Apa saja? Yu, simak informasi selengkapnya.

Karedok

Disajikan dengan bermacam jenis sayuran seperti Toge, Kol, Kacang Panjang, dan mentimun. Makanan ini cocok juga untuk diet, lho. Biasanya dicampur dengan bumbu kacang yang enak. Dijamin, enak banget dan mengenyangkan loh.

Lotek

Nah, makanan ini tidak jauh beda dengan Karedok. Isinya juga sayuran dan menyehatkan. Perbedaannya hanya dari segi penyajian saja.

Kalau karedok, sayuran yang disajikan itu masih mentah kemudian dicampur dan diaduk dengan bumbu kacang yang sudah diracik. Sedangkan lotek, sayurannya sudah terlebih dulu dipasak atau direbus sehingga disajikan sudah matang dan dicampur dengan bumbu yang berbeda.

Peuyeum, Makanan Khas Asal Bandung

Sudah tidak diragukan lagi, makanan yang satu sangat terkenal ke seluruh daerah di Jawa Barat khususnya. Peuyeum Bandung dengan yang ada di daerah lain, karena Peuyeum ini lebih berair dan rasanya sangat enak. mendapat julukan makanan sejuta umat sebab harganya yang terjangkau untuk semua kalangan.

Tahu Susu Lembang

Kalau datang ke bandung, jangan lupa mampir ke Lembang, banyak makanan khas yang bisa kamu temukan di sana. Salah satunya yang terkenal adalah Tahu Susu Lembang.

Karena teksturnya yang lebit dan kenyal, makanan ini sering cepat habis diburu oleh wisawan lokal maupun luar.

Dibuat dari bahan kedelai kemudian di tambah dengan susu murni yang menjadikan rasanya manis dan guruh saat dimakan. Untuk menikmati tahu ini, kamu bisa langsung memakannya atau digoreng terlebih dulu. Paling enak memakan tahu ini kalau dicocol dengan sambal.

Batagor Bandung

Kapan kamu tau kalau kepanjangan Batagoir adalah Baso tahu Goreng? Nah, Batagor khas bandung ini punya cita rasa yang unik. Selain itu, harganya juga sangat terjangkau dan bisa dinikmati oleh semua orang.

Kalau kamu datang ke Bandung, cobalah berkunjung ke gerai batagor Kinsgley, Batagor Riri, Batgor Haji Yunus, Batagor Burangrang, Batagor Haji Darto, dan masih banyak yang lain.

Surabi

Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan khas bandung yang favorit. Terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan santai menjadikan rasanya menjadi gurih.

Tapi, kini surabi punya varian rasa yang lain. Ada juga yang mencampurnya dengan toping lain seperti keju, telor dan lain-lain.

Nasi Tutug Oncom

Seperti nasi pada umumnya, namun diolah dengan cara dicampur kebudian ditumbuk dengan oncom, disajikan dengan lauk seperti Ayam, tahu, tempe dan lainnya.

Rasanya sangat unik dan enak dilidah, sekali makan nasi ini, kamu bakal ketagihan.

Selain makanan-makanan tersebut, Bandung juga punya oleh-oleh yang khas dan tak kalah enak, lho. Yaitu Bolu Susu Lembang yang terkenal dan sering diburu oleh wisatawaan, sangat cocok untuk jadi buah tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?