6 Tips Solo Traveling di Bandung, Supaya Liburanmu Lancar

6 Tips Solo Traveling di Bandung, Supaya Liburanmu Lancar

Tips Solo Traveling di Bandung – Solo traveling atau liburan akhir-akhir ini memang sedang ngetren dan sering dibicarakan. Walaupun sangat menarik, namun tidak semua orang berani memutuskan untuk solo traveling. Ada yang merasa takut kesepian, takut nyasar, bahkan ada pula yang merasa tidak aman. 

Padahal solo traveling itu memiliki banyak manfaat, lho. Apalagi ketika sedang penat dan ingin jalan-jalan sendirian, solo traveling adalah jawabannya. Buat kamu yang memiliki niat buat liburan sendirian ke luar kota namun masih ragu, berikut akan kami sajikan tips solo traveling di Bandung agar kamu aman dan nyaman.

Rencanakan Destinasi Wisata yang Ingin Kamu Kunjungi

6 Tips Solo Traveling di Bandung, Supaya Liburanmu Lancar
sumber: gottakeepmoving.com

Sebelum kamu solo traveling sebaiknya kamu rencanakan dengan matang destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi. Ini adalah tips solo traveling yang tidak boleh disepelekan. Jangan sampai kamu tidak punya rencana pergi ke sembarang tempat. Dengan menentukan destinasi wisata, kamu juga dapat merencanakan transportasi dan biayanya.

Susun Anggaran dengan Matang

Tips solo traveling di Bandung yang kedua adalah membuat rincian anggaran yang bakal kamu gunakan nantinya. Mulai dari berangkat, penginapan, makan, tiket destinasi wisata dan lain-lain. Jangan lupa sediakan juga dana darurat untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu membutuhkannya. 

Penyusunan anggaran tersebut berguna supaya budget yang dikeluarkan tidak terlalu menyimpang jauh dari yang seharusnya. Yuk buat perinciannya mulai sekarang!

Bawa Barang Penting Saja

6 Tips Solo Traveling di Bandung, Supaya Liburanmu Lancar
sumber: facetofeet.com

Nah, karena bepergian sendirian, kadang kita tidak tahu apa yang harus dibawa dan apa yang sebaiknya tidak dibawa. Jawabannya adalah jadikan tas mu seringan mungkin supaya tidak menjadi beban kamu nantinya. Baju yang dibawa bisa disesuaikan dengan jumlah hari yang kamu habiskan untuk solo traveling. Jangan lupa juga bawa perlengkapan pribadi seperti obat atau vitamin.

Jangan Taruh Uang dalam Satu Tempat

Ini adalah tips yang tidak semua orang tahu yakni menaruh uang tidak dalam satu tempat. Tujuannya adalah untuk menghindari kejahatan yang bisa terjadi kapanpun dan dimanapun. Triknya adalah bawa uang yang akan segera kamu gunakan di dompetmu, dan uang sisanya di tempat lain. 

Berlaku juga untuk dokumen lainnya seperti KTP, paspor, SIM, dan lain-lain sebaiknya diletakkan di tempat yang berbeda dengan uang. Lebih baik mencegah daripada menyesal bukan?

Fokus Healing Diri Sendiri

6 Tips Solo Traveling di Bandung, Supaya Liburanmu Lancar
sumber: medium.com

Tips solo traveling di Bandung berikutnya adalah fokus pada diri sendiri. Kamu harus tahu apa tujuan dari solo travelingmu. Beberapa orang memilih melakukan liburan sendirian karena ingin melatih mental,  yang ingin healing dari rutinitas sehari-hari, ataupun mencari pengalaman. 

Apapun alasannya, cobalah untuk fokus ke diri sendiri terlebih dahulu. Kesampingkan hal-hal seperti ingin mencari teman atau kenalan baru. Jadi ayo nikmati waktu me time kamu!

Jangan Ragu, Yakinlah pada Dirimu Sendiri

Dalam berlibur sendirian nantinya, kamu bakal menjumpai hal-hal yang tidak terduga dan memaksamu untuk membuat keputusan. Karena kamu sendirian maka yakinlah dengan apa yang ingin kamu lakukan. Misalnya ide untuk menambah destinasi wisata jika waktu cukup, sekedar ngobrol dengan orang baru atau bertanya ketika kamu tersesat. Justru itulah pengalaman yang bakal kamu temukan hanya dengan solo traveling.

Itu dia beberapa tips solo traveling di Bandung yang harus kamu tahu. Bepergian sendirian tidaklah menakutkan jika sudah direncanakan dengan matang. Kalau sudah terbiasa pasti kamu bakal ketagihan, deh. Nah, buat kamu yang ingin solo traveling ke Bandung, bawa juga Bolu Susu Lembang buat menemani perjalanan solo travelingmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?